Kebutuhan, Bukan Keinginan Tuntunan Ibadah Anak 25 Juni 2023

12 June 2023

Tahun Gerejawi: Pekan Anak
Tema: Pekan Anak

Bacaan: 1 Raja-raja 3 : 3 – 15
Ayat Hafalan:Maka berikanlah kepada hamba-Mu ini hati yang faham   menimbang perkara untuk menghakimi umat-Mu dengan dapat membedakan  antara yang baik dan yang jahat, sebab siapakah yang sanggup  menghakimi umat-Mu yang sangat besar ini?” (1 Raja-raja 3:9)

Lagu: Ajar aku berdoa (Kidung Ria No. 59)

Penjelasan Teks (Hanya untuk Pamong)
Salomo menjadi seorang raja menggantikan ayahnya (Daud). Ia menuruti nasihat ayahnya untuk mengasihi Tuhan dan memimpin dengan takut akan Tuhan. Hal tersebut nampak dari permintaannya kepada Tuhan. Pada awal pemerintahannya, Salomo merasa masih muda dan belum punya cukup pengalaman. Maka ketika Tuhan menanyakan apa yang ingin dimintanya, Salomo meminta hikmat , pengertian untuk bisa membedakan antara yang baik dan jahat , supaya bisa memimpin dengan baik. Kata “pengertian” disini berarti “mendengarkan”. Jadi hikmat dan pengertian yang dimiliki oleh Salomo adalah kemampuan untuk memahami masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari, dan kepekaan dalam mendengarkan “suara” Tuhan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada.

Dan Tuhan memandang permintaan itu baik. Sehingga Tuhan juga bahkan memberikan apa yang yang tidak diminta oleh Salomo yaitu  kekayaan dan kemuliaan, juga Panjang umur jjika Salomo tetap mau mematuhi perintah Tuhan.

Dari peristiwa tersebut, kita melihat bahwa Salomo ingin bisa memimpin dengan baik dan benar sesuai nasihat Daud, untuk kepentingan umat-Nya. Dan Salomo sudah memilih prioritas permintaan yang benar.

Refleksi untuk Pamong
Sebagai pamong kita pasti juga mempunyai /menghadapi banyak masalah ketika melakukan tugas kita dalam melayani anak-anak. Baik itu masalah dari dalam ( keluarga dan diri sendiri), maupun dari luar ( teman-teman, anak-anak, dsb)

Apakah kita sudah meminta hikmat Tuhan dan melatih kepekaan kita untuk mendengar suara Tuhan dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada ?


TUNTUNAN IBADAH ANAK BALITA

Bahasa Indonesia

Tujuan: Anak dapat menceritakan Kembali doa Salomo kepada Tuhan

Alat Peraga :

  1. Gambar / replika / boneka Daud
  2. Gambar / replika / boneka Salomo
    (alat peraga yang digunakan pada dua minggu yang lalu  (11 / 6 / 2023))
  3. Gambar Salomo tidur

Pendahuluan
Ulangi sekilas cerita 2 ( dua ) minggu yang lalu tentang pesan Daud kepada Salomo

Setelah Raja Daud berpesan pada Salomo, bagaimana kisah selanjutnya ?

Nah hari ini kita akan lanjutkan kisahnya, seperti yang tertulis dalam Alkitab di kitab 1 Raja-raja 3 : 3 – 15  ( tunjukkan Alkitab pada anak-anak)

Inti Penyampaian
Setelah raja Daud meninggal, Salomo menggantikan ayahnya menjadi raja.   Dan Salomo hidup taat menurut Firman Tuhan. raja Salomo juga beribadah kepada Tuhan Allah seperti ayahnya, raja Daud.

Pada suatu malam di Gibeon, Tuhan Allah menampakkan diri pada Salomo dalam sebuah mimpi . berfirmanlah Allah,”Mintalah, apa yang akan Kuberikan padamu”.

Kira-kira Salomo akan minta apa ya pada Tuhan ?

Karena Salomo adalah seorang raja, yang tugasnya harus memimpin rakyatnya, maka Salomo minta pada Tuhan supaya diberikan hikmat. Apa sih hikmat itu ?

Hikmat itu kemampuan supaya bisa membedakan mana yang baik dan mana yang jahat. Dan supaya bisa melakukan kebaikan sesuai dengan dengan kehendak Tuhan.

Jadi Salomo ingin bisa menjadi raja yang baik. Raja yang menuruti perintah Tuhan.

Tuhan senang mendengar jawaban dan permintaan Salomo itu.

Penerapan
Nah, anak-anak, ternyata raja Salomo adalah raja yang baik ya. Salomo ingin bisa menjadi raja yang menuruti perintah Tuhan. Salomo ingin mengerti mana yang baik dan mana yang jahat.

Tuhan senang dengan permintaan Salomo itu. Maka Tuhan memberikan apa yang diminta Salomo .

Aktivitas
Dengan menggunakan gambar Salomo, ajak anak-anak mengulang apa yang diminta Salomo.

Kemudian mintalah anak-anak mengungkapkan apa yang mereka ingin minta dari Tuhan.

Bahasa Jawa

Pendahuluan
Baleni sedhela crita 2 (rong) minggu kepungkur babagan pesen Dawud marang Suleman

Sakwisé Raja Dawud ngandhani Suléman, apa sing kelakon sakbanjuré?

Dina iki kita bakal nerusake critane, kaya sing ditulis ing Kitab Suci ing 1 Para Raja 3:3-15 (tuduhake Kitab Suci marang bocah-bocah)

Inti Penyampaian
Sawisé Raja Dawud séda, Suléman nggentèni bapakné dadi raja. Lan Suleman urip manut miturut Sabdaning Allah. Sang Prabu Suleman uga nyembah marang Pangeran Yehuwah kaya kang rama, Sang Prabu Dawud.Ing sawijining bengi ana ing Gibéon, Pangéran Allah ngatingal marang Suléman ing sajroning impèn. Gusti Allah ngandika, “Nyuwuna, apa sing bakal dakwenehake”.Kira-kira apa sing bakal disuwun Seleman marang Gusti Allah?Merga Suléman kuwi raja, sing tugasé mimpin bangsané, Suléman nyuwun marang Gusti Allah supaya diparingi kawicaksanan. Apa iku kawicaksanan?Kawicaksanan yaiku kemampuan kanggo mbedakake sing apik lan sing ala. Lan supaya padha bisa nindakake kabecikan miturut kersane Gusti.Mula, Suleman péngin dadi raja sing apik. Raja sing manut dhawuhé Gusti Allah.Gusti Allah seneng mireng jawaban lan panyuwunane Suléman.

Penerapan
Nah bocah-bocah, pranyata Prabu Suleman iku raja kang becik, ya. Salomo péngin dadi raja sing manut préntahé Gusti Allah. Salomo péngin ngerti apa sing apik lan sing ala.

Gusti Allah mirengaké panyuwuné Suléman. Mulané Gusti Allah maringi apa sing disuwun marang Suléman.

Aktivitas
Nggunakake gambar Salomo, ajak bocah-bocah mbaleni apa sing dijaluk Salomo.Banjur ajak bocah-bocah nyritakake apa sing arep disuwun marang Gusti.


TUNTUNAN IBADAH ANAK PRATAMA

Bahasa Indonesia

Tujuan:

  1. Anak dapat menyebutkan doa Salomo kepada Tuhan
  2. Anak dapat mendaftar doa-doa yang ingin dipanjatkan kepada Tuhan
  3. Anak dapat menentukan yang paling penting untuk didoakan kepada Tuhan

Alat Peraga:

  1. Gambar / replika / boneka Daud
  2. Gambar / replika / boneka Salomo
    alat peraga yang digunakan pada dua minggu yang lalu  (11 / 6 / 2023)
  3. Gambar Salomo tidur

Pendahuluan
Ulangi sekilas cerita dua minggu yang lalu tentang pesan Daud kepada Salomo

Setelah Raja Daud berpesan pada Salomo, bagaimana kisah selanjutnya?

Nah hari ini kita akan lanjutkan kisahnya, seperti yang tertulis dalam Alkitab di kitab 1 Raja-raja 3 : 3 – 15  (tunjukkan Alkitab pada anak-anak)

Inti penyampaian
Setelah raja Daud meninggal, Salomo menggantikan ayahnya menjadi raja.   Dan Salomo hidup taat menurut Firman Tuhan. raja Salomo juga beribadah kepada Tuhan Allah seperti ayahnya, raja Daud.

Pada suatu malam di Gibeon, Tuhan Allah menampakkan diri pada Salomo dalam sebuah mimpi. berfirmanlah Allah,” Mintalah, apa yang akan Kuberikan padamu”.

Kira-kira Salomo akan minta apa ya pada Tuhan?

Jawabnnya ada kitab 1 Raja-raja 3 : 9. Kita baca yuk

Ya, Karena Salomo adalah seorang raja, tugasnya pasti berat ya. Harus memimpin rakyatnya, maka Salomo minta pada Tuhan supaya diberikan hikmat. Apa sih hikmat itu ?

Hikmat itu kemampuan supaya bisa membedakan mana yang baik dan mana yang jahat. Dan supaya bisa melakukan kebaikan sesuai dengan dengan kehendak Tuhan.

Jadi Salomo ingin bisa menjadi raja yang baik. Raja yang menuruti perintah Tuhan.

Tuhan senang mendengar jawaban dan permintaan Salomo itu. Yuk kita baca lagi dari kitab 1 Raja 3 : 9-10.

Penerapan
Jadi Salomo meminta sesuatu yang benar-benar dibutuhkannya untuk menjadi seorang raja. Yaitu bisa mengetahui mana yang baik dan mana yang jahat.

Tuhan juga senang mendengar permintaan Salomo. Maka selain mengabulkan permintaan Salomo, Tuhan juga memberikan berkat-berkat yang lainnya .

Dari cerita raja Salomo hari ini, kita semua diajak untuk bisa memilih mana yang benar-benar kita butuhkan dan bukan yang kita inginkan.

(Ajak anak-anak untuk berdiskusi untuk bisa membedakan mana yng menjadi keinginan dan mana yang benar-benar merupakan kebutuhan mereka)

Aktivitas
(lihat contoh di aktivitas jenjang Balita)

Anak-anak menuliskan permintaan Salomo dan  pokok-pokok doa mereka ( yang penting atau yang benar-benar menjadi kebutuhan mereka)

Bahasa Jawa

Pendahuluan
Baleni sedhela crita 2 (rong) minggu kepungkur babagan pesen Dawud marang Suleman

Sakwisé Raja Dawud ngandhani Suléman, apa sing kelakon sakbanjuré?

Dina iki kita bakal nerusake critane, kaya sing ditulis ing Kitab Suci ing 1 Para Raja 3:3-15 (tuduhake Kitab Suci marang bocah-bocah)

Inti Penyampaian
Sawisé Raja Dawud séda, Suléman nggentèni bapakné dadi raja. Lan Suleman urip manut miturut Sabdaning Allah. Sang Prabu Suleman uga nyembah marang Pangeran Yehuwah kaya kang rama, Sang Prabu Dawud.Ing sawijining bengi ana ing Gibéon, Pangéran Allah ngatingal marang Suléman ing sajroning impèn. Gusti Allah ngandika, “Nyuwuna, apa sing bakal dakwenehake”.Kira-kira apa sing bakal disuwun Suleman marang Gusti Allah?Jawabane yaiku 1 Para Raja 3:9. Ayo padha macaYa, amarga Suleman dadi raja, tugas kasebut mesthi abot. Sawisé mimpin umaté, Suléman nyuwun marang Gusti Allah supaya diparingi kawicaksanan. Apa iku kawicaksanan?Kawicaksanan yaiku kemampuan kanggo mbedakake sing apik lan sing ala. Lan supaya padha bisa nindakake kabecikan miturut kersane Gusti.Mula, Suleman péngin dadi raja sing apik. Raja sing manut dhawuhé Gusti Allah.Gusti Allah seneng krungu jawaban lan panjaluké Suléman. Ayo maca maneh saka kitab1 Para Raja 3:9-10 .

Penerapan
Mula, Suleman nyuwun apa sing bener-bener dibutuhake kanggo dadi raja. Tegese ngerti apa sing apik lan sing ala.

Gusti Allah uga seneng mireng panyuwune Suléman. Mula saliyane ngijabahi panyuwune Suleman, Gusti Allah uga maringi berkah liyane.

Saka critane Sang Prabu Suleman ing dina iki, kita kabeh diajak supaya bisa milih apa sing dibutuhake lan dudu sing dikarepake.

(Ajak bocah-bocah diskusi supaya bisa mbedakake apa sing dibutuhake lan apa sing dikarepake)

Aktivitas
(ndeleng conto ing aktivitas tingkat balita)

Bocah-bocah nulis panyuwunane Salomo lan nulisake apa sing dadi pandonga bocah-bocah (sing penting utawa pancen butuh)


TUNTUNAN IBADAH ANAK MADYA

Bahasa Indonesia

Tujuan:

  1. Anak dapat menyebutkan doa Salomo kepada Tuhan
  2. Anak dapat mendaftar doa-doa yang ingin dipanjatkan kepada Tuhan
  3. Anak dapat menentukan yang paling penting untuk didoakan kepada Tuhan

Alat Peraga: Gambar  Salomo tidur

Pendahuluan
Ulangi sekilas cerita dua minggu yang lalu tentang pesan Daud kepada Salomo (tanyakan pada anak-anak apakah mereka ingat cerita / pesan raja Daud pada Salomo)

Setelah Raja Daud berpesan pada Salomo, bagaimana kisah selanjutnya?

Nah hari ini kita akan lanjutkan kisahnya, seperti yang tertulis dalam Alkitab di kitab 1 Raja-raja 3 : 3 – 15  (tunjukkan Alkitab pada anak-anak)

Inti Penyampaian
Setelah raja Daud meninggal, Salomo menggantikan ayahnya menjadi raja.   Dan Salomo hidup taat menurut Firman Tuhan. raja Salomo juga beribadah kepada Tuhan Allah seperti ayahnya, raja Daud.

Pada suatu malam di Gibeon, Tuhan Allah menampakkan diri pada Salomo dalam sebuah mimpi. berfirmanlah Allah, “Mintalah, apa yang akan Kuberikan padamu”.

Kira-kira Salomo akan minta apa ya pada Tuhan?

Jawabnnya ada kitab 1 Raja-raja 3 : 9. Kita baca yuk

Ya, Karena Salomo adalah seorang raja, tugasnya pasti berat ya. Harus memimpin rakyatnya, maka Salomo minta pada Tuhan supaya diberikan hikmat. Apa sih hikmat itu?

Hikmat itu kemampuan supaya bisa membedakan mana yang baik dan mana yang jahat. Dan supaya bisa melakukan kebaikan sesuai dengan dengan kehendak Tuhan.

Jadi Salomo ingin bisa menjadi raja yang baik. Raja yang menuruti perintah Tuhan.

Tuhan senang mendengar jawaban dan permintaan Salomo itu. Yuk kita baca lagi dari kitab 1 Raja 3 : 9-10.

Penerapan
Jadi Salomo meminta sesuatu yang benar-benar dibutuhkannya untuk menjadi seorang raja. Yaitu bisa mengetahui mana yang baik dan mana yang jahat.

Tuhan juga senang mendengar permintaan Salomo. Maka selain mengabulkan permintaan Salomo, Tuhan juga memberikan berkat-berkat yang lainnya.

Dari cerita raja Salomo hari ini, kita semua diajak untuk bisa memilih mana yang benar-benar kita butuhkan dan bukan yang kita inginkan.

(Ajak anak-anak untuk berdiskusi untuk bisa membedakan mana yng menjadi keinginan dan mana yang benar-benar merupakan kebutuhan mereka)

Aktivitas
(lihat contoh di aktivitas jenjang Balita. Anak-anak menuliskan permintaan Salomo dan  pokok-pokok doa mereka yang penting atau yang benar-benar menjadi kebutuhan mereka)

Bahasa Jawa

Pendahuluan
Baleni sedhela crita 2 (rong) minggu kepungkur ngenani dhawuhe Sang Prabu Dawud marang Sang Prabu Suleman (takonana marang bocah-bocah apa padha kelingan critane / pesene Sang Prabu Dawud marang Sang Prabu Suleman)

Sakwisé Raja Dawud ngandhani Suléman, apa sing kelakon sakbanjuré?

Dina iki kita bakal nerusake critane, kaya sing ditulis ing Kitab Suci ing 1 Para Raja 3:3-15 (tuduhake Kitab Suci marang bocah-bocah)

Inti Penyampaian
Sawisé Raja Dawud séda, Suléman nggentèni bapakné dadi raja. Lan Suleman urip manut miturut Sabdaning Allah. Sang Prabu Suleman uga nyembah marang Pangeran Yehuwah kaya kang rama, Sang Prabu Dawud.Ing sawijining bengi ana ing Gibéon, Pangéran Allah ngatingal marang Suléman ing sajroning impèn. Gusti Allah ngandika, “Nyuwuna, apa sing bakal dakwenehake”.Kira-kira apa sing bakal dijaluk Suleman marang Gusti Allah?Jawabane yaiku 1 Para Raja 3:9. Ayo padha macaYa, amarga Suleman dadi raja, tugas kasebut mesthi abot. Sawisé mimpin umaté, Suléman nyuwun marang Gusti Allah supaya diparingi kawicaksanan. Apa iku kawicaksanan?Kawicaksanan yaiku kemampuan kanggo mbedakake sing apik lan sing ala. Lan supaya padha bisa nindakake kabecikan miturut kersane Gusti.Mula, Salomo péngin dadi raja sing apik. Raja sing manut dhawuhé Gusti Allah.Gusti Allah seneng mireng jawaban lan panyuwunane Suléman. Ayo maca maneh saka kitab1 Para Raja 3:9-10 .

Penerapan
Mula, Suleman nyuwun apa sing bener-bener dibutuhake kanggo dadi raja. Tegese ngerti apa sing apik lan sing ala.

Gusti Allah uga kepareng mirengake panyuwune Sang Prabu Suleman. Mula saliyane ngijabahi panyuwune Suleman, Gusti Allah uga maringi berkah liyane.

Saka critane Sang Prabu Suleman ing dina iki, kita kabeh diajak supaya bisa milih apa sing dibutuhake lan dudu sing dikarepake.

(Ajak bocah-bocah diskusi supaya bisa mbedakake apa sing dibutuhake lan apa sing dikarepake)

Aktivitas
(menawi saged mersani ing aktivitas tingkat balita Bocah-bocah nulis panyuwunane Salomo lan nulis pandongane bocah-bocah bab panyuwunane (sing penting utawa pancen butuh)

Renungan Harian

Renungan Harian Anak