“Merawat Tumbuhan Ciptaan Tuhan” Tuntunan Ibadah Anak 10 Februari 2019

Bacaan Alkitab : Yunus 4:6-11
Tahun Gerajawi : Bulan Penciptaan
Tema : Tumbuhan
Ayat Hafalan : Roma 14:8
“Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan.”
Lagu Tema : Tanam satu Pohon (Kidung Sekolah Minggu, No. 410)

Penjelasan Teks

Kitab Yunus adalah Kitab yang unik jika dibandingkan dengan banyak kitab nubuat dalam Perjanjian Lama, sehingga menarik untuk dipelajari. Kitab Yunus tidak menceritakan tentang nubuat-nubuat melainkan mengisahkan tentang suatu episode dalam kehidupannya. Pokok bahasan yang seringkali disoroti melalui kisah Yunus adalah peristiwa Yunus dalam perut ikan, bahkan ada lagu khusus tentang kisah tersebut. Namun, dalam bagian ini ada peristiwa lain dalam kisah Yunus yang tidak kalah menarik untuk diperhatikan. Bagian ini bisa dikatakan sebagai bagian akhir dalam kisah Yunus.

Selain menjelaskan tentang keterlibatan binatang (ikan besar; 1:17, ulat; 4:7) dalam kitab Yunus juga dijelaskan tentang keterlibatan alam (angin timur yang bertuip; 4:8 ) dan tumbuhan (pohon jarak; 4:6). Keterlibatkan semua pihak ini dan semua peristiwa di dalamnya terjadi atas penentuan Tuhan. Artinya seluruh kisah dalam kitab Yunus ini ditulis dengan tujuan untuk menegaskan tentang kehendak Allah yang tidak tertahankan dalam dunia ciptaan-Nya (binatang, tumbuhan, alam dan manusia), tidak ada yang terjadi diluar kuasa dan penentuan Tuhan.

Dalam pasal 4 Yunus dalam kondisi marah, dihibur oleh pohon jarak yang ditentukan oleh Tuhan untuk menaunginya. Yunus bersukacita karena pohon jarak itu (4:6). Tetapi pohon jarak yang disenangi Yunus dibinasakan oleh Tuhan dengan cara menentukan seekor ulat untuk menggerek pohon jarak dalam semalam hingga menjadi layu (4:7). Pada bagian ini adanya pohon jarak yang menaungi Yunus, munculnya ulat yang menggerek pohon itu dan pohon itu menjadi layu terjadi atas penentuan Tuhan. Penentuan Tuhan dalam bagian ini adalah menetapkan dalam pemeliharaan Tuhan di mana seluruh ciptaan-Nya adalah milik kepunyaan-Nya. Melalui kisah Yunus secara khusus pasal 4:6-11 ini yang menjadi penekanan yakni bahwa Tuhanlah Sang Pencipta, Tuhan yang menjadikan pohon jarak itu ada dan Tuhan juga yang membuatnya menjadi layu.

Pohon jarak dalam kisah Yunus mewakili banyaknya tumbuhan yang ada di bumi, yang mana segala macam dan jenis tumbuhan itu adalah ciptaan Tuhan. Tuhan yang menumbuhkan “tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji” (Kejadian 1:11) serta segala jenis tumbuhan lainnya. Pada urutan penciptaan dalam kitab Kejadian, tumbuhan diciptakan pada hari yang ketiga. Tuhan Allah menciptakan semuanya dengan baik, maka kita perlu untuk terus menjaga kondisi atau keadaan baik itu sepanjang kehidupan kita. Menjaga supaya tumbuh-tumbuhan yang Tuhan ciptakan dapat bertumbuh terus dan turut memuji memuliakan Tuhan melalui keindahannya.


TUNTUNAN IBADAH ANAK BALITA

Tujuan : Anak dapat menceritakan kembali bahwa tumbuhan ciptaan Tuhan.

Alat Peraga
1. Tumbuhan yang ada di sekitar gereja
2. Beberapa Gambar di bawah ini.

Gambar

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 3

 

 

 

 

 

 

 

Pendahuluan
Selamat pagi anak-anak..
Pagi ini kita akan belajar firman Tuhan sambil jalan-jalan, berkeliling di sekitar gereja kita. Ayo kita baris dan mulai perjalanan kita (ajak anak mengelilingi gereja atau gedung ibadah anak dan remaja untuk melihat dan mengamati tumbuhan-tumbuhan yang ada. Selanjutnya ajak anak untuk membandingkan satu tumbuhan dengan tumbuhan yang lainnya)

Inti Penyampaian
Anak-anak yang dikasihi Tuhan,
Coba kalian perhatikan berapa warna daun yang kita jumpai dan ada berapa banyak bentuk daun yang kita lihat? Apakah ada di antara kalian yang bisa membuat daun-daun seperti ini? (pegang salah satu daun) atau daun yang seperti ini (memegang daun lain dengan bentuk atau warna yang berbeda dengan yang sebelumnya) Adakah di antara kita yang bisa membuat bunga-bunga yang seindah ini? (menunjuk bunga atau tumbuhan yang dilihat kemudian tunggu ada respon dari anak) Ternyata tidak ada yang bisa ya? Ternyata di antara kita tidak ada yang bisa. kalau begitu siapa ya yang membuat dan menciptakan semua ini?
Ya… betul sekali.. penciptanya adalah Tuhan Allah.

(Ajak anak-anak untuk duduk di sekitar tanaman atau tempat yang teduh)
Anak-anak yang dikasihi Tuhan,
Tahulah kita bahwa Tuhanlah yang menciptakan tanaman. Tidak ada yang bisa. Itu karena Tuhan sungguh sangat hebat. Cerita tentang kehebatan Tuhan juga diceritakan dalam kisah Pak Yunus. Wah siapa ya Pak Yunus? Pak Yunus yang pernah tinggal di dalam perut ikan itu lho.. Suatu ketika Tuhan menumbuhkan sebuah pohon yang namanya pohon jarak. Pohon apa anak-anak? JARAK (minta anak untuk mengulanginya beberapa kali) Pohon jarak yang diciptakan oleh Tuhan ini digunakan sebagai tempat berteduh bagi Pak Yunus karena udara sangat panas. (menunjukkan gambar Yunus di bawah pohon jarak).

Saat pohon jarak itu tumbuh, Pak Yunus merasa senang. Coba kita peragakan bagaimana ekspresi senang? (ajak anak untuk mengekspresikan jika sedang senang) Namun ternyata pohon jarak itu tidak bertahan lama. Saat malam hari Tuhan mendatangkan seekor ulat yang memakan daun-daun pohon jarak itu (tunjukkan gambar ulat yang sedang memakan daun-dauanan), sehingga pohonya menjadi layu (tunjukkan gambar pohon jarak yang telah layu).

Esok harinya, saat matahari terbit Pak Yunus merasakan panas karena pohon jarak yang tumbuh tadi habis daunnya dan layu (tunjukkan gambar Yunus dengan pohon jarak yang layu). Pak Yunus menjadi sedih karena pohon jarak yang disayanginya telah menjadi layu. Bagaimana ya kira-kira ekspresinya kalau sedih? (ajak anak untuk menggambarkan ekspresi sedih).

Penerapan
Anak-anak yang dikasihi Tuhan,
Itulah kehebatan Tuhan. Tuhan dapat dengan cepat membuat pohon jarak tumbuh dan juga mati oleh ulat. Tumbuh-tumbuhan yang kita lihat tadi juga bukti bahwa Tuhan kita hebat. Oleh sebab itu kita harus bersyukur atas semua tumbuhan yang Tuhan ciptakan untuk kita.

Aktivitas
Mewarnai Gambar pohon. (bisa dilihat di CD aktivitas)


TUNTUNAN IBADAH ANAK PRATAMA

Tujuan : Anak menjelaskan bahwa Tuhan berkuasa memberi kehidupan kepada tumbuhan.

Alat Peraga : Pamong dapat menyiapkan 2 jenis tumbuhan yang berbeda dalam pot.

Pendahuluan
Selamat pagi anak-anak..
Kalian pasti pernah menyanyikan lagu, “lihat kebunku” ya? Coba kita nyanyikan bersama-sama.. (jika perlu dinyanyikan 2 kali sambil mengajak anak untuk mencermati setiap lirik lagunya.) Dari lagu itu kita tahu bahwa dalam kebun itu ada banyak sekali tumbuhan, betul? Kebun atau taman itu terlihat indah jika terdapat beraneka jenis tumbuhan. Sekarang di depan kita ada dua pot tumbuhan, coba kita amati apakah ada perbedaan dari kedua tumbuhan ini? (berikan kesempatan kepada anak untuk mengamati dan memberikan jawaban atas perbedaan-perbedaan apa saja yang ditemukannya). Sekarang saya bertanya, siapa yang menciptakan tumbuhan ini (tunjuk salah satu tumbuhan)? Tuhan Allah, sedangkan tumbuhan yang ini (tunjuk lagi tumbuhan yang lainnya) Tuhan Allah juga. Jadi sekalipun tumbuhan itu beraneka ragam tapi tetap satu penciptanya yakni Tuhan Allah.

Inti Penyampaian
Selain dua tumbuhan ini, Tuhan Allah juga menciptakan banyak pohon-pohon yang besar dan kecil. Salah satu pohon yang Tuhan cipatakan adalah pohon…. Pohon ini ada di dalam Alkitab yang akan kita baca bersama-sama. Mari kita buka di dalam kitab Yunus 4:6-11. Coba siapa kira-kira yang bisa menemukan pohon apakah yang Tuhan ciptakan di sana (berikan waktu kepada anak untuk mencari dan menemukan pohon yang dimaksudkan yakni pohon jarak, jika anak belum bisa menemukan maka berikan kata kunci ayatnya.) Tuhan Allah menciptakan pohon… pohon jarak… seperti apa ya pohon jarak itu? (gunakan Gambar 1 pada alat peraga Balita) untuk siapa Tuhan menciptakan pohon jarak itu? Tuhan Allah menciptakan pohon jarak itu untuk Yunus. Masih ingat ya siapa Yunus? Yunus yang pernah tinggal di dalam perut ikan selama tiga hari lamanya.

Tuhan Allah menciptakan sebuah pohon jarak bagi Yunus. Saat pohon jarak itu ada Yunus merasa begitu senang sekali karena dia terlindungi dari sengatan matahari. Namun sesuai dengan kehendak Tuhan, maka Tuhan mendatangkan seekor ulat di waktu malam untuk memakan dan menghabiskan pohon jarak itu. Maka pohon jarak itu menjadi layu. Di saat pohon jarak itu layu, Yunus yang tadinya bersukacita menjadi sedih. Tapi kesedihan Yunus itu tidak mampu mengembalikan pohon jarak yang disayanginya dan membuatnya bersukacita. Kira-kira siapa yang bisa kembali menciptakan pohon jarak itu? (berikan kesempatan kepada anak untuk mencoba menjawab) Tentunya hanya Tuhan Allah saja yang bisa. Seperti tadi Tuhan menciptakan pohon jarak itu dan membuatnya layu, hanya Tuhan yang mampu menciptakannya kembali.

Penerapan
Adik-adik hal yang sama juga bisa terjadi pada semua tumbuhan yang ada di sekitar kita, karena apa? Karena Tuhanlah yang menciptakan tumbuh-tumbuhan itu dan Tuhanlah yang berkuasa atasnya. Tuhan yang memberikan kehidupan atas tumbuh-tumbuhan, termasuk tumbuhan yang ada di depan kita saat ini. Tumbuhan yang Tuhan ciptakan sangat penting dalam kehidupan kita, dari tumbuhan itu kita mendapat udara yang segar. Dari tumbuhan, kita mendapatkan buah-buahan. Dari tumbuhan kita juga mendapatkan beraneka warna bunga yang besar dan kecil. Tuhan yang menciptakan tumbuhan itu bagi kita, akan sangat senang ketika kita bisa menjaga dan merawatnya dengan baik. Ayo kita jaga berbagai tumbuhan yang ada di sekitar kita. Siap ya? Mau ya? Mari kita nyanyi “Tanam Satu Pohon.”.

Aktivitas
Mendaftar apa saja yang bisa dilakukan untuk merawat tumbuhan dengan memilih dan memberikan garis pada tindakan-tindakan dalam tulisan di bawah ini.


TUNTUNAN IBADAH ANAK MADYA

Tujuan :
1. Anak menjelaskan bahwa Tuhan berkuasa memberi kehidupan kepada tumbuhan.
2. Anak dapat mengadakan kegiatan menanam pohon sebagai tanggung jawab kepada Allah.

Alat Peraga : Tumbuhan dalam pot (kalau bisa lebih dari 1) yang ditempatkan di dalam ruangan.

Pendahuluan
Selamat pagi anak-anak..
Coba lihat apa yang ada di depan kita saat ini? Ini adalah tumbuhan.. Siapa yang bisa menyebutkan apa saja fungsi dari tumbuhan? Tentunya tidak terbatas pada tumbuhan yang ada di depan kita ini saja, melainkan semua tumbuhan yang pernah kita jumpai, baik yang besar maupun yang kecil. Ayo siapa yang bisa menyebutkan, apa fungsi tumbuhan bagi kehidupan manusia? (berikan kesempatan kepada anak untuk menjawab) terima kasih atas jawaban kalian semua. Kita tahu bahwa ada tumbuhan yang berfungsi sebagai tumbuhan hias, yang biasanya ditempatkan di dalam atau di luar rumah, ada tumbuhan yang berfungsi sebagai peneduh. Coba sebutkan apa saja ciri tumbuhan yang berfungsi sebagai peneduh? Sebutkan apa saja contohnya?

Inti Penyampaian
Berbicara tentang tumbuhan yang berfungsi sebagai peneduh, mari ita buka Alkitab kita dan kita temukan jawabannya. Kita buka dari kitab Yunus 4:6-11, kita baca bersama-sama ya… yang laki-laki membaca ayat yang ganjil dan yang perempuan membaca ayat yang genap. Mari kita mulai (pamong dan anak membaca Alkitab bersama-sama).

Dari pembacaan kita ini, tumbuhan apa yang ada di sana? Dalam versi Alkitab di kisah Yunus, tumbuhan itu adalah pohon jarak. Pohon jarak itu diciptakan oleh Tuhan dalam kurun waktu yang singkat. Yunus begitu senang ketika melihat pohon jarak itu ada dan tumbuh baginya. Namun dengan kuasa Tuhan pohon jarak itu menjadi layu dalam hitungan waktu yang singkat juga, sehingga hati Yunus menjadi sedih. Meski demikian kesedihan Yunus itu tidak bisa memulihkan pohon jarak yang telah menjadi layu tersebut. Hanya Tuhan yang berkuasa menciptakan dan membuat pohon jarak itu menjadi layu. Demikian halnya dengan banyak tumbuhan yang ada di depan kita saat ini dan juga di sekitar kita. Jika demikian apakah kita tidak bisa berperan apa-apa bagi tumbuhan itu? Tentu kita masih berperan dan bahkan sangat berperan, membantu tumbuhan itu untuk terus bertumbuh dan kita tetap bisa merasakan fungsi semua tumbuhan itu dengan baik. Apalagi tumbuhan yang ada di dalam pot seperti ini, bagaimana mereka bisa mendapatkan air untuk proses fotosintesis jika kita tidak menyiramnya setiap waktu.

Penerapan
Anak-anak yang dikasihi Tuhan,
Apapun jenis tumbuhannya, pasti ada fungsi yang bisa dinikmati oleh manusia. Dari tumbuhan-tumbuhan itu dihasilkan gas yang dibutuhkan oleh manusia, gas apakah itu? Oksigen. Tepat sekali… sementara bagi tumbuhan yang sedang berfotosintesis apa yang dibutuhkan? Karbondioksida, dari mana gas karbondioksida dihasilkan? Dari manusia. Jadi kita dan tumbuhan ada hubungan yang saling bergantungan. Manusia membutuhkan tumbuhan dan tumbuhan juga membutuhkan manusia. Oleh sebab itu marilah kita menjaga segala jenis dan macam tumbuhan yang kita miliki dan kita jumpai di manapun kita berada, bagaimana caranya? Mari kita lakukan bersama-sama….

Aktivitas
Menanam bersama.
Alat dan Bahan:
1. Tumbuhan (jenis pepohonan)
2. Tanah secukupnya
3. Wadah menyesuaikan tanaman (bisa pot atau memanfaatkan wadah bekas seperti: kaleng cat, ember, dll)
4. Sekop atau yang lainnya untuk memasukkan tanah ke dalam wadah.
5. Air secukupnya
6. Pupuk

Selanjutnya lakukan menanam bersama dengan anak-anak, bisa dilakukan secara kelompok atau perorangan sesuai dengan konteks jemaat masing-masing.


Gambar: Sweetpublishing.com

 

Bagikan Entri Ini: