Susah Menjadi Penurut Tuntunan Ibadah Anak Pratama 11 Maret 2018

Bacaan: Yunus 1:1-15
Tahun Gerejawi: Pra Paskah IV

Tema: Tanggung Jawab
Tujuan :

  1. Anak dapat menceritakan kembali kisah Yunus yang diutus ke Niniwe.
  2. Anak menunjukkan sikap bertanggungjawab

Lagu Tema : “Nabi Yunus” & “Dengar Dia Panggil Nama Saya”

PENJELASAN TEKS (Untuk Pamong)

Yunus memilih lari ke Tarsis daripada melaksanakan tugas ke Niniwe

Tokoh Alkitab Hari ini adalah Yunus. Yunus adalah salah seorang dari nabi-nabi Tuhan.Dia diutus Tuhan untuk memperingatkan orang Ninewe (bangsa non-Yahudi) atas kehidupan yang tidak berkenan di hadapan Tuhan. Tetapi Yunus mengelak dan justru pergi ke tempat yang berlainan arah, yaitu ke Tarsis. Maka diperjalanan terjadilah badai, dan dia bersedia dibuang dari kapal agar badai reda. Tokoh Yunus hari ini akan bersama kita perhatikan dari sudut pandang tanggung jawab. Apakah Yunus adalah orang yang bertanggung jawab? Jawabannya relatif, tergantung dari pemahaman kita tentang tanggung jawab. Jika tanggung jawab kita pahami dalam kaitannya melakukan apa yang diperintahkan atau yang menjadi tugas, maka tentu Yunus termasuk orang yang tidak bertangung jawab karena dia mangkir. Tetapi ketika tanggung jawab kita pahami pula sebagai kesediaan untuk menanggung konsekwensi dari tindakan, perkataan, atau pilihan hidup, maka Yunus masih bisa disebut sebagai orang yang bertanggung jawab.

PERSIAPAN CERITA
Pamong dapat menyampaikan cerita Aklitab kali ini dengan menggunakan gambar flanel (jika dijemaat masing-masing tersedia papan flanel dan gambar).
Atau boneka jari

Dan peta Alkitab agar anak mudah memba-yangkan letak kota Tarsus dan Niniwe.
Untuk aktivitas dibutuhkan:

  • Kertas ukuran A3
  • Koran kurang lebih 5 eksemplar/ 5 tanggal terbitan.
  • Gunting
  • Lem
  • Spidol

CONTOH CERITA (untuk Anak-Anak)
Selamat pagi adik-adik yang dikasihi Tuhan,
Hari ini tokoh yang mejadi cerita kita adalah Yunus. Siapa Yunus? Dia adalah nabi Tuhan. Sebagai nabi tentu Yunus punya tugas. Apa dan bagaimana tugas Yunus. Mari kita perhatikan cerita berikut:
Pada suatu hari Yunus diutus Tuhan untuk pergi ke Niniwe. (anak diajak melihat peta dibagian belakang alkitab masing-masing. Di bagian Dunia zaman purba. Pamong menunjukkan Israel ada di daerah yang masih bernama: Kanaan. Niniwe ada di sebelah timur kanaan/ Israel, sedangkan Tarsis ke arah barat menyeberangi laut tengah/ mediterania).

Yunus mengira dia bisa kabur dari Tuhan. Awalnya memang tidak ada masalah, kapal berlayar dengan baik. (pamong menempelkan gambar perahu, atau menampilkan boneka tangan seperti dalam gambar, dan memainkannya). Di tengah perjalanan tiba-tiba ada badai mengamuk, ombak besar dan hujan lebat, membuat kapal yang ditumpangi Yunus terombang-ambing. Barang-barang yang tidak perlu dibuang supaya kapal tidak tenggelam. Tapi Yunus enak-enak tidur. Para penumpang lain membangunkan-nya dan bertanya, “bagaimana ini?”.

Kemudian Yunus mulai menyadari bahwa badai itu adalah akibat ketidak-nurut-an nya pada Tuhan. Karena itu, agar semua penumpang lain selamat, Yunus bersedia dibuang dari perahu. Dan meski mereka tidak tega dan takut, karena badai makin mengerikan, akhirnya Yunus dibuang.
Nah, adik-adik dari cerita tadi Yunus termasuk orang yang nurut kepada Tuhan atau tidak? (memberi waktu anak-anak menjawab, beserta alasannya – anak-anak dipandu untuk dapat menjelaskan Yunus diutus ke …, tetapi pergi ke …) berarti Yunus bertanggung jawab atau tidak kepada Tuhan?……………… Tetapi, ketika ada bencana karena perbuatannya, Yunus bersedia dibuang ke laut agar penumpang lain selamat. Dalam hal ini Yunus berusaha bertanggung jawab dengan menanggung akibat dari perbuatannya.

AKTIVITAS

  1. Anak anak dibagi dalam beberapa kelompok (tiap kelompok terdiri dari 3- 7 orang tergantung jumlah total di jenjang pratama masing-masing jemaat)
  2. Tiap kelompok dipersilahkan untuk membuat kliping, berupa gambar atau tulisan yang menggambarkan sikap bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari (misalnya: gambar anak-anak yang berangkat sekolah dengan rapi dan tepat waktu, orang yang membuang sampah pada tempatnya, kelompok anak muda yang mengadakan reboisasi atau penangkaran penyu, atlet yang berjuang dipertandingan untuk mengharumkan nama bangsa, dsb)

Gambar: https://sweetpublishing.com/

 

Bagikan Entri Ini: