Setia Yuk… Tuntunan Ibadah Anak Pratama 18 Maret 2018

Bacaan: 1 Timotius 4 : 8-16
Tahun Gerejawi: Pra Paskah V

Sub Tema: Setia
Tujuan :

  1. Anak dapat menceritakan nasihat Rasul Paulus kepada Timotius.
  2. Anak dapat mencirikan sikap setia pada Tuhan.

Lagu Tema: “Pekerja Kristus”

PENJELASAN TEKS (Untuk Pamong):
Timotius adalah anak rohani Rasul Paulus. Timotus adalah pemuda yang tekun dalam pelayanan. Ketekunan itu tidak tumbuh dengan sendirinya tetapi atas dukungan wanta hebat, yaitu neneknya Lois dan ibunya Eunike. Mereka adalah para perempuan hebat yang melayani jemaat Tuhan dengan ketulusan. Semangat itu diwarisi juga oleh Timotius.

Timotius senantiasa dibimbing oleh Paulus agar kehidupan dan pelayanannya berkenan kepada Tuhan. Paulus menyadari bahwa sebagai orang muda, kadan kala semangat yang dipunya belum berimbang dengan kebijaksanaan. Orang Jawa bilang orang muda cenderung ‘grasa grusu’ karena ingin cepat dan praktis. Sifat yang demikian membuka peluang bagi orang lain untuk ‘merendahkan’ orang muda. Namun Paulus justru ‘mbombong’ (membesarkan hati) Timotius dengan mengatakan: “jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. …” (ay.12).

PERSIAPAN CERITA:
Pamong dapat menyiapkan kertas (berisi TTS) dan spidol.

CONTOH CERITA (untuk Anak-Anak):
Selamat pagi adik-adik yang dikasihi Tuhan,
Mari kita menyanyi lagu Kawanku ini hari Minggu. Nah, hari ini siapa yang ‘aras-arasen’ ke gereja? (memberi waktu kepada anak untuk menjawab. Jika ada yang menjawab iya, bisa ditanya mengapa, kalau tidak beri paresiasi atas semangat anak).

Certa hari ini tentang Timotius. Siapa sih dia? Ada yang tau? (memberi waktu anak menjawab). Timotius adalah anak rohani (murid) rasul Paulus. Timotius adalah anak muda yang rajin, dan setia melayani Tuhan. Siapa di sini yang rajin ke gereja? (memberi waktu kepada anak untuk menjawab) kalau adik-adik ini, bisa rajin dan jadi anak yang baik karena diri sendiri atau ada orang lain yang mengajari?

Nah, begitu juga Timotius, selain diajari oleh rasul Paulus, dia sejak kecil dirawat oleh orang-orang hebat, yaitu ibunya yang bernama Eunike, dan neneknya yang bernama Lois. Siapa? (anak diminta untuk mengulang nama ibu dan nenek Timotius). Berkat mereka Tmotius tumbuh menjadi pelayan Tuhan yang baik. Meski begitu, rasul Paulus tetap mengingatkan agar Timotius menjaga diri dengan tekun beribadah. Paulus juga menasihati agar Timotius dapat menjadi teladan dalam berbagai hal baik (ayat 12 dibaca ulang). Dengan melakukan nasihat-nasihat itu maka Timotius dapat bertumbuh semakin baik, dan menjadi pelayan Tuhan yang setia. Nah, itu cerita tentang Timotius, pelayan Tuhan yang setia. Kalau adik-adik, mau tidak menjadi pekerja Kristus yang setia? (anak diajak untuk menyanyi lagu tema: Pekerja Kristus)

Pekerja Kristus
Telah lama ku cari-cari langkah hidup yang lebh pasti
Hidup penuh kemenangan setiap hari
Suatu saat Yesus panggilku menjadi pekerja,
melayani jadi saksi bagi Dia
bukan sembarang pekerja, ya…ya…ya…
Yesusku luar biasa, ya…ya…ya…
Dia Raja sgala raja, ya…ya…ya…
Memanggilku menuai ladangNya.
Hany anugrah semata, ya…ya…ya….
Aku dipakai oleh-Nya, ya….ya…ya…
Sungguh amat istimewa menjadi, pekerja Kristus yang mulia

AKTIVITAS : Anak diajak untuk mengisi TTS

Pertanyaan:

Mendatar :
1. Jadilah …………. bagi orang percaya (ayat 12)
2. Nama ayah rohani Timotius
3. Yang dilakukan orang percaya setiap hari minggu
4. Paulus dan Timotius adalah … Tuhan

Menurun :
1. Nama ibu Timotius
2. Nama anak rohani Paulus
3. Jadilah teladan dalam…
4. Pelayanan harus dilakukan dengan …

Jawaban TTS:

Mendatar
1. Teladan
2. Paulus
3. Ibadah
4. Pelayan

Menurun
1. Eunike
2. Timotius
3. Kasih
4. setia

 

Bagikan Entri Ini: