Hidupku Dipelihara Tuhanku Tuntunan Ibadah Anak Pratama 29 April 2018

Bacaan : Kejadian 21:8-21
Tahun Gerejawi : Paskah 5
Tema : Tuhan Memelihara
Tujuan :

  1. Anak dapat menceritakan kembali pemeliharan Allah kepada Hagar dan Ismael.
  2. Anak dapat menyebutkan contoh pemeliharaan Tuhan dalam hidupnya.

Lagu Tema : KJ 283 “Gembalaku Tuhan”

PENJELASAN TEKS (Untuk Pamong)

Allah bertindak sebagai penengah antara Sara yang ingin mengusir Hagar dan Ismael di satu sisi, dengan Abraham yang tetap menyayangi Ismael, karena bagaimana pun Ismael adalah anak kandungnya (11). Allah menghibur Abraham dengan membantu dia berfokus pada jangka panjang, yaitu pada terpenuhinya janji Allah melalui Ishak, tetapi Allah juga tetap akan menjaga kehidupan Ismael sesuai janji yang telah Dia buat sebelum Abraham dan Sara mengikuti rencana mereka sendiri.

Kekuatan Abraham sebagai seorang ayah sangatlah terbatas. Ia tidak bisa selamanya menjadi ayah bagi Ismael. Ketika Hagar dan Ismael dikirimnya pergi, ia bahkan hanya bisa membekali mereka dengan bekal yang sangat terbatas (14), tetapi pemeliharaan Allah tak mengenal batas. Allah memelihara hidup Ismael, dalam pemenuhan janji-Nya kepada Abraham. Bukan cuma dengan pemeliharaan sesaat pada saat mereka kehabisan air di padang gurun, tetapi hingga ia menjadi pria dewasa, bisa menafkahi dirinya sendiri serta berkeluarga.

Melalui perikop ini kita melihat karakter Allah yang setia dan konsisten, tidak terbatasi oleh harapan dan kemauan manusia. Ia juga adalah Allah yang peduli dan memelihara umat-Nya. Bahkan di tengah keterbatasan dan kebandelan manusia, Allah tetap teguh dengan janji dan rencana-Nya. Kepada Allah yang demikianlah kita beriman. Dan sebagai umat-Nya, kisah ini diberikan sebagai sebuah teladan untuk diikuti dan dijalani di hadapan-Nya.

 

PERSIAPAN CERITA

Dalam pengajaran minggu ini, pamong menyampaikan materi dengan metode roleplay yang di perankan oleh para pamong tetapi secara pantomim (tanpa bersuara) mengandalkan gerakan demi gerakan.

 

CONTOH CERITA (untuk Anak-Anak)

Naskah drama diambil dari teks cerita Hagar dan Ismael. Ada yang menjadi Sara, Hagar, Ismael, Abraham, Malaikat dan Tuhan Allah namun dengan pantomim setelah itu dijelaskan oleh pamong cerita tersebut dan membawa anak pada pengaplikasian cerita.

Jelaskan kepada anak-anak:

Nah, adek-adek itu tadi cerita tentang pemeliharaan Tuhan yang diberikan kepada Hagar dan Ismael. Sekalipun Hagar sudah diusir oleh Abraham, pasti mereka merasakan kesedihan tetapi sekalipun mereka diusir dan mengalami kesengsaraan Tuhan tidak meninggalkan mereka.

Ditengah-tengah perjalanan mereka, air yang dikirbat itu habis disanalah pemeliharaan Tuhan nyata atas mereka. Tuhan mendengar keluh kesah Hagar dan mendengar tangisan Ismael sehingga Tuhan Allah membuka mata Hagar dan ia melihat ada sumur. Betapa bahagianya Hagar dan Ismael. Tidak berhenti disitu, Tuhan Allah terus menyertai mereka dan memberikan pemeliharaan atas kehidupan Ismael hingga dia besar dan menjadi seorang pemanah.

Lagu Tema : KJ 283 “Tuhan Itulah Gembalaku”

 

AKTIVITAS :

Ajak anak untuk mengisi Tabel dibawah ini. Mengajak anak-anak untuk menyebutkan apa saja pemeliharaan Tuhan yang sudah mereka rasakan dan bagi anak-anak yang sudah selesai mengerjakan dipersilahkan membacakannya di depan teman-teman lainnya, setelah itu Pamong menghadiahi mereka dengan coklat.

No. Pemeliharaan Tuhan Dalam Hidupku
 

Bagikan Entri Ini: