Dia Bangkit, Bersoraklah! Tuntunan Ibadah Paskah 2018 Anak Pratama

Bacaan: Markus 16 : 1-8
Tahun Gerejawi: Paskah

Tema: Paskah
Tujuan: Anak dapat menceritakan kembali kisah kebangkitan TuhanYesus.
Lagu Tema: Kidung Anak-Anak 193 “Yesus Telah Bangkit!”

PENJELASAN TEKS (Untuk Pamong):

Dia sudah bangkit. Bersoraklah!

Entah berapa kali kita telah merayakan paskah. Namun pertanyaan bagi kita; apakah perayaan itu hanya sekedar rutinitas saja atau hanya merupakan sebuah kebiasaan yang telah diwariskan kepada kita? Melalui pembacaan Firman Tuhan hari ini, anak-anak akan belajar arti kebangkitan Yesus dan maknanya bagi mereka.

Kebangkitan Tuhan Yesus merupakan “Kabar Baik” bagi setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus. Peristiwa Paskah yang kita rayakan pada hari ini tentunya akan memberi semangat bagi semua umat kristiani untuk bersaksi dan memberitakan firman Tuhan seperti wanita dalam cerita diatas. Setelah mengetahui bahwa Yesus telah bangkit dari kematianNya ada suka cita yang luar biasa, damai sejahtera yang menguasai hati dan pikiran mereka serta membuat mereka segera menyaksikan apa yang telah mereka lihat tersebut bahwa Yesus kristus yang telah bangkit dari antara orang mati. Oleh sebab itu, sebagai anak-anak Tuhan Yesus mereka patut mengabarkan Kabar Baik ini supaya semua orang semakin percaya bahwa Tuhan Yesus sudah bangkit melalui perbuatan, perkataan dan ucapan kita yang baik dan tidak melakukan dosa lagi.

PERSIAPAN CERITA:
Dalam cerita kali ini akan menggunakan gambar-gambar Pahlawan Indonesia. Pamong mengawali pengajaran dengan bertanya kepada anak-anak tentang siapa sajakah Pahlawan Indonesia yang mereka ketahui. Setelah mereka menyebutkan nama-nama Pahlawan Indonesia yang mereka ketahui, pamong menunjukkan gambar-gambar Pahlawan Indonesia yang sudah dipersiapkan (Pangeran Diponegoro, Cut Nya’ Dien, Bung Tomo dll). Pamong juga dapat menanyakan kepada anak-anak tentang siapakah Super Hero yang mereka sukai. Setelah itu pamong juga dapat menunjukkan gambar-gambar Super Hero yang sudah dipersiapkan (Ironman, Batman, Sailormoon, Naruto dll).

  1. Print out gambar Pahlawan Indonesia yang berwarna
  2. Print out gambar Super Hero yang berwarna

CONTOH CERITA (untuk Anak-Anak)
Selamat pagii .. (biarkan anak-anak menjawab)
Wah, sudah ganteng-ganteng dan cantik-cantik semua nih. Sudah gosok gigi belum? Nah, bagi yang sudah gosok gigi Kakak (sesuai panggilan biasanya) boleh minta senyumnya yang paling manis nggak? (Biarkan anak-anak saling tersenyum).

Adek-adek tau nggak hari ini hari apa? Hari ini adalah hari Paskah! What? Paskah? Apa sih hari Paskah itu? Hari ini kita semua mau belajar dan mengerti tentang hari Paskah. Penasaran kaaan?
Nah, kakak boleh tanyak nggak? Siapa yang tau nama-nama Pahlawan Indonesia? (Biarkan anak-anak menyebutkannya) dan pamong mengapresiasi jawaban mereka.

Contoh :
Wah, benar sekali. Ayo ada lagi? Wah hebat!
Lalu, siapakah Super Hero yang kalian sukai? (Biarkan anak-anak menyebutkan jawaban mereka).

Kalian pinter-pinter yaa. Semua Pahlawan Indonesia yang disebutkan tadi benar semua dan Super Hero yang disebutkan tadi juga sering kita lihat di TV ya. Nah mereka semua itu sama-sama melakukan hal yang sama yaitu menumpas kejahatan, menumpas penjajah dan berjuang untuk orang-orang supaya tidak tertindas dan supaya selamat tetapi sayangnya mereka semua juga pada akhirnya meninggal karena sudah berjuang dan berkorban untuk orang banyak. Ada yang meninggal saat perang, ada yang meninggal karena sakit dan ada juga yang meninggal karena sudah tua. Pahlawan kita itu juga sama-sama manusia seperti kita yang juga tidak dapat menyelamatkan dirinya sendiri, kalau sudah meninggal tentunya tidak dapat bangkit atau hidup lagi.

Adek-adek tau nggak kalau kita punya Pahlawan dan Super Hero yang tidak bisa dikalahkan oleh apapun dan siapapun? Dia adalah Tuhan Yesus Kristus yang menjadi Pahlawan kita, rela mati berkorban untuk kita semua supaya kita semua selamat dari dosa-dosa kita. Wah, semua orang ini ternyata berdosa looh. Tetapi kita punya Tuhan Yesus yang rela mati, berkorban dan menyelamatkan kita supaya tidak mati karena dosa- dosa kita.

Nah, oleh karena Tuhan Yesus sudah mati bukan berarti Tuhan Yesus tidak dapat hidup lagi tetapi Tuhan Yesus bangkit dari antara orang mati dan naik ke Surga untuk menyiapkan tempat buat kita semua yang dosa-dosanya sudah ditebus oleh Tuhan Yesus. Oleh sebab itu, kabar Kebangkitan Tuhan Yesus ini perlu kita beritahukan kepada semua orang supaya semua orang juga merasakan kebahagiaan dan suka cita ini dan yang terpenting kita semua tidak melakukan dosa lagi karena Tuhan Yesus telah menebus dosa kita semua. Okeeeey!

Pamong mengakhiri dengan mengajak anak-anak melakukan yel-yel :
Yesus sudah bangkit, haleluyaaaa!
Yesus sudah bangkit, haleluya, haleluya!
Yesus sudah bangkit, haleluya, haleluya, haleluya!
Dan diakhiri dengan tepuk tangan yang panjang …

AKTIVITAS :
Ajak anak-anak untuk membuat pembatas Alkitab berbentuk salib yang terbuat dari kertas karton :
Pamong menyiapkan :

  1. Kertas karton berwarna putih yang sudah berpola salib supaya anak-anak tinggal memotongnya
  2. Gunting dan lem
  3. Pelubang kertas
  4. Pita/benang
  5. Potongan kertas lipat warna-warni yang sudah dipotong kecil-kecil
  6. Telur rebus

Anak-anak diminta untuk menggunting kertas yang sudah disiapkan. Setelah itu pamong melubangi bagian atas salib dan diberi hiasan pita. Berikan mereka kertas lipat yang sudah dipotong supaya mereka berkreasi sendiri setelah itu mintalah mereka meletakkan salib tersebut di dalam Alkitab mereka. Bagi yang sudah selesai membuat pembatas Alkitabnya, pamong dapat memberikan 1 telur rebus untuk dibawa pulang oleh mereka dan telur tersebut sudah di tempelkan kertas dengan kalimat “Yesusku Sudah Bangkit!”


Gambar: https://sweetpublishing.com/

 

Bagikan Entri Ini: