Aku yang Kecilpun Diutus Tuhan Tuntunan Ibadah Anak Madya 17 Juni 2018

Bacaan : Hakim-Hakim 3: 7-11
Tahun Gerejawi : Bulan Keluarga
Tema : Tokoh Rekan Kerja Allah
Tujuan :

  1. Anak dapat menceritakan tokoh Otniel sebagai penyelamat yang ditunjuk oleh Tuhan.
  2. Anak dapat menegaskan bahwa dirinya dipakai oleh Tuhan untuk menyatakan kebaikan pada orang lain.

Lagu Tema : KJ 357: 2,4 “Dengar Panggilan Tuhan”

PENJELASAN TEKS: (Untuk Pamong)

Otniel

Otniel

Otniel tidak tercatat panjang di dalam kisah Alkitab. Tetapi justru peran Otniel sangat besar di awal kehidupan Bangsa Israel setelah memasuki Tanah Kanaan. Setelah sampai di tanah perjanjian yaitu Kanaan, bukan berarti persoalan selesai. Memang Bangsa Israel telah sampai ke tanah Kanaan dan mampu mengalahkan suku-suku asli Isarel. Hanya saja mereka berbalik tidak setia kepada Tuhan sepeninggal Yosua dan sepeninggal para pendahulu yang berjuang bersama dengan Tuhan hingga sampai ke tanah Kanaan (Hakim-Hakim 2: 8-13).

Tuhan Allah sejak awal telah mengikat perjanjian dengan para pendahulu mereka bahwa Tuhan tidak akan membatalkan perjanjian kasih setiaNya untuk selama-lamanya terhadap bangsa Isarel. Hanya saja Tuhan juga meminta supaya Bangsa Israel tetap setia dan beribadah hanya kepada Tuhan. Karena pergaulan dan pengaruh dari penduduk asli Kanaan yang begitu kuat, Bangsa Israel tidak lagi menyembah Tuhan dan mengingat nasehat para leluhurnya. Mereka menyembah allah lain diantara bangsa-bangsa di sekeliling mereka. Diantaranya mereka menyembah Baal dan Asyera, yaitu dewa dewi kesuburan bagi rakyat Kanaan.

Apa yang dilakukan oleh Bangsa Israel melukai hati Tuhan (Hakim-Hakim 2: 12). Sehingga bangkitlah murka Tuhan terhadap Bangsa Israel. Sehingga Tuhan menyerahkan Bangsa Israel untuk ditaklukkan raja Aram-Mesopotamia yang sedang melebarkan kekuasaannya. Rupanya keadaan terjajah inilah yang kembali mengingatkan mereka kepada Tuhan sang sumber penyelamat. Mereka kemudian berseru memohon pertolongan Tuhan.

Tuhan Allah tidak dapat mengingkhari dirinya yang adalah Tuhan yang setia. Tuhan mengutus Otniel sebagai hakim pertama bagi Bangsa Israel. Otniel berasal dari Suku Yehuda, kerabat Kaleb. Kaleb salah satu pengintai yang diutus oleh Yosua untuk mengintai keadaan tanah Kanaan. Artinya, Otniel terpilih memimpin Bangsa Israel sebagai hakim juga dengan penuh pertimbangan.

Tugas hakim pada waktu itu adalah menjadi pemimpin yang bijak dan tangguh dalam :

  1. Menolong Bangsa Israel untuk menyelesaikan hal yang berkaitan dengan peradialan, sengketa dan hal-hal yang membutuhkan pertimbangan-pertimbangan.
  2. Memimpin militer Israel. Baik penyusun strategi dan juga maju memimpin peperangan mengalahkan musuh.

 

PERSIAPAN CERITA :

Persiapkan gambar untuk didiskusikan :

  1. Gambar kerusakan alam.
  2. Gambar teman yang memiliki sepatu yang sudah rusak.

 

CONTOH CERITA (Untuk Anak-anak)

Teman-teman yang dikasihi Tuhan,

Senang rasanya pada pagi ini kita bisa bertemu kembali dalam keadaan suka cita. Senang bisa bertemu dengan …….. (sebutkan nama satu-satu anak jika memungkinkan). Wah….. nama yang bagus-bagus ya…. Adakah diantara kaliyan yang memiliki nama seperti dalam tokoh Alkitab? Wah ternyata ada ya……. (Jika tidak ada pamong bisa menyebutkan nama-nama dalam Akitab). Nah hari ini kita akan belajar dari satu tokoh Akitab bernama Otniel. Siapa diantara kalian yang bernama Otniel? Atau adakah yang tahu siapakah tokoh Otniel itu?

Teman-teman yang dikasihi Tuhan,

Mari kita mengenal lebih dekat dengan sosok Otniel ini. Untuk mengenal lebih dekat kita perlu mengingat perjalanan kehidupan Bangsa Israel. Bangsa Israel adalah Bangsa keturunan Bapa Abraham, Ishak dan Yakub yang menerima kasih karunia Tuhan Allah. Sekian lama bangsa Israel menderita di bawah penindasan Bangsa Mesir. Jeritan mereka didengar oleh Tuhan. Bangsa Israel terbebas dari penindasan Bangsa Mesir di bawah kepemimpinan Nabi Musa dan dilanjutkan oleh Yosua sampai memasuki tanah perjanjian Kanaan.

Teman-teman yang dikasihi Tuhan,

Setelah memasuki Tanah Kanaan bukan berarti masalah selesai, mereka hidup dengan damai. Ternyata tidak! Keberadaan masyarakat sekitar yang menyembah dewa-dewa sangat mempengaruhi iman percaya orang-orang Israel. Setelah Yosua dan para pendahulu sudah tiada, mereka menyembah dewa-dewa seperti, Baal dan Asyera (dewa-dewi kesuburan).

Teman-teman yang dikasihi Tuhan,

Bagaimana rasanya dikhianati atau dibohongi? Pasti sakit ya…. Demikian juga dengan Tuhan. Tuhan sangat mengasihi Bangsa Israel, akan tetapi justru Bangsa Israel berbakti dan menyembah allah lain. Kalau kata penyanyi itu, “sakitnya tuh disini”. Tuhan pasti sakit hati. Dan karenanya Tuhan menyerahkan bangsa Israel dikuasai oleh orang Aram-Mesopotamia, dibawah kepemimpinan Raja Kusyan-Risyataim. Dalam kesengsaraan dan penindasan, mereka berseru-seru kepada Tuhan. Dan karena belas kasih Tuhan, mereka dibebaskan. Tuhan mengutus Otniel.

Teman-teman yang dikasihi Tuhan,

Siapakah Otniel itu? Otniel berasal dari Suku Yehuda, kerabat Kaleb. Kaleb adalah salah satu pengintai yang diutus oleh Yosua untuk mengintai keadaan tanah Kanaan. Artinya, Otniel terpilih memimpin Bangsa Israel sebagai hakim juga dengan penuh pertimbangan. Pada akhirnya, Tuhan mengutus Otniel sebagai hakim pertama bagi Bangsa Israel.

Teman-teman yang dikasihi Tuhan,

Apa sebenarnya tugas hakim Israel? Tugas hakim adalah menjadi pemimpin yang bijak dan tangguh dalam :

  1. Menolong Bangsa Israel untuk menyelesaikan hal yang berkaitan dengan peradialan, sengketa dan hal-hal yang membutuhkan pertimbangan-pertimbangan.
  2. Memimpin militer Israel. Baik penyusun strategi dan juga maju memimpin peperangan mengalahkan musuh.

Ternyata tugas hakim sangatlah berat. Otniel melakukan semuanya dengan kekuatan Roh Tuhan, sehingga Bangsa Israel kembali menemukan kedamaian. Selama empat puluh tahun mereka hidup setia kepada Tuhan dan menerima kemurahan dan kasih Tuhan.

Teman-teman yang dikasihi Tuhan,

Kita adalah Otniel-Otniel yang dipakai Tuhan saat ini. Ada banyak orang yang membutuhkan bantuan, ada banyak situasi/ keadaan yang perlu dipulihkan/diperbaiki. Menyatakan kebaikan bukan hanya tugas orang dewasa. Atau menanti saat kita sudah dewasa. Tidak! Teman-teman semuapun bisa menyatakan kebaikan kepada orang lain? Teman-teman juga bisa mengubah keadaan yang buruk menjadi baik. Oleh karena itu, jika Tuhan memberikan tugas untuk melakukan kebaikan, mari kita lakukan dengan penuh suka cita. Sehingga ada banyak orang dan situasi akan menjadi lebih baik.

Lagu Tema : KJ 357:2,4 “Dengar Panggilan Tuhan”

AKTIVITAS :

  1. Tunjukkan gambar satu persatu :
    1. Gambar kerusakan alam.
    2. Gambar teman yang memiliki sepatu yang sudah rusak.
  2. Ajak anak-anak berdiskusi. Dihadapan anak-anak ada persoalan yang sedang Sebagai utusan Tuhan lalu apa yang akan anak-anak lakukan melihat kondisi semacam ini? (harapannya anak-anak bisa berbuat sesuatu!)

Gambar: Wikimedia

 

Bagikan Entri Ini: