Surat Penggembalaan GKJW Tentang Virus Corona

Salam damai di dalam Kristus,

Bapak, Ibu, dan Saudara yang terkasih,

Beberapa bulan ini banyak negara dikhawatirkan dengan fenomena tersebarnya Covid-19 atau yang biasa disebut dengan istilah “Virus Corona”. Kasus penyebaran Covid-19 ini bermula pada akhir 2019; dari sebuah jenis penyakit pneumonia dengan etiologi yang tidak jelas di Wuhan, China, hingga akhirnya menjadi masalah kesehatan dunia.

Pada Senin, 2 Maret 2020, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan tentang penyebaran perdana Covid-19 di Indonesia, terhadap 2 orang warga negara Indonesia. Saat ini sudah ada 66 negara yang terdampak terhadap kasus virus ini.

Menyikapi kenyataan ini, PHMA GKJW menghimbau kepada seluruh warga jemaat di GKJW untuk tidak panik atau memberikan reaksi yang berlebihan, namun senantiasa tenang dan berdoa, serta melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya.

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan berkenaan dengan Covid-19 ini, adalah:

  1. Organisasi Kesehatan Dunia di bawah PBB, World Health Organization (WHO), telah meminta Presiden Joko Widodo untuk mengumumkan Darurat Nasional Virus Corona.
  2. Pemerintah Indonesia sangat serius dalam menangani penyebaran Covid-19. TNI dan Polri dikerahkan untuk menjaga 135 pintu masuk ke Indonesia, baik darat, laut, maupun udara. Semuanya dijaga ketat dengan menggunakan thermal scanner, meski keakuratannya tidak bisa dijamin 100%. Lebih dari 100 Rumah Sakit di Indonesia juga disiapkan dengan isolasi terhadap Covid-19 dengan standar isolasi yang baik, di samping peralatan medis yang sesuai dengan standar internasional. Sejumlah anggaran negara juga diprioritaskan untuk menangani kasus ini.
  3. Menurut laporan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Jawa Timur, bahwa ada 10 kasus gejala virus corona yang terjadi di Jawa Timur, namun seluruhnya sudah diperiksa dan hasilnya negatif. Kepala Dinas Kesehatan Jatim menegaskan bahwa sampai awal Bulan Maret ini belum ada satupun masyarakat Jawa Timur yang positif terjangkit COVID-19, meski Jatim mengirimkan sejumlah spesimen. Namun kita belum mengetahui pasti kondisi sampai hari ini.
  4. Fenomena penyebaran Covid-19 ini menjadi pokok bahasan dalam Sidang Majelis Daerah se-GKJW yang ke-1 tahun 2020 ini. Diharapkan seluruh Daerah dan Jemaat se-GKJW memperhatikan dan menyikapi fenomena ini dengan seksama dan bijak. Selain itu, diharapkan warga GKJW juga mencermati ulasan Ketua Pengurus Yayasan Kesehatan GKJW yang ditayangkan dalam website GKJW.
  5. Warga GKJW tidak perlu panik dan jangan mudah terhasut dengan berita hoax yang tersebar di media.
  6. Pencegahan lebih baik daripada mengobati, sehingga langkah lebih baik jika gereja mendukung program pemerintah dengan menerapkan pola hidup sehat, di antaranya:
    1. Selalu menjaga kebersihan lingkungan di tempat tinggal, tempat ibadah dan tempat kerja.
    2. Menggunakan masker saat batuk, atau menutup mulut dan hidung dengan lengan atas bagian dalam.
    3. Menghindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit dengan gejala seperti demam, flu, batuk
      kering dan sesak nafas.
    4. Makan makanan dan minum minuman yang dimasak sempurna.
    5. Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah beraktifitas baik di dalam dan di luar rumah.
    6. Bila demam, batuk atau kesulitan bernapas segera menghubungi dokter atau fasilitas kesehatan.
      Seluruh Jemaat dihimbau untuk selalu rajin mengingatkan warganya terhadap pola hidup sehat dan mendukung segala bentuk program kesehatan lingkungan melalui Badan-Badan Pembantu Majelis.
  7. Gereja seyogyanya menyediakan hand sanitizer pada beberapa titik di sekitar tempat ibadah, serta menyediakan pelindung mikrofon sekali pakai (berbentuk foam) yang sewaktu-waktu dapat diganti. Sebaiknya pula aktivitas kontak langsung sesama warga jemaat dalam persekutuan dan pelayanan dapat diupayakan dengan cara yang lebih aman.
Baca Juga:  Mengenal Covid-19 dan Menyikapi Krisis Penyakit yang Ditimbulkannya

Demikian Surat Penggembalaan GKJW tentang Virus Corona ini dibuat. Besar harapan kita bersama agar Tuhan selalu melindungi bangsa dan negara kita tercinta ini. Tuhan memberkati kita.

 

Malang 14 Maret 2020
Pelayan Harian Majelis Agung GKJW

 

Ketua Sekretaris Umum
Pdt. Tjondro F. Gardjito, S.Th Pdt. Dr. Budi Cahyono

 


Surat Gembala ini dapat diunduh disini

 

Bagikan Entri Ini:

  • 159
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •