Tuhan Penolongku

Bacaan : Mazmur 27 : 1 – 6 | Pujian : KJ 4
Nats: “Tuhan adalah terangku dan keselamatanku, Tuhan adalah bintang hidupku.”

Allah membawa umat Israel dari Mesir dan membebaskannya dari ancaman musuh yang mau memusnahkan atau memperhambakan mereka lagi. Maka Miryam, nabiah itu, mengambil rebana dan tampillah semua perempuan mengikutinya, memukul rebana serta menari-nari dan menyanyi bersama memuji syukur kepada Tuhan yang maha tinggi dan luhur yang telah menolong dan membebaskan umat Israel. Inilah nyanyian Mazmur tertua di Israel. Dengan pembebasan yang dikaruniakanNya, Tuhan menggerakkan umatNya untuk menghayati kemerdekaan dengan nyanyian, pujian mazmur dengan segala alat musik yang ada. Pemazmur mencari wajah Tuhan dalam syairnya sebagai wujud syukurnya. Mazmur renungan hari ini menggambarkan mazmur permohonan perlindungan kepada Tuhan, mazmur pengakuan percaya dan mazmur yang mengingatkan keandalan Tuhan. Tuhan adalah terang, keselamatan dan benteng hidupnya.

Pengakuan percaya akan perlindungan Tuhan dari serangan musuh dapat ditunjukkan bahwa pemazmur tidak merasa takut dan musuh tidak berhasil melenyapkannya. Mereka bersyukur atas karuniaNya karena Tuhan telah melindungi bahkan harga dirinya dijaga di hadapan musuhnya, sehingga kemenangan dapat dicapainya. Tuhan menuntun di jalan yang benar agar mereka dapat melaksanakan kehendakNya dan mentaatiNya.

Demikian juga dalam kehidupan dunia ini: makin kita berlindung kepada Tuhan Yesus Kristus makin kepala kita tegak di depan musuh, sekalipun kita difitnah atau diremehkan kita akan tetap dikuatkan dan mendapat kemenangan. Tuhan Yesus adalah terang, keselamatan dan benteng di dalam hidup kita yang akan memberi pengharapan dalam kehidupan masa depan yang damai, sejahtera dan kekal. Marilah kita dengan sepenuh hati menyerahkan diri kita kepada pertolongan Tuhan dengan kesadaran bahwa hanya dengan kuasaNya kita bisa hidup aman, kuat, teguh, tanpa takut dan khawatir dalam situasi apapun. [Sri]

Dengan iman kita akan melihat kemurahan Tuhan dalam karunia kemenangan dan keselamatan abadi.

 

Bagikan Entri Ini: