Selalu Belajar Rendah Hati Pancaran Air Hidup 26 Agustus 2022

Bacaan: Amsal 18 : 6 – 12 | Pujian: KJ. 406
Nats:
“Tinggi hati mendahului kehancuran, tetapi kerendahan hati mendahului kehormatan.” (Ayat 12).

Banyak orang yang mengejar kekayaan, kekuasaan, serta kepuasan melalui berbagai usaha dalam hidupnya. Status sosial yang tinggi, pendidikan yang tinggi merupakan hasil dari mengejar hal-hal tersebut. Sehingga banyak orang tanpa sadar menjadi sombong setelah memperoleh kekayaan, kekuasaan, pendidikan yang tinggi serta status sosial yang tinggi pula. Siapa yang tidak akan bangga jika telah mampu memperoleh semua itu dan berada dalam posisi tersebut?

Amsal mengingatkan kita semua bahwa “tinggi hati mendahului kehancuran, tetapi kerendahan hati mendahului kehormatan” (Ay. 12). Banyak orang tidak ingin tinggi hati, namun ketika dia pada posisi mendapatkan segalanya, kekuasaan, kekayaan, kepandaian, status sosial yang tinggi, seringkali membuat dia jatuh pada kesombongan dan tinggi hati, bahkan seringkali tidak sadar jika dia sudah menjadi sombong dan tinggi hati. Akan lebih berbahaya lagi jika sudah dilengkapi dengan sikap bebal, bibirnya menimbulkan perbantahan, penuh fitnah dan sebagainya (Ay. 6-8).

Kita sebagai orang Kristen juga bisa mengalami tinggi hati dan kesombongan. “Kalau tidak saya tolong, dia pasti akan mati”, ”Kalau tidak ada saya, bangunan gereja ini tidak akan bisa berdiri” dsb. Perbuatan baik yang kita lakukan harusnya menimbulkan kebaikan dalam hidup kita, tetapi menjadi kehancuran karena kesombongan dan tinggi hati kita. Maka kita semua harus berhati-hati dalam hidup ini. Mari kita belajar rendah hati agar kita tidak jatuh pada kesombongan. Apalagi kalau tindakan kita itu tanpa sadar menimbulkan kesombongan, kita akan rugi dan hanya akan mendapatkan kehancuran saja. Amsal mengajarkan kita bahwa kerendahan hati akan mendahului kehormatan. Meski tidak kita minta dan kita tunjuk-tunjukkan, perbuatan-perbuatan baik kita pasti Tuhan lihat, dan manusia yang lainpun akan merespon dengan memberi penghormatan. Amin. [SYN].

“Kehormatan akan dirasakan jika ada sikap kerendahan hati bukan kesombongan”

 

Bagikan Entri Ini: