Asuransi Renungan Harian 10 Februari 2019

Bacaan : Lukas 5 : 1 – 11 | Pujian : KJ 364 : 1, 2
Nats : Kata Yesus kepada Simon: “Jangan takut, mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia.” [ayat 10b]

Setiap manusia pasti ingin memperoleh perlindungan (jaminan) dalam hidupnya. Dengan memiliki jaminan hidup, maka seseorang akan merasa lebih aman dan tenang melakukan berbagai macam kegiatannya. Oleh sebab itu, mendaftarkan diri menjadi pengguna jasa asuransi merupakan hal yang wajar dilakukan saat ini. Dengan memiliki asuransi, hidup menjadi terasa lebih terjamin dan aman.

Bacaan kali ini, bercerita tentang kisah Yesus memanggil Simon. Simon adalah seorang nelayan dan sebagai seorang nelayan, laut adalah satu- satunya jaminan dan sandaran kehidupannya. Oleh sebab itu, ketika Yesus memanggil Simon untuk mengikutiNya (sebagai penjala manusia), berarti Yesus pun meminta Simon untuk meninggalkan jaminan kehidupannya yang utama tersebut. Simon diajak memasuki “dunia” yang baru. Dunia yang penuh dengan ketidakpastian.

Tentu saja melepaskan jaminan hidup merupakan perkara yang sangat sulit. Namun Simon tetap memilih mengikuti Yesus. Ia rela harus meninggalkan kenyamanan dan keamanannya. Simon percaya bahwa Yesus memiliki rencana yang besar atas hidupnya, sehingga ia menanggapi panggilan Yesus dengan penuh penyerahan. Baginya, Yesus adalah asuransi hidupnya yang terutama dan terbesar, tidak ada yang lain.

Dalam kehidupan, kekuatiran-kekuatiran hidup seringkali membuat manusia tidak dapat bersikap tenang. Berbagai macam cara diupayakan untuk mereda kekuatiran-kekuatiran tersebut. Tidak hanya melalui hal-hal yang berkenan di hadapan Tuhan, terkadang juga melalui hal-hal yang bertentangan dengan kehendak Tuhan.

Oleh sebab itu, jangan kuatir dan jangan taku. Yesus pasti akan menjamin kita. Ia adalah asuransi kehidupan kita. Marilah kita senantiasa setia mengikuti dan melakukan perintahNya, sambil tetap percaya bahwa kasih pemeliharaanNya nyata bagi orang-orang yang berserah kepadaNya.[7us]

“Yesus adalah asuransi kehidupan bagi orang-orang yang berserah kepadaNya”

 

Bagikan Entri Ini: