Usaha Konservasi Alam GKJW Jemaat Wonorejo, Malang

Puluhan warga GKJW jemaat Wonorejo, Bantur, Malang bersama-sama menanam 200 pohon Bambu Petung (Dendrocalamus asper) pada tanggal 27 Februari 2021 lalu. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud jawaban warga jemaat dalam memenuhi panggilan imannya di bidang ekologi.

Pohon-pohon Bambu Petung tersebut ditanam di daerah Rampalan, yang merupakan area pertanian warga. Bambu Petung dipilih karena dapat menjadi tanaman penyangga yang efektif mencegah longsor dan banjir jika ditanam di sepanjang aliran sungai. Selain itu, tanaman itu juga ini termasuk tanaman konservasi yang mampu menjaga eksosistem air.

Selama ini, warga Wonorejo harus menggunakan pipa untuk menyalurkan air dari Sumber Kedungdarmo ke lahan pertanian mereka. Usaha tersebut kerap terganggu karena pipa yang digunakan sering rusak akibat jauhnya jarak harus ditempuh. Untuk itu perlu diipayakan penyediaan air di lingkup kawasan Rampalan sendiri.

Usaha penanaman bambu tersebut merupakan kelanjutan pertemuan GKJW dengan Muhammad Nuruddin (Gus Din), salah satu tenaga ahli penasehat Kementerian Desa, Pembanguan Desa Tertinggal, dan Transmigrasi pada tanggal 10 Februari 2021 lalu di Wonorejo. Pada pertemuan itu, Gus Din mengatakan bahwa tujuan politik tertinggi adalah memulihkan alam sebab ekosistem yang baik akan memberi rahmat dan manfaat sebesar-besarnya bagi manusia dan dunia.

Ditambahkan Gus Din pula, pemerintah saat ini sedang membangun kesadaran global melalui 17 pencapaian pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals). Beberapa diantaranya ialah pengurangan kemiskinan, kelaparan dan lingkungan hidup sehat.

Uraian Gus Din ini disambut positif oleh warga GKJW Jemaat Wonorejo. Warga gereja memang dipanggil untuk terlibat dalam upaya memulihkan relasi antara alam dan manusia sebagai wujud panggilan iman kepada Sang Pencipta. Ekoteologi GKJW, “Ngrembaka” menyatakan bahwa warga GKJW harus terlibat aktif bersama berbagai elemen masyarakat untuk mewujudkan keseimbangan ekologis, keadilan sosial, pembangunan berkelanjutan, dan kesejahteraan manusia.

Kegiatan warga GKJW Jemaat Wonorejo ini diharapkan dapat menginsipirasi jemaat-jemaat GKJW lain untuk juga terlibat memulihkan keutuhan ciptaan dalam kerja sama dengan berbagai mitra GKJW di sekitar mereka. Salam lestari! Salam ngrembaka!

 

Bagikan Entri Ini:

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •