Kunjungan IDWM Bielefeld University- UEM ke GKJW

18 March 2024

Greja Kristen Jawi Wetan mendapat kunjungan dari IDWM Bielefeld University- UEM pada hari Sabtu, 16 Maret 2024.

Adapun utusan yang datang berkunjung adalah Pdr. Godwin Ampony selaku kepala Tim dari program Diakonia Internasional UEM, Prof. Dr. theol. Christian Oelschlagel selaku Professor dari Studi Diacona dengan fokus pada bidang teologi sistematik/etik sekaligus Wakil Direktur Institut IDWM, dan Prof. Dr. Dennis Solon selaku Profesor Tamu untuk Teologi Biblika sekaligus sebagai co-worker IDWM di bagian Selatan-Utara UEM.

Untuk diketahui bahwa IDWM merupakan kepanjangan dari Institut für Diakoniewissenschaft und Diakonie Management Bielefeld University atau yang dapat diterjemahkan bebas sebagai Institut Ilmu dan Manajemen Diakonia Universitas Bielefeld di Jerman yang diselenggarakan dan dikelola oleh United Evangelical Mission (UEM).

Agenda utama dari kunjungan tersebut adalah dalam rangka ingin mengenal secara lebih mendalam keberadaan Greja Kristen Jawi Wetan dan melakukan penjajakan peluang kerjasama dalam penyelenggaraan program internasional magister manajemen diakonia.

Mengingat agenda utama dari kunjungan tersebut berkaitan dengan bidang pelayanan diakonia (pelayanan), maka ketiga tamu tersebut mendapatkan pemaparan atau presentasi singkat mengenai ruang lingkup pelayanan diakonia yang telah dan akan terus dikerjakan oleh GKJW.

Setelah mendapat penjelasan singkat melalui presentasi oleh perwakilan anggota Pelayan Harian Majelis Agung dan beberapa pendeta tugas khusus di kantor Majelis Agung, segenap tamu diajak untuk meninjau ke beberapa lokasi dan mengikuti kegiatan yang menjadi wujud pelayanan diakonia (pelayanan) sekaligus marturia (kesaksian) GKJW.

Pertama, ke lokasi Bank Sampah “Bale Ngrembaka” kantor Majelis Agung. Para tamu mendapat penjelasan mengenai apa saja yang menjadi latar belakang lahirnya Bale Ngrembaka, detail pengelolaan sampah dan manajemennya, serta berkenalan dengan para pengelolanya.

Baca Juga:  Sinergi GKJW - MPKW Jatim untuk YBPK

Kunjungan kedua ke Sekolah KB, TK, dan SD YBPK Ngaglik (Cabang Sukun). Di sana para tamu disambut dengan penuh sukacita oleh Kepala Sekolah dan para guru pengajar. Para tamu tersebut sungguh sangat terkesan dengan sharing berbagai pengalaman yang dialami oleh penyelenggara pendidikan di sekolah tersebut. Rasa haru memenuhi sanubari mereka ketika Kepala Sekolah dan para guru menceritakan berbagai pengalaman ketika mengajar dan apa yang menjadi motivasi mereka tetap bertahan meskipun dengan gaji yang terbilang sangat minim.

Kunjungan ketiga adalah ke Rumah Sakit Ibu dan Anak Mardi Waluyo Kauman (RSIA MARDIKA) yang merupakan salah satu rumah sakit di bawah pengelolaan Yayasan Kesehatan GKJW. Di sana pun para tamu mendapatkan pemaparan materi tentang perjalanan sejarah RSIA Kauman dan berbagai lika-liku yang pernah dihadapi. Suasana penuh haru juga dirasakan oleh para tamu tersebut mendengar jawaban dr. Alphinus Kambodji selaku direktur RSIA Kauman ketika ditanya motivasi mereka tetap mau bertahan di tengah segala keterbatasan yang dialami.

Menutup rangkaian agenda kunjungan, para tamu diajak untuk dapat mengenal kelompok petani kopi yang meupakan gabungan dari tiga wilayah pelayanan (Jemaat Purwosari-Jengger, Jemaat Sumberdem, dan Jemaat Kucur). Para petani kopi tersebut didampingi oleh GKJW melalui Pokja Pemberdayaan Ekonomi Warga dalam program “Patuwen Kopi”.

Renungan Harian

Renungan Harian Anak