Tahun Gerejawi: Bulan Pembangunan GKJW
Tema: Gereja
Judul: Berbeda-beda tapi tetap satu
Bacaan: I Korintus 12 : 12 – 31
Ayat Hafalan: “Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.” (I Korintus 12 : 27)
Lagu Tema: Big or small
Penjelasan Teks (Hanya Untuk Pamong)
Warga Jemaat Korintus mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Baik asal, pendidikan, karunia maupun talenta yang dimiliki. Hal tersebut yang mendasari Paulus untuk memberikan nasihat atau mengingatkan kepada mereka, dengan menggunakan perumpamaan tentang anggota tubuh. Masing-masing anggota tubuh mempunyai nama, tempat dan fungsi yang berbeda-beda namun semuanya itu saling mendukung sebagai sebuah kesatuan (tubuh). Semua karunia dan talenta itu adalah berkat dari Allah. Maka semua patut mensyukuri berkat tersebut sekaligus tidak perlu merasa sombong karena merasa karunia atau talenta yang dimilikinya lebih hebat dari yang lain. Demikian juga sebaliknya, tidak perlu ada yang merasa iri atau berkecil hati jika tidak memiliki karunia seperti yang dimiliki orang lain. Setiap karunia/talenta (menyembuhkan, memimpin, bermukjizat, mengajar, melayani, dsb) harus tetap “hidup” sesuai perannya menurut kehendak Allah, karena masing-masing adalah anggota tubuh Kristus. Masing-masing saling melengkapi dan saling mendukung serta bersama-sama berpelayanan dalam suka dan duka di Jemaat.
Refleksi untuk Pamong
Kadang-kadang menjadi seorang pamong dianggap lebih “rendah” atau tidak sekeren dan sehebat menjadi majelis atau penatua. Apalagi jika dibandingkan dengan anggota PHMJ. Ada juga yang merasa bahwa melayani di ibadah dewasa (umum) itu lebih penting / utama jika dibandingkan dengan melayani di ibadah anak. Maka kadang-kadang, jika sesesorang itu mendapatkan tugas untuk berpelayanan di ibadah umum (misalnya menjadi song leader), dan pada saat yang sama juga mempunyai jadwal untuk melayani di ibadah anak, maka pelayanan di ibadah umum akan lebih diprioritaskan. Pendapat dan sikap semacam itu adalah hal yang keliru.
Maka sebagai pamong kita tidak perlu berkecil hati. Meskipun tugas atau yang kita lakukan berbeda dengan anggota PHMJ, Penatua, Diaken dan Badan Pembantu yang lain tetapi tanggung jawab kita dalam berpelayanan di gereja adalah sama. Kita sama-sama menjalankan tugas dari Tuhan : “ Gembalakanlah domba-domba-Ku”.
Kita juga harus membuktikan bahwa kita anggota tubuh Kristus yang bertanggungjawab, dengan cara tetap melayani dengan karunia / talenta yang diberikan Tuhan kepada kita secara maksimal.
TUNTUNAN IBADAH ANAK BALITA
Tujuan:
- Anak dapat menceritakan kembali keanekaragaman talenta jemaat korintus
- Anak dapat menyebutkan hal-hal / aktivitas yang mereka sukai
- Anak mengerti bahwa meskipun tiap anak berbeda-beda talenta/kesukaan tetapi semuanya tetap disayang Tuhan tanpa dibeda-bedakan.
- Anak dapat menirukan ayat dari 1 Korintus 12 : 27. 2 ”Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.”
Alat Peraga
Pamong menyiapkan :
- Gambar Paulus.
- Huruf-huruf K – O – R – I – N – T – U – S
- Gambar orang yang sedang berkotbah, orang yang sedang menyembuhkan, orang yang sedang menolong orang lain.
- Foto atau gambar gereja/jemaat setempat (bisa juga membuat gereja dalam bentuk “rumah” 3 dimensi) dalam ukuran yang cukup besar (cukup untuk menempelkan/meletakkan foto semua anak di jenjang balita)
- Foto atau gambar (bisa juga dalam bentuk yang lain) masing-masing anak.
Pendahuluan
Selamat pagi anak-anak,
Wah…. semuanya sehat ya hari ini.
Apakah anak-anak bisa menyebutkan nama-nama hari? (pamong membantu anak-anak untuk menyebutkan nama-nama hari. Bisa dengan lagu, tulisan atau media lain , sesuai dengan kreativitas masing-masing pamong).
Pandai ya semuanya bisa menyebutkan nama-nama hari. Nah, kalau hari ini, hari apa ya? (beri kesempatan pada anak-anak untuk menjawab).
Betul, hari ini adalah hari Minggu. Setiap hari Minggu, kita beribadah di gereja. Seperti sekarang ini kita sedang beribadah di gereja. Tadi kita sudah berdoa dansudah menyanyi memuji Tuhan .
Sekarang kita akan mendengarkan Firman Tuhan, yang diambil dari kitab Korintus 12 : 12-31
(ayat tidak perlu dibacakan, tetapi pamong tetap menunjukkan Alkitab, supaya anak-anak mengerti bahwa “ cerita “ yang disampaikan benar-benar berdasarkan/ada di dalam Alkitab).
Kira-kira firman Tuhan menceritakan tentang apa……..?
Mari kita dengarkan !
Inti Penyampaian
Ini adalah Paulus (tunjukkan gambar Paulus. Lalu tempelkan atau gambar tersebut bisa dibuat agar bisa dalam posisi berdiri).
Siapakah namanya ? (ajak anak-anak mengulang kata Paulus)
Paulus sedang berada di mana ini ya? o…ternyata Paulus sedang berada di kota yang bernama Korintus.
Berada dimana? (ajak anak-anak mengulang/mengeja kata Korintus, sambil pamong memasang huruf-huruf menjadi kata Korintus).
Sedang apa Paulus di kota Korintus? Paulus berada di kota Korintus menceritakan tentang Firman Tuhan Yesus.
Apa ya yang diceritakan Paulus kepada orang-orang di kota Korintus?
Paulus berkata: Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.
(pamong mengajak anak-anak untuk menirukan dan mengulang kalimat tersebut dengan menggunakan media sesuai kreativitas pamong. Misalnya dengan lagu, gerakan tangan dan anggota tubuh, gambar , dsb)
Apa ya maksudnya?
Pada waktu Paulus berjalan-jalan di kota Korintus, Paulus melihat ada orang yang sedang membantu menyembuhkan orang yang sakit. Lalu Paulus berjalan lagi, dan melihat ada orang yang sedang berkotbah atau menceritakan tentang Tuhan Yesus. Kemudian Paulus berjalan lagi, dan Paulus melihat ada yang sedang menolong orang lain. (sambil menempelkan / memasang gambar orang yang sedang menyembuhkan, orang yang sedang mengajar / berkotbah, orang yang sedang menolong/melayani orang lain. Lalu ajak anak-anak untuk mengulang/ menirukan talenta/karunia yang dimiliki orang-orang di Korintus)
Lalu Paulus berkata ,” Meskipun orang-orang itu tugasnya berbeda-beda, ada yang menyembuhkan, ada yang berkotbah, ada yang menolong orang lain, semuanya disayang Tuhan.
Penerapan
Nah anak-anak, tadi ceritanya tentang siapa ? (bimbing anak-anak menjawab : Paulus)
Paulus sedang berada dimana ? (bimbing anak-anak menjawab : Korintus)
Kalau sekarang ini kita beribadah dimana ? (bimbing anak-anak menyebutkan nama gereja/ jemaat setempat)
Siapa saja yang sekarang ini bersama-sama beribadah di gereja/Jemaat (sebutkan nama jemaat)? (sebutkan nama jemaat setempat, kemudian pasang gambar gereja yang sudah disiapkan).
(bimbing anak-anak untuk menyebutkan nama teman-temannya sambil menunjukkan foto/gambar anak-anak)
Kemudian pamong menanyakan kepada anak-anak apa yang menjadi hobi atau kesukaan masing-masing anak.
Wah, hobi dan kesukaan anak-anak disini ternyata berbeda – beda ya, (pamong mengulang menyebutkan nama dan hobi anak-anak. Misalnya Johan suka menggambar, Dita senang menyanyi, dst), meskipun kesukaan kita berbeda-beda, kita semua disayang Tuhan. Kita juga beribadahnya bersama-sama di gereja…….. ini (sebutkan nama jemaat setempat). Kita harus menyayangi semua teman-teman kita.
Aktivitas
Ajak anak-anak menempelkan/memasang foto masing-masing (sambil menyebutkan hobi / kesukaannya) di gambar / foto gereja.
Kemudian pamong mengulang menjelaskan secara singkat bahwa anak-anak yang berbeda-beda talenta/ kesukaan itu beribadah bersama-sama di gereja yang sama dan semuanya disayang Tuhan.
Sebagai penutup, anak-anak bisa diajak menyanyikan lagu “ Yesus sayang semua “ ( dengan sedikit memasukkan nama-nama anak-anak balita dalam lagu tersebut.
Contoh
Yesus sayang semua, semua, semua
Yesus sayang semua, sayang semua,
Sayang Budi, sayang Tanti, sayang Riko, sayang Susi
Sayang Lintang dan Wening, Sayang semua..
Catatan untuk pamong :semua alat peraga hari ini hasil karya aktivitas hari ini akan digunakan untuk alat peraga minggu depan
TUNTUNAN IBADAH ANAK PRATAMA
Tujuan:
- Anak dapat menceritakan kembali keanekaragaman talenta jemaat korintus
- Anak dapat menyebutkan talenta/hobi masing-masing serta pekerjaan orang tuanya.
- Anak mengerti bahwa meskipun warga di gereja mempunyai talenta yang berbeda-beda, tetapi semuanya disayang Tuhan tanpa dibeda-bedakan dan bisa beribadah dan melayani bersama-sama dalam satu gereja yang sama.
- Anak dapat menghafal ayat dari 1 Korintus 12 : 27
Alat Peraga:
Pamong dapat menyiapkan :
- Alat Peraga sama seperti yang terdapat di Jenjang Balita
- Huruf- huruf P-A-U-L-U-S
Pendahuluan
Selamat pagi anak-anak,
Bagaimana kabarnya hari ini? semuanya sehat?
Siapa yang tahu jumlah hari dalam 1 minggu? hari apa saja? (beri kesempatan anak-anak menjawab)
Apa saja yang biasanya kalian lakukan pada hari Senin? (beri kesempatan anak-anak menjawab . Lalu lanjutkan pertanyaan yang sama untuk hari-hari selanjutnya)
Kalau hari Minggu , apa yang kalian lakukan? (beri kesempatan pada anak-anak untuk menjawab).
Ada yang rekreasi dengan keluarga, ada yang santai-santai dirumah, dsb (ulangilah jawaban anak-anak). Tapi semuanya tetap pergi beribadah di gereja dulu ya, sebelum pergi atau melakukan kegiatan yang lain.
Kalau beribadah di gereja, apa yang biasanya kita lakukan? (beri kesempatan pada anak-anak untuk menjawab).
Ya, kalau beribadah di gereja kita menyanyi, memuji nama Tuhan, berdoa, dan juga mendengarkan Firman Tuhan.
Kalau tadi kita sudah berdoa, menyanyi memuji Tuhan, sekarang kita akan mendengarkan Firman Tuhan, yang diambil dari kitab Korintus 12 : 12-31 (ayat tidak perlu dibacakan semuanya, tetapi pamong tetap menunjukkan Alkitab, supaya anak-anak mengerti bahwa “cerita“ yang disampaikan benar-benar berdasarkan/ada di dalam Alkitab. Jika di jenjang pratama ada anak-anak yang sudah bisa membaca, maka bisa diajak membaca dari I Korintus 12: 27)
Apa ya arti dan maksud dari, Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya?
Yuk kita dengarkan dan perhatikan , supaya kita tahu apa artinya.
Inti Penyampaian
Firman Tuhan hari ini, menceritakan tentang Paulus.
(tunjukkan gambar Paulus. Lalu tempelkan atau gambar tersebut bisa dibuat agar bisa dalam posisi berdiri).
Siapakah namanya? (ajak anak-anak mengulang kata Paulus) bagaimana cara menulis kata Paulus? hurufnya apa saja (ajak anak untuk menyusun huruf-huruf P-A-U-L-U-S yang sudah dipersiapkan)
Paulus ini sedang berada di mana ya? ternyata Paulus sedang berada di kota yang bernama Korintus.
Berada dimana? (ajak anak-anak mengulang/ mengeja kata Korintus, sambil mintalah kepada anak-anak untuk menyusun huruf-huruf K-O-R-I-N-T-U-S).
Sedang apa atau apa yang dilakukan Paulus di kota Korintus? (beri kesempatan pada anak-anak untuk menebak / menjawab ). Ya, Paulus berada di kota Korintus untuk mengajar dan memberitakan Firman Tuhan.
Apa ya yang diajarkan oleh Paulus kepada orang-orang di kota Korintus?
Paulus berkata: Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya. Kalimat itu adalah yang tadi sudah kita baca bersama-sama dari I Korintus 12: 27 (pamong mengajak anak-anak untuk menirukan dan mengulang kalimat tersebut dengan menggunakan media sesuai kreativitas pamong. Misalnya dengan lagu, gerakan tangan dan anggota tubuh, gambar , dsb).
Mengapa Paulus berkata seperti itu? apa maksudnya?
Ternyata ketika Paulus berada di Kota Korintus, Paulus melihat banyak orang yang asalnya dari tempat yang berbeda-beda, lalu orang-orang di Korintus itu juga mempunyai talenta yang berbeda-beda. Ada orang yang bisa membantu menyembuhkan orang yang sakit, ada yang bisa berkotbah, ada yang senang menolong orang lain. (sambil menempelkan/memasang gambar orang yang sedang menyembuhkan, orang yang sedang mengajar/berkotbah, orang yang sedang menolong/melayani orang lain. Ajak anak-anak untuk mengulang/menirukan talenta dan karunia orang-orang Korintus). Meskipun orang-orang itu kemampuan dan tugasnya berbeda-beda, ada yang menyembuhkan, ada yang berkotbah, ada yang menolong orang lain, semuanya disayang Tuhan. Tuhan tidak membeda-bedakan. Paulus memberi nasihat supaya mereka bersama-sama melayani Tuhan dengan caranya masing-masing, dengan talentanya masing-masing (ulangilah menyebutkan talenta orang-orang di Korintus)
Penerapan
Nah anak-anak, tadi ceritanya tentang siapa? (beri kesempatan pada anak-anak untuk menjawab) Paulus sedang berada dimana? (beri kesempatan pada anak-anak untuk menjawab)
Betul ! Paulus sedang mengajar atau memberitakan Injil pada orang-orang yang beribadah di Korintus.
Kalau kita sekarang ini sedang beribadah dimana? (bimbing anak-anak menyebutkan nama gereja/ jemaat setempat)
Anak-anak yang dikasihi Tuhan, apakah anak mengetahui siapa saja yang beribadah dengan kita saat ini? Kalau tahu, tolong tuliskan nama-nama teman-teman kita yang beribadah dengan kita pada saat ini, lalu tempelkan dalam gambar gereja.
(Setelah menempelkan nama-nama tersebut, ajaklah anak-anak untuk menyebutkan nama teman-temannya sambil menunjukkan foto/gambar anak-anak)
Pasti anak-anak sudah menuliskan dan menyebutkan nama-nama teman tersebut. Lalu apakah anak-anak juga mengetahui hobi dan nama orang tuanya? Siapa yang bisa menyebutkan hobi dan nama orang tua yang telah kita tuliskan dan sebutkan tadi? (orang tua yang dimaksudkan disini adalah “orang tua” yang saat ini merawat mereka. Selain ayah dan ibu, bisa juga kakek, pakde, dsb)
Wah, ternyata talenta, hobi dan kesukaan anak-anak disini ternyata berbeda – beda ya. (pamong mengulang menyebutkan nama dan hobi anak-anak. Misalnya Johan hobi menggambar, Dita senang menyanyi, dst.) Bagaimana dengan talenta atau pekerjaan orang tua kita? Pastinya juga berbeda-beda. Meskipun talenta, kesukaan kita , pekerjaan orang tua kita berbeda-beda, kita semua disayang Tuhan. Tuhan tidak pernah membeda-bedakan kita. Meskipun kepribadian, orang tua bahkan pekerjaannya berbeda, kita tetap beribadah di gereja yang sama yakni Greja Kristen Jawi Wetan (sebutkan juga nama jemaat). Gereja juga sebagai tempat untuk melayani dan menyalurkan talenta/bakat kita. Banyak contoh yang bisa kita lihat (misal, Pak Joko memiliki bakat bermain musik, oleh karena itu Pak Joko berpelayanan di bidang musik dengan bermain gitar)
Aktivitas
Ajak anak-anak menempelkan/memasang foto masing-masing sambil menyebutkan hobi/kesukaannya di gambar/foto gereja. Bisa juga pamong membantu menambahkan nama orang tuanya dan pekerjaannya/talentanya disamping gambar anak-anak.
Kemudian pamong mengulang menjelaskan secara singkat bahwa anak-anak dan orang tua yang berbeda-beda talenta itu beribadah bersama-sama di gereja dan semuanya disayang Tuhan. Semuanya juga bersama-sama menyayangi dan melayani Tuhan.
Sebagai penutup anak-anak bisa diajak untuk mengulang kalimat/ayat dari I Korintus 12 : 27
Catatan untuk pamong:semua alat peraga hari ini hasil karya aktivitas hari ini akan digunakan untuk alat peraga minggu depan
TUNTUNAN IBADAH ANAK MADYA
Tujuan:
- Anak dapat menceritakan kembali keanekaragaman talenta jemaat korintus
- Anak dapat menyadari bahwa gereja terbentuk oleh banyak orang yang memiliki talenta berbeda-beda
- Anak dapat menyebutkan talenta/hobi masing-masing serta pekerjaan/talenta orang tuanya.
- Anak dapat menyebutkan tugas-tugas majelis dan warga gereja dalam pelayanan di gereja.
Alat Peraga
Pamong dapat menyiapkan :
- Alat Peraga sama seperti yang terdapat di Jenjang Balita
- Huruf-huruf P-A-U-L-U-S
- Huruf-huruf K-O-R-I-N-T-U-S
Pendahuluan
Selamat pagi anak-anak,
Bagaimana kabarnya hari ini? Semuanya sehat? Semuanya merasa senang?
Ada berapa jumlah hari dalam 1 minggu?
Apa saja yang biasanya kalian lakukan pada hari Senin? (beri kesempatan anak-anak menjawab . Lalu lanjutkan pertanyaan yang sama untuk hari-hari selanjutnya)
Kalau hari Minggu , apa yang kalian lakukan? (beri kesempatan pada anak-anak untuk menjawab).
Ada yang rekreasi dengan keluarga, ada yang santai-santai dirumah, dsb (ulangilah jawaban anak-anak). Tapi semuanya tetap pergi beribadah di gereja dulu ya, sebelum pergi atau melakukan kegiatan yang lain.
Kalau beribadah di gereja, apa yang biasanya kita lakukan? (beri kesempatan pada anak-anak untuk menjawab).
Ya, kalau beribadah di gereja kita menyanyi, memuji nama Tuhan, berdoa, dan juga mendengarkan Firman Tuhan. Kalau tadi kita sudah berdoa, menyanyi memuji Tuhan, sekarang kita akan mendengarkan Firman Tuhan, yang diambil dari kitab Korintus 12 : 12-31 (anak-anak bisa diminta membaca secara bergiliran ayat-ayat tersebut)
Yuk kita ulangi kita baca bersama-sama tetapi hanya ayat 27 saja, (anak-anak membaca bersama-sama)
Apa ya arti dan maksud dari, Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya? Mari kita dengarkan dan perhatikan , supaya kita tahu apa artinya.
Inti Penyampaian
Anak-anak yang dikasihi Tuhan, setelah membaca I Korintus 12: 12-31, buatlah kelompok untuk berdiskusi (sesuaikan dengan jumlah anak madya). Dalam diskusi kelompok tersebut, ada beberapa hal yang menjadi bahan diskusi kelompok:
- Susunanlah huruf-huruf berikut ini menjadi nama Rasul yang disebutkan dalam 1 Korintus 12: 12-31 (L-U-S-A-U-P)
- Jelaskan mengenai sosok yang ada dalam susunan huruf tersebut
- Susunanlah huruf-huruf berikut ini menjadi nama sebuah jemaat yang telah didampingi oleh sosok nama yang ada dalam pertanyaan nomor satu (T-U-S-N-R-O-I-K)
- Jelaskan apa telah dilakukan oleh nama yang ada dalam pertanyaan nomor satu dengan kota atau jemaat yang telah didampingi dalam pertanyaan nomor tiga
- Tiap kelompok mempresentasikan apa yang telah didiskusikan
Paulus berkata, “Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya” . Kalimat itu adalah yang tadi sudah kita baca bersama-sama dari I Korintus 12: 27 . (pamong mengajak anak-anak untuk menirukan dan mengulang kalimat tersebut dengan menggunakan media sesuai kreativitas pamong. Misalnya dengan lagu, gerakan tangan dan anggota tubuh, gambar , dsb)
Mengapa Paulus berkata seperti itu? apa maksudnya?
Ternyata Paulus melihat, di kota Korintus itu banyak orang yang asalnya dari tempat yang berbeda-beda, lalu orang-orang di Korintus itu juga mempunyai talenta yang berbeda-beda. Dari bacaan yang sudah kita baca tadi, talenta orang-orang Korintus apa saja? Ada orang yang bisa membantu menyembuhkan orang yang sakit, ada yang bisa berkotbah, ada yang senang menolong orang lain (sambil menempelkan/memasang gambar orang yang sedang menyembuhkan, orang yang sedang mengajar/berkotbah, orang yang sedang menolong orang lain). Meskipun orang-orang itu kemampuan dan tugasnya berbeda-beda, ada yang menyembuhkan, ada yang berkotbah, ada yang menolong/melayani orang lain, semuanya disayang Tuhan. Tuhan tidak membeda-bedakan. Lalu Paulus memberi nasihat supaya mereka bersama-sama melayani Tuhan sesuai dengan talentanya masing-masing.
Penerapan
Nah anak-anak, dari bacaan hari ini, kita tahu bahwa Paulus memberitakan di Jemaat Korintus, yang orangnya punya talenta berbeda-beda (ulangi sebutkan taleta orang-orang Korintus)
Nah, Kalau kita sekarang ini sedang beribadah dimana? (anak-anak menjawab/ menyebutkan nama gereja/ jemaat setempat)
Siapa saja yang sekarang ini bersama-sama beribadah di gereja / Jemaat……. Ini ( sebutkan nama jemaat setempat, kemudian pasang gambar gereja yang sudah disiapkan).
(jika anak-anak menyebutkan nama teman yang ada di jenjang/ kelas madya, pamong bisa menunjukkan foto/ gambar mereka)
Kemudian pamong menanyakan kepada anak-anak apa yang menjadi hobi atau kesukaan masing-masing anak.
Lalu tanyakan apa pekerjaan orang tuanya ( orang tua yang dimaksudkan disini adalah “orang tua” yang saat ini merawat mereka. Selain ayah dan ibu, bisa juga kakek, pakde, dsb). Atau bisa juga ditanyakan talenta warga gereja lain yang dikenal oleh anak-anak.
Wah, ternyata talenta, hobi dan kesukaan anak-anak disini ternyata berbeda – beda ya, (pamong mengulang menyebutkan nama dan hobi anak-anak. Misalnya Johan hobi menggambar, Dita senang menyanyi, dst.), talenta atau pekerjaan orang tua kita juga berbeda-beda. Warga gereja yang lain juga bermacam-macam talentanya. Meskipun talenta, kesukaan kita, pekerjaan orang tua kita berbeda-beda, kita semua disayang Tuhan. Tuhan tidak pernah membeda-bedakan kita. Kita juga beribadahnya bersama-sama di gereja ini (sebutkan nama jemaat setempat ). Dan kita semua juga bersama-sama melayani Tuhan di gereja ini. (pamong bisa menyebutkan contoh nama seseorang di gereja yang dikenal anak-anak dan tugasnya. Misalnya : pak Joko atau ayahnya sinta yang pandai main gitar melayani menjadi pemain musik dalam ibadah, dsb)
(Pamong bisa menyebutkan nama-nama majelis dan tugasnya dalam pelayanan secara singkat dan sederhana). Jadi semuanya bersama-sama melayani Tuhan.
Aktivitas
Ajak anak-anak menempelkan/memasang foto masing-masing sambil menyebutkan hobi / kesukaannya di gambar / foto gereja.
Bisa juga pamong membantu menambahkan nama orang tuanya dan nama-nama warga gereja yang dikenal anak-anak disamping gambar anak-anak.
Kemudian pamong mengulang menjelaskan secara singkat bahwa anak-anak dan orang tua dan warga gereja yang lain yang berbeda-beda talenta itu beribadah bersama-sama di gereja yang sana dan semuanya disayang Tuhan. Tuhan tdak membeda-bedakan. Semuanya juga bersama-sama dalam melayani Tuhan.
Sebagai penutup ajak anak-anak untuk mengulang dari I Korintus 12 : 17
Catatan untuk pamong: semua alat peraga hari ini hasil karya aktivitas hari ini akan digunakan untuk alat peraga minggu depan