Rumah Bersama Tuntunan Ibadah Anak 28 Oktober 2018

Bacaan Alkitab: Imamat 25:1-12
TahunGerajawi : Bulan Ekumene
Tema : Ekumene: Semua ciptaan
Ayat Hafalan : Kejadian 2:15

Tuhan Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu

Lagu Tema:

Kidung Sekolah Minggu 410 “Tanam satu pohon”

PENJELASAN TEKS

Ada masa dimana pada tahun sabat, setelah 6 tahun tanah harus diistirahatkan, pada tahun ke-7 pohon anggur juga tidak disiangi, hasil kebun juga tidak boleh dipanen. Tahun Yobel: Setelah bangsa Israel sudah sampai ke tanah Kanaan, mereka harus menghitung 7 tahun sabat yang sama dengan 49 tahun. Sampai tahun ke 50, mereka harus memperdengarkan sangkakala pada waktu bulan ketujuh tanggal 10 bulan itu dan pada waktu memperdengarkan bunyi sangkakala itu, mereka harus mengingat bahwa hari itu adalah hari pendamaian  dan seluruh bangsa Israel haruslah menguduskan tahun ke 50.

Ketika sangkakala diperdengarkan, terjadilah pembebasan dikalangan bangsa Israel. Semua orang harus kembali ke tanah miliknya demikian juga setiap hak milik harus kembali kepada si pemilik aslinya dan hutang-hutang dinyatakan lunas pembayarannya. Tahun ke 50 ini disebutlah tahun Yobel. Artinya Yobel adalah tanduk domba. Tanduk domba itu dibuat seperti suara terompet yang disebut “SANGKAKALA”. Maka setiap sangkakala diperdengarkan, pada saat itu sudah terjadi pembebasan. Dengan aturan ini artinya Allah menginginkan alam juga beristirahat, Allah menghendaki agar manusia terlibat aktif dalam pembaharuan siklus kehidupan di alam. Seperti kejadian 2:15, Allah menempatkan manusia di taman Eden untuk mengelola dan mengusahakan taman itu. Jadi tanggung jawab atas kelangsungan hidup semua makluk ciptaan harus dipelihara bersama.


TUNTUNAN IBADAH ANAK BALITA

Tujuan: Anak dapat mengulang penjelasan pamong tentang arti tahun Yobel.

Alat Peraga:

  • Tulisan besar kata YOBEL
  • Plastisin warna warni untuk membuat figur binatang dan tumbuhan

Pendahuluan

Adik-adik bagaimana hari ini, semua gembira ?

Coba tunjukkan senyum bahagianya. Wah ini betul-betul senyum yang manis.

Coba adik-adik  lihat saya membawa tulisan. Ayo kita eja YOBEL. Wah pinter ya mari kita ulangi lagi YOBEL (diulangi 3 kali)

 Inti Penyampaian

Wah semua pinter ya.YOBEL apakah itu YOBEL ? Apakah ada yang namanya YOBEL ? YOBEL nama sebuah penanggalan tahun di bangsa Israel. Jadi di Alkitab ini bukan nama orang ya

Tahun YOBEL, coba kita ulangi lagi bersama-sama tahun YOBEL.

Mari adik-adik dengarkan,  saya akan membaca Alkitab dari Imamat 25 :9 (dibacakan yang keras). Jadi tahun Yobel adalah tahun ke 50 dalam tradisi orang Israel. Pada tahun itu bangsa Israel harus berbuat baik kepada hewan, tumbuhan dan sesama manusia.  (penjelasan ini diulang sampai 3X)

Penerapan

  • Kidung Sekolah Minggu 410 “Tanam satu pohon”
  • Membuat hewan dan tumbuhan dengan plastisin

TUNTUNAN IBADAH ANAK PRATAMA

Tujuan:

  1. Anak dapat mengulang penjelasan pamong tentang arti tahun Yobel.
  2. Anak dapat membiasakan diri peduli kepada hewan dan tumbuhan dengan merawatnya

Alat Peraga:

  • Lembar kerja, Kertas HVS dibagi 2 dan alat tulis tiap anak mendapat satu. Contoh  lembar kerja HVS :
Cara Merawat Tanaman Cara Merawat Hewan Peliharaan
  • Permainan Tebak kata: Kertas manila seukuran kartu remi atau lebih besar. Tuliskan huruf T,A,H,U,N, Y,O,B,E,L pada tiap kartu satu huruf. Buatlah 3 seri
  • Bagi anak-anak menjadi 3 kelompok

Pendahuluan:

Bermain menyusun huruf

Pada tiap kelompok acaklah kartu tersebut. Minta anak-anak menebak  kata yang bisa disusun dari kartu tersebut. Kelompok yang lebih dulu selesai akan menjadi pemenang.

Kalau seandainya anak-anak tidak bisa menebak dengan benar kata Tahun  Yobel maka ajak anak-anak membaca Alkitab dari Imamat 25 :1-12. Meskipun anak-anak dapat menebak, anak-anak tetap diminta untuk membaca Alkitab.

Jadi…apakah kalian sudah tahu, kata yang dibentuk dari huruf- huruf tadi ?

Ya betul, pinter sekali yang benar adalah TAHUN YOBEL.

Inti Penyampaian

Betul sekali bahwa kata dibalik huruf-huruf acak ini adalah TAHUN YOBEL.

Silahkan dicari di ayat berapa arti dari tahun Yobel.

Wah benar sekali, tahun Yobel adalah perayaan pada bangsa Israel dimana setiap 50 tahun sekali ada pembebasan bagi tumbuhan, tanah, tumbuhan dan manusia. Mereka tidak boleh menabur apapun di ladang, apapun yang tumbuh di kebun tidak boleh dituai. Pada masa itu tanah diistirahatkan, tumbuhan juga diberikan kesempatan untuk tumbuh dengan baik. Demikian juga dengan para binatang ternak dibebaskan dari kewajibannya, juga para budak akan diberi kebebasan. Tanah-tanah dikembalikan hak kepemilikannya, hutang-hutang dibuat menjadi lunas.

Kita juga harus menghargai semua makhluk ciptaan Tuhan. Bumi ini bukan hanya rumah kita tetapi juga rumah bagi semua makhluk ciptaan Tuhan. Karena kita tinggal di rumah yang sama yaitu bumi maka tumbuhan, hewan dan manusia harus diperlakukan dengan baik. Jika kalian mempunyai hewan peliharaan maka kalian harus merawatnya dengan baik. Juga tanaman yang ada di rumah harus dirawat dengan baik.

 Penerapan

  • Coba kalian sebutkan bagaimana cara merawat hewan peliharaan dan tumbuhan yang ada di rumah (Tunggu  dan biarkan anak-anak menjawabnya).
  • Tuliskan cara merawat tumbuhan dan hewan  peliharaan di kertas yang disediakan.
  • Menyanyikan Kidung Sekolah Minggu 410 “Tanam satu pohon”

TUNTUNAN IBADAH ANAK MADYA

Tujuan:

  1. Anak dapat menjelaskan arti tahun Yobel
  2. Anak dapat membiasakan diri peduli kepada hewan dan tumbuhan dengan merawatnya.

Alat Peraga

  • Alat-alat untuk merawat tanaman: ember, gayung, cetok, sapu lidi, pupuk, air
  • Foto-foto hewan yang terkena dampak tumpahan minyak
  • Foto-foto kebakaran hutan

Pendahuluan

Tunjukkan  foto-foto tentang binatang dan tumbuhan yang menderita akibat perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab. Tanyakan apa pendapat mereka tentang gambar tersebut. Apakah anak-anak memiliki belas kasihan terhadap binatang dan tumbuhan  tersebut atau tidak.

Inti Penyampaian

Hewan dan tumbuhan adalah makhluk ciptaan Tuhan, selama ini hewan dan tumbuhan dipergunakan manusia untuk mendukung kehidupannya. Dijadikan bahan makanan dan alat penunjang bagi kehidupan manusia. Oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan juga  sangat dibutuhkan oleh manusia untuk bernafas.

Dalam bacaan kita hari ini tentang tahun Yobel yaitu perayaan di bangsa Israel dimana setiap 50 tahun sekali ada pembebasan bagi tumbuhan, tanah, tumbuhan dan manusia. Mereka tidak boleh menabur apapun di ladang, apapun yang tumbuh di kebun tidak boleh dituai. Pada masa itu tanah diistirahatkan, tumbuhan juga diberikan kesempatan untuk tumbuh dengan baik. Demikian juga dengan para binatang ternak dibebaskan dari kewajibannya, juga para budak akan diberi kebebasan.

Dengan perayaan tahun Yobel, Allah menginginkan agar manusia menghargai ciptaan yang lain selain dirinya sebagai pribadi. Bumi ini bukan hanya rumah kita tetapi juga rumah bagi semua makluk ciptaan Tuhan. Karena kita tinggal di rumah yang sama yaitu bumi maka kita harus tinggal bersama dengan saling menghargai. Apakah kalian memiliki binatang peliharaan di rumah ? Apa yang harus kalian lakukan terhadap hewan peliharaan ? Ya benar kalian harus merawatnya, memandikannya, memberinya makan, dan mengajaknya bermain. Kalian juga harus rutin membawanya ke dokter hewan agar hewannya sehat dan bersih.

Apakah kalian juga memiliki  tanaman di rumah ? Apa yang kalian lakukan terhadap tanaman di rumah ? Wah benar sekali kita juga harus merawatnya dengan menyiram dan memberinya pupuk. Nah sekarang kita akan mempraktekkannya dengan merawat tanaman yang ada di Gereja.

Sebelum keluar ruangan anak-anak diajak menyanyi lagu tema terlebih dahulu

 Penerapan

  • Kidung Sekolah Minggu 410 “Tanam satu pohon”
 

Bagikan Entri Ini: