Sederhana Itu Keren Tuntunan Ibadah Natal Remaja 25 Desember 2018

Bahan Bacaan: Lukas 2 : 1 – 7
Tahun Gerejawi : NATAL
Tema : Kelahiran Yesus
Tujuan :

  1. Anak dapat mencirikan sikap sederhana dan sikap rakus.
  2. Anak dapat menjelaskan manfaat dari hidup sederhana.
  3. Anak dapat menjelaskan kerugian dari rakus.
  4. Anak membiasakan diri hidup sederhana.

Ayat Hafalan : “Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin, dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan.” (Lukas 2 : 6-7)

Lagu Tema : Kidung Jemaat 102 :1, 2 “Di Dalam Palungan”

Penjelasan Teks

  1. Latar belakang kelahiran Yesus adalah sensus penduduk yang dilakukan atas seluruh wilayah kekaisaran Roma (kata dunia bermakna seluruh wilayah kekaisaran). Sehingga dalam proses cacah jiwa tersebut, setiap orang diwajibakan mendaftarkan diri di tempat kelahirannya. Tentu proses pendataan ini merupakan proses yang panjang, tidak dapat dilakukan sekaligus, mengingat luasnya wilayah kekaisaran Romawi.
  2. Dengan adanya sensus ini, Yusuf membawa serta Maria, istrinya, dari Nazaret ke Betlehem, menuju tempat kelahirannya. Mereka melakukan perjalanan, dari Nazareth di Galilea, Yahudi bagian utara menuju ke Betlehem yaitu daerah Yudea, di Yahudi sebelah selatan. Perjalanan ini harus dilakukan mengingat keberadaan Yusuf sebagai keturunan Raja Daud yang banyak berdomisili di Betlehem.
  3. Dalam kondisi tersebut Maria melahirkan bayi Yesus dengan kesederhanaan dan keterbatasan. Meski demikian, bukan berarti keluarga kudus ini ditolak dari tempat penginapan dan hanya mendapatkan kandang sebagai tempat menginap. Tetapi mengingat bahwa saat itu, mereka harus berkumpul untuk sensus, dimungkinkan rumah keluarga Yusuf pun menjadi penuh. Sehingga hanya tersedia bagian rumah yang biasa ditempati para hewan ternak.
  4. Proses kelahiran Yesus berlangsung dengan sederhana. Kelahiran Yesus seperti kelahiran bayi pada umumnya yang berasal dari seorang perempuan dan diperlakukan dengan penuh kasih sayang dalam balutan lampin, meski harus dibaringkan dalam palungan.

Langkah-Langkah Penyampaian

  1. Ajaklah anak membaca periko hari ini, Lukas 2 : 1-7
  2. Diskusi tentang Sederhana dan Rakus. Gali pengalaman dan pendapat remaja berkaitan dengan kedua hal tersebut.
  3. Sampaikan APLIKASI pada remaja.
  4. Ajak remaja belajar dari tokoh Mark Zuckerberg yang terdapat dalam ILUSTRASI yang menggambarkan kesederhanaan yang disertai dengan tindakan kedermawan. Pamong dapat mengembangkan artikel tersebut sesuai dengan kemampuan.
  5. Ajak remaja berjanji akan hidup dengan sederhana dan bersepakat melakukan
  6. Akhiri dengan doa.

 

Illustrasi

Mark Zuckerberg – Siapa yang tidak kenal dengan orang ini? Produknya yang bernama Facebook telah banyak dipakai oleh banyak anak muda masa kini. Yang kemudian mengantarkannya berjajar dengan orang-orang terkaya di dunia. Dengan kekayaannya itu, ia bisa saja membeli rumah mewah super lengkap, mobil mewah super canggih dan berfoya-foya. Tetapi itu tidak dilakukannya, ia lebih memlih menjalani kehidupannya dengan sederhana. Berikut lima (5) bukti kesederhanaanya:

Pertama, Mark memilih menggunakan busana yang jauh dari kesan formal yakni kaos oblong, celana jeans dan sepatu kets. Ia beralasan bahwa ia tidak ingin waktunya terbuang untuk sekedar memlih pakaian ketika ia hendak bekerja.

Kedua, Mark pergi ke kantor dengan menyetir sendiri dengan mobilnya yang harganya bisa dikatakan murah bagi kalangan milyader dunia. Ia tidak tertarik dengan kecanggihan mobil mewah lainnya.

Ketiga, Mark sering bekerja dalam ruangan yang sama dengan para karyawannya. Akhirnya terbangunlah kedekatannya dengan para karyawannya. Sehingga pada tahun 2014, Mark dinobatkan sebagai salah satu pimpinan terbaik.

Keempat, Keluarga Mark jauh dari kemewahan, ia memlih mengadakan pernikahan sederhana yang dilangsungkan di halaman rumah mereka dan hanya dihadiri oleh keluarga saja. Seringkali Mark mengantar dan menemani sang istri berbelanja.

Terakhir dan terpenting, Mark bersama istrinya, Priscilla Chan gemar beramal dan terlibat dalam kegiatan sosial. Ia pernah tercatat oleh Chronicle of Philantropy sebagai orang paling dermawan pada tahun 2013. Kedermawanan Mark dipengaruhi oleh sang istri yang mudah tersentuh terhadap penderitaan orang lain.

 

Aplikasi

Kesederhanaan dan rakus senantiasa berseberangan. Yang satu menuntun kita untuk terus bersyukur dan yang lain menyeret kita pada kesengsaraan. Dengan berdiskusi kita bisa memahami bahwa yang harus kita wujudkan adalah kesederhanaan. Sudahkan teman-teman remaja hidup dalam kesederhanaan atau malah menjurus pada keserakahan?

Tuhan Yesus hadir ke dunia dalam kesederhanaan. Ia lahir bukan di istana megah tetapi di sebuah rumah yang penuh sesak karena arus mudik untuk sensus. Tubuh-Nya tidak berbalut sutra nan indah, tetapi lampin sederhana yang menjaganya tetap hangat. Terbaring di atas palungan tak luput dari pengawasan ayah dan ibu-Nya yang setia. Kelahiran sang Juruselamat yang Agung terjadi dalam sebuah rumah di kota Betlehem.

Meski sederhana, kemuliaan-Nya tidak dapat disembunyikan. Sebab para malaikat menggemakan pujian atas kelahiran-Nya. Para gembala mendapatkan berita sukacita itu dan segera menemui-Nya. Bintang terang-Nya menuntun orang-orang Majus kepada-Nya dan memberikan persembahan sebagai wujud rasa syukur. Sebab sang Raja telah lahir. Dalam kesederhanaan itulah Sang Juruselamat lahir menyelamatkan manusia!

Lalu bagaimana dengan kita, apakah kita tega jika kita malah bersikap rakus, serakah dan tamak dalam dunia ini? Mari kita meneladani Bayi Yesus yang dengan lahir dalam kesederhanan namun tetap memiliki kemuliaan-Nya. Bahkan kesederhanaan membawa kita untuk dapat terus menyukuri setiap pemberian dan karya Allah dalam hidup ini. Mari kita membiasakan hidup sederhana dan menjadi berkat bagi sesama.

 

Aktivitas

Ajaklah remaja untuk terlibat dalam program diakonia di jemaat. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah dengan berbagi makanan atau pakaian layak pakai untuk korban bencana atau siapapun yang mmebutuhkan.

 

Bagikan Entri Ini:

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •