Kenaikan Tuhan Yesus Tuntunan Ibadah Kenaikan Tuhan yesus

Bacaan : Markus 16:19-20
Tahun Gerejawi : Kenaikan Tuhan Yesus
Tema : Kenaikan Tuhan Yesus
Tujuan :

  1. Anak dapat menceritakan kembali kisah Yesus naik ke sorga.
  2. Anak dapat memberikan contoh mengabarkan injil dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Anak dapat mengabarkaninjil melalui kehidupan sehari-hari.

Lagu Tema : KJ 222b “Agungkan Kuasa NamaNya

PENJELASAN TEKS: (Untuk Pamong)

Bacaan ini merupakan tahapan akhir dari rangkaian cerita kisah Yesus di dunia yaitu ketika peristiwa kenaikan itu terjadi. Merupakan puncak peristiwa yang dialami oleh manusia Yesus, yang sulit untuk dicerna dalam pola pikir manusia. Peristiwa itu merupakan modal utama menyampaikan berita sukacita akan kemenangan Yesus sebagai petanda bahwa misi Allah akan penebusan dosa umat ciptaan melalui manusia Yesus berakhir dan tahap awal untuk semua mahkluk ciptaan menerima sasaran kasih Allah itu. Merupakan sebuah penghormatan bagi kita anak-anak pilihan Tuhan untuk terlibat dalam karya Allah tersebut, dengan menyaksikan peristiwa kenaikan itu dalam kehidupan kita. Yang kita lakukan adalah merupakan perjuangan hidup yang memiliki tujuan dan tujuan itu adalah tujuan pasti, menuju ke rumah Bapa di surga, dengan pemahaman bahwa tempat itu telah disediakan oleh Yesus terlebih dahulu.

 

PERSIAPAN CERITA :

Pamong menyiapkan sebuah peragaan dengan memberi penjelasan secukupnya :

  1. Ada seorang anak yang memperagakan seorang yang sedang menyebarkan brosur tempat wisata sambil mempromosikan.
  2. Salah satu anak menerima brosus itu dan bertanya apakah benar tempat wisata itu kepada penyebar brosur tersebut. Tetapi tidak dapat jawaban karena penyebar brosur belam pernah ke tempat tersebut.
  3. Sesampainya di rumah anak yang menerima brosus tersebut bertemau dengan ayahnya dan bercerita tentang apa yang telah dialaminya. Ayahnya menceritakan bahwa ia pernah kesana dan bis menceritakan dengan lengkap. Anak itu berjanji untuk bercerita kepada teman-temannya tentang tempat wisata yang brosur tersebut.
  4. Pamong kemudian meminta semua anak untuk bertepuk tangan terhadap peragaan tersebut, dilanjutkan dengan beberapa pertanyaan. Sebagai berikut:
    1. Mana yang menurut anak-anak informasi yang mudah untuk diterima.
    2. Bagaimana kira-kira pengantar cerita anak tersebut kepada teman-temannya untuk meyakinkan ceritanya.

CERITA (Untuk Anak-anak)

Selamat pagi Anak-anak,

Apa kabar? Tetap mencintai Yesus? Setia menjadi anak-anakNya? Senang dengan cerita Yesus?

Jika sebuah sekolah mau mengadakan rekreasi ke tempat yang baru dan belum terkenal, biasanya akan ada tim survey yang terdiri dari guru dan siswa untuk melihat terlebih dahulu beberapa hal utamanya lokasi, keadaan lingkungan sekitar, apa aman terhadap pengunjung, akomodasi yang disediakan oleh pihak pengelola dan sebagainya. Hal itu dilakukan supaya para calon peserta rekreasi mendapatkan informasi yang lengkap dan benar tentang lokasi wisata tersebut. Disamping itu calon peserta bisa mempersiapkan diri apa yang harus dibawa. Dan yang lebih penting lagi bahwa informasi itu benar adanya karena tidak hanya sebuah cerita, tetapi pengalaman yang dialami sendiri dan dilihat secara langsung.

Anak-anak yang mencintai Tuhan,

Cerita tentang kenaikan Tuhan Yesus ke Surga, tentu kita pahami tidak hanya sekedar sebagai tim survey sebuah acara rekreasi. Kehadiran Yesus ke dunia adalah misi ilahi yang juga menyampaikan kabar sukacita tentang apa yang ada di dalam kerajaan surga. Mereka yang telah percaya dan telah ditebus dosanya adalah yang layak bersama-sama dengan Dia di tempat yang kekal itu. Proses kenaikan Tuhan Yesus juga merupakan percaya kepada dan yang setia melakukan kehendak-Nya. Dari rangkaian cerita Yesus yang mati, bangkit dan diakhiri dengan klimaknya, yaitu kenaikan ke surga, adalah proses yang tidak terulang oleh siapapun. Namun perlu dimengerti bahwa kenaikan Yesus ke surga juga mengingatkan janji-Nya akan datangnya kembali. Peran sebagai anak Tuhan, bagi kita tidak hanya penerima janji itu saja, tetapi juga menyampaikan janjiNya itu kepada banyak teman melalui tingkah laku kita sebagai anak-anak pewaris tempat di surga. Tentu kebenaran akan pemberitaan kita akan diyakini oleh teman-teman kita jika kita senantiasa mempertontonkan kehidupan yang mencerminkan Kristus.

Tuhan memberkati kita. Amin.

 

AKTIVITAS

  1. Minta anak-anak menulis contoh konkrit kesaksian hidup yang bisa menjadi kesaksian akan kehidupan anak Tuhan.
  2. Menceritakan kepada teman berkelompok bagaimana pengalaman itu terjadi.
  3. Menulis langkah-langkah terbaik menyiapkan diri sebagai saksi Kristus dalam kehidupan bersama teman yang belum mengenal Kristus.
 

Bagikan Entri Ini: