Aku untuk GKJW Tuntunan Ibadah Remaja 28 Agustus 2022

Tahun Gerejawi: Bulan Pembangunan GKJW
Tema: Sayalah GKJW – Aku untuk GKJW

Bacaan Alkitab: 2 Timotius 2:1-13
Ayat Hafalan: “Tuhan akan memberi kepadamu pengertian dalam segala sesuatu.” (2 Timotius 2:7B).

Lagu Tema: “Aku Anak GKJW” (Kidung Ria No.1)

Tujuan:

  1. Remaja dapat memahami pesan Paulus untuk tetap setia meski menderita.
  2. Remaja dapat menghayati bahwa penderitaan adalah bagian dari proses iman.
  3. Remaja dapat membiasakan diri berpelayanan meskipun banyak tantangan.

Penjelasan Teks (Hanya Untuk Pamong):
Timotius adalah orang muda yang menjadi inspirasi para muda hingga saat ini. Beberapa hal penting di bawah ini bisa membantu kita semakin mengenal dan menarik pelajaran dari seorang Timotius:

  1. Seorang keturunan Yunani(Ayah) – Yahudi(Ibu) berasal dari Listra. Yang ditonjolkan dalam Alkitab adalah Ibunya Eunike, dan neneknya Lois.
  2. Timotius berasal dari keluarga yang percaya kepada Tuhan Yesus, dan mereka adalah keluarga yang saleh.
  3. Di usia belia Timotius mengikuti Rasul Paulus memberitakan Injil.
  4. Disunat saat sudah dewasa supaya tidak menjadi batu sandungan bagi saudara Yahudi.
  5. Pernah dipenjara karena pemberitaan Injil.
  6. Dipercaya untuk mendampingi jemaat secara mandiri.
  7. Memiliki kelemahan fisik, terkait dengan kesehatan pencernaan.

Berdasar beberapa hal di atas kita dapat melihat bahwa sosok Timotius bisa menjadi insprasi bagi orang muda sekarang, tentu bukan terjadi secara tiba-tiba melainkan ada banyak faktor yang mendukung, sekalipun ada kelemahan-kelemahan yang dimiliki. Keluarga campuran (tidak murni Yahudi), kesehatan yang tidak sepenuhnya baik, serta usia belia nyatanya menjadikan pelayanan Timotius tidak mudah. Dia diragukan, direndahkan, bahkan mudah menjad sasaran penganiayaan. Namun, semua itu tidak menyurutkan langkahnya, mengapa? Karena diatas semua kondisi tidak ideal itu Timotius memiliki support system yang baik. Timotius memiliki keluarga yang menanamkan mental melayani, serta memberi dukungan penuh atas pelayanannya. Selain itu dia juga punya Paulus yang hadir dan mendukung, tidak hanya sebagai guru, tetapi juga ayah rohani baginya. Dan melalui mereka semua, Timotius mendapat kekuatan dari Tuhan.

Pendahuluan

  1. Ajak remaja mengamati gambar:




    Tentu mudah mencari perbedaan 3 gambar dari profesi di atas, tetapi bisakah teman-teman menemukan persamaannya? (sumber gambar 1 | sumber gambar 2 | sumber gambar 3)

  2. Ajaklah remaja membaca 2 Timotius 2: 1-13!

Cerita (Bahasa Indonesia)
Remaja yang dikasihi Tuhan,

Timotius adalah salah satu tokoh Alkitab yang banyak menginspirasi kaum muda. Dalam usia yang belia dia dipercaya Rasul Paulus untuk melayani salah satu jemaat Tuhan. Tentu tugas itu tidak mudah. Banyak tantangan dan hambatan, baik dari luar, maupun dalam diri Timotius sendiri. Tantangan dari luar terjadi karena keraguan terhadap usianya yang masih muda dan asal usulnya yang campuran/bukan orang Yahudi murni, bahkan karena pelayanannya dia sempat dijebloskan ke dalam penjara. Selain itu, di dalam diri Timotius sendiri juga ada hambatan, yaitu kesehatan pencernaannya yang terganggu. Namun dia tidak menyerah, karena Timotius dikelilingi orang baik yang mendukungnya.

Paulus sebagai bapak rohani Timotius juga tidak membiarkannya melayani seorang diri. Meski tidak bisa mendampingi secara fisik, namun Paulus tetap memberi perhatian, dukungan, dan arahan melalui surat-suratnya. Seperti yang kita baca dalam perokop hari ini. Melalui contoh yang disampaikan, Paulus mengajar Timotius. Mengikut dan melayani Tuhan itu perlu dijalani seperti seorang pasukan, olahragawan, dan juga petani. Sekalipun berbeda profesi, cara kerja, dan lainnya, namun memiliki 1 kesamaan yaitu semuanya butuh kesetiaan untuk mencapai hasil. Demikian halnya dengan kehidupan pelayanan, kita perlu siap sedia dan bertekun melaksanakan panggilan kita.
Nah, kira-kira, apa panggilan Tuhan secara khusus kepada teman-teman untuk berpelayanan di gereja-Nya, melalui GKJW? Mari kita bersedia dan memberi diri “Aku untuk GKJW”.

Aktivitas
Minta remaja mengisi lembar komitmen (bisa dikreasi seperti pembatas Alkitab – jika dalam pertemuan onsite atau minta remaja membuat semacam quote yang bisa di share di status media sosial mereka). Isi : kesediaan untuk melayani di bidang ………….
Contoh:

…. untuk GKJW

Aku siap melayani di bidang …. sebagai … di GKJW …

Carita (Basa Jawi)
Remaja ingkang kinasih,
Timotius kui salah sijine tokoh ing Kitab Suci sing bisa kita dadekne inspirasi. Piyambake wes dadi pemimpin pasamuwan wiwit umure isih enom. Tamtu dudu perkara sing gampang dadi pemimpin ning pasamuwan. Apa maneh nalika semana, wong-wong patunggilan kulina dipimpin dening para rasul, utawa para sesepuh pasamuwan kang yuswane ya wes ora enom maneh. Awit saka iku, Timotius asring diremehake, apa maneh yen digayutake karo asal usule sing turunan campuran Yunani-Yahudi. Tamtu sansaya ndadekne wong-wong Yahudi sing dilayani kala-kala ngraoske ‘ragu’. Apa maneh sacara kajasmanen Timotius uga nduweni pambengan ing babagan kesehatane, utamane masalah ing pencernaan. Timotius uga nate ngalami dikunjara, dikuya-kuya awit Injil ingkang diwartosake. Nanging kabeh iku ora ndadekake Timotius nglokro, awit piyambake uga nduweni keluarga lan guru sing terus maringingi kekuatan.

Rasul Paulus minangka guru lan bapak rohanine Timotius temen anggene nresnani piyambake. Sanadyan ora isa bebarengan terus nanging Paulus tetep maringi arahan, nguatake, lan perhatian lumantar surat/layang kang dikirim marang Timotius. Ing layange, Paulus ngelingake Timotius minangka utusane Gusti, para pelados mestine kudu kaya prajurit, olahragawan, uga petani. Sanadyan penggaweane ketok beda-beda nanging pada-pada dilakoni kanti kasetyan supaya isa nggayuh kang dadi tujuane. Semana uga ndherek lelados dateng Gusti, dalane ora gampang, akeh godha, uga tantangan, nanging nalika kita setya, peladosan sing kita lampahi mesti uga dadi berkah.
Lha, coba sak iki kita nyawang diri kita dewe-dewe, apa ya timbalane Gusti tumrap kita, ing greja kita, GKJW? Ayo podha cumadhang lan munjuk atur “Aku untuk GKJW”

 

Bagikan Entri Ini: