I ♥ Indonesia Tuntunan Ibadah Remaja 18 Agustus 2019

Tahun Gerejawi: Bulan Pembangunan GKJW
Tema: Allah memberi Kemerdekaan / Nasionalis
Bacaan Alkitab: Kisah Para Rasul 5 : 12

Tujuan:

  1. Remaja dapat menceritakan kembali kisah Tuhan Yesus menjelaskan kewajiban sebagai warga negara.
  2. Remaja dapat menyebutkan kewajiban sebagai warga negara sebagai wujud nasionalisme.
  3. Remaja dapat melaksanakan kewajiban-kewajiban sebagai warga negara.
  4. Remaja dapat menyampaikan bahwa nasionalisme harus disertai ketaatan kepada Allah.

Ayat Hafalan:Usahakanlah kesejahteraan kota kemana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraaanmu (YEREMIA 29 : 7)

Lagu Tema: KJ.336: “Indonesia Negaraku”

Penjelasan Teks:

Perikop hari ini tidak terpisah dengan perikop selanjutnya, yaitu dua Konflik Yesus dengan para pemimpin Yahudi. Perdebatan pertama mengenai pajak yang harus dibayar kepada kaisar (ay. 13-17) dan kedua berkaitan dengan kepercayaan akan kebangkitan dan kehidupan sesudah kematian (ay. 18-27). Para pembaca Markus akan menemukan pola yang sama dalam kedua perdebatan. Pertama, para pemimpin mendekati Yesus dengan suatu pertanyaan cerdik, jelas mencoba “untuk menjebak Dia dalam pembicaraanNya” (ay. 13). Orang-orang Farisi dan kaum Herodian bertanya, apakah baik membayar pajak kepada kaisar Roma atau apakah itu bertentangan dengan hukum Musa (ay. 14). Dalam menjawab pertanyaan mereka, Yesus menunjukkan suatu kebijaksanaan yang menyingkapkan akal mereka yang hendak menjebak Dia. Ia mengemukakan kemunafikan mereka dalam suatu kasus (ay. 15) dan menunjukkan pemahaman mereka yang sempit tentang Kitab Suci di kasus lain (ay. 24).

Orang Yahudi yang baik (dan juga orang Kristen pembaca Markus) diharapkan untuk membayar “pajak” yang harus dibayarkan kepada pembesar sipil dan “memberikan kepada Allah apa yang wajib diberikan kepada Allah” (ay. 17). Orang-orang Yahudi (dan Kristen) yang benar-benar memahami Kitab Suci mereka tentunya tahu bahwa “Allah Abraham, Allah Ishak, Allah Yakub” bukanlah “Allah dari orang mati melainkan orang yang hidup” (ay.26-27). Akibat dari dua perjumpaan itu ialah bahwa pembaca Markus yang-pertama, seperti mereka yang terlibat dengan Yesus, akan “kagum”, terhadap kebijaksanaan Yesus (ay. 17) dan akan ketaatanNya kepada BapaNya, Allah yang hidup. Tetapi, Markus menghendaki lebih daripada kekaguman -ia menghendaki orang-orang Kristen meniru Tuhan mereka dengan menjadi rasul-rasul yang berani pada kebenaran dan kehidupan sendiri.

Menjadi jelas bahwa tidak ada jurang penghalang antara ketaatan kepada Tuhan dan ketaatan kepada Negara/pemerintah. Semua dapat berjalan bersama, saling menumpuk. Pada saat kita menjadi warga Tuhan, pada saat yang sama kita adalah warga Negara. Jadi kewajiban harus tetap dijalankan sesuai dengan porsinya masing-masing.

Pendahuluan

Diawali dengan menanyakan kepada anak, pengetahuan mereka tentang kewajiban sebagai warga Negara Indonesia menurut UUD 1945? (Sharing) – bisa juga dengan menuliskan pada sebuah kertas.

No Kewajiban Sebagai Warga Negara
1.
2.
3.

Cerita:

Mengapresiasi setiap jawaban yang muncul dari anak-anak remaja. Lalu melanjutkan dengan menyampaikan beberapa kewajiban/tanggung jawab dari warga Negara Indonesia kalau menurut Undang-Undang. (Tidak harus dibaca semua, bisa beberapa saja.

Kewajiban-Kewajiban Sebagai Warga Negara Indonesia Menurut UUD 1945

  1. Wajib menjunjung hukum dan pemerintah dengan asas persamaan kedudukan dengan tidak ada kecualinya (pasal 27 ayat 3)
  2. Wajib membayar dan melaporkan pajak (pasal 23 ayat 2)
  3. Wajib menghargai  Hak  Asasi  Manusia  dari  orang  lain  dalam  tertib  kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara (pasal 28 ayat 1)
  4. Wajib ikut serta dalam pertahanan dan keamanan Negara (pasal 30 ayat 1)
  5. Wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya (pasal 31 ayat 2)

Jadi ternyata kita sebagai warga negara punya tanggung jawab juga ya. Terlepas dari agama kita apa, dari ras, suku dan golongan apapun kita, kalau kita masih menjadi warga negara Indonesia, maka kita punya kewajiban untuk dilakukan.

Kira-kira  sesuai  tidak  dengan  ajaran  Kekristenan?  Apa  kata  Alkitab  tentang  menaati dan melakukan kewajiban sebagai warga negara? Diperbolehkan tidak? Apalagi kita ini adalah warga kerajaan Allah, kita taat kepada Allah, mengapa juga harus taat kepada negara? Menduakan Allah berarti? (Mengajak anak-anak remaja membuka dan membaca perikop hari ini dari Markus 12: 13-17)

Ternyata Tuhan Yesus sendiri menegaskan bahwa justru tanggung jawab orang percaya adalah mencintai Tuhannya dan mencintai negaranya. Apa yang menjadi kewajiban kita sebagai orang Kristen ya kita lakukan seperti beribadah, berdoa, membantu orang yang membutuhkan, bersaksi, menebarkan kasih dalam tindakan nyata. Nah, begitu juga dengan kewajiban sebagai warga negara seperti yang kita ketahui melalui Undang-Undang tadi, ya harus ditaati.

Nah, sekarang sebagai remaja Kristen dari GKJW yang tinggal di Indonesia. Apa yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan semangat Nasionalisme kita kepada Indonesia? Tentunya banyak hal. Bisa dengan semangat belajar di sekolah, mengikuti kegiatan-kegiatan organisasi sekolah atau pun di luar sekolah, melakukan bakti sosial untuk saudara-saudara kita sesame orang Indonesia yang mungkin tidak seberuntung kita, misalnya di Panti Asuhan atau di tempat-tempat kumuh, dan masih banyak kegiatan lainnya yang bisa kita lakukan.

Aktivitas

Pada saat itu
Aktivitas yang bisa dilakukan bisa beragam, namun yang sekiranya bisa dalam konteks sederhana adalah mengajak anak-anak remaja untuk membersihkan lingkungan gereja atau lingkungan masyarakat  sekitar,  membersihkan  dinding-dinding  di  luar  ruangan  yang  memiliki  banyak coretan-coretan.

Jangka Panjang
Pamong bersama dengan KPAR Jemaat bisa memikirkan kegiatan yang mendorong semangat anak- anak remaja untuk serius terlibat dalam kedamaian bangsa sebagai wujud kecintaan kepada Indonesia. Bisa dengan aktif/terlibat dalam organisasi-organisasi kebangsaan (P2TP2A) di bawah kementrian perempuan dan perlindungan anak yang ada di setiap kota/kabupaten di Indonesia.

 

Bagikan Entri Ini:

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •