Tuhan Yesus Menjumpai Murid-MuridNya Tuntunan Ibadah Anak Balita 8 April 2018

Bacaan: Yohanes 20 :19-23
Tahun Gerejawi: Paskah 2

Tema: Berkat Keselamatan
Tujuan: Anak dapat menceritakan kembali kisah Tuhan Yesus menampakkan diri kepada murid-muridNya.
Lagu Tema: “Adalah Sukacita Di hatiku”

“Damai sejahtera bagimu!”

PENJELASAN TEKS ( Untuk Pamong )
Pada malam hari setelah kebangkitan-Nya, para murid berkumpul di suatu rumah dan mengunci pintunya. Mereka takut pada orang-orang Yahudi, karena dikabarkan bahwa para murid itu telah mencuri mayat Yesus dan menyembunyikannya.

Ketika para murid dalam keadaan ketakutan itulah Tuhan Yesus menjumpai mereka. PenampakanNya yang tiba-tiba itu membuat para murid menjadi takut, bingung dan gemetar. Ketakutan mereka diredakan dengan perkataan / sapaan “ Damai sejahtera bagimu” dari Tuhan Yesus. Para murid sekarang benar-benar melihat-Nya bangkit/hidup. Namun masih ada keraguan apakah yang mereka lihat ini adalah tubuh yang sama dengan yang mereka lihat sudah mati.

Para murid itu sebenarnya sudah melihat wajah / wujud Tuhan Yesus serta mendengar suara-Nya yang sudah sangat mereka kenal. Tetapi untuk lebih meyakinkan mereka, Ia membuka tanganNya dan menunjukkan bekas luka/lubang di telapak tangan-Nya dan di lambung-Nya. Hal tersebut akhirnya membuat para murid yakin bahwa yang mereka lihat adalah bukan hantu. Dan merekapun bersukacita.

Setelah perjumpaan itu, Tuhan Yesus memandang para murid itu layak untuk menerima kepercayaan dan amanat dari-Nya, maka Ia mengembusi mereka dan berkata ,” Terimalah Roh Kudus.” Sekarang Roh Tuhan ada bersama mereka untuk memperlengkapi mereka dalam menjalankan semua pelayanan yang ada dihadapan mereka. Suatu kuasa khusus juga diberikan kepada mereka melalui amanat yang terdapat pada ayat 23. Hal tersebut tidak akan bisa mereka lakukan jika tidak ada Roh Kudus yang menyertai mereka.

PERSIAPAN CERITA
Pamong menyiapkan alat peraga yang diperlukan untuk mendukung cerita. (alat peraga sesuai dengan kreativitas pamong dan disesuaikan dengan metode cerita yang akan dilakukan). Atau jika akan bermain peran, siapkan para pemainnya)

Ajak anak-anak mengulang cerita minggu yang lalu dengan menggunakan gambar atau dengan pertanyaan-pertanyaan.

  • Berikan juga pertanyaan untuk mengarahkan pada cerita, misalnya :
  • Apa yang kalian lakukan kalau kalian takut ?
  • Apa yang membuat kalian takut ?
  • Apakah murid-murid Yesus pernah merasa takut ?
  • Kapan / apa yang menyebabkan mereka takut ?

CONTOH CERITA
Setelah murid-murid Yesus mendengar bahwa Yesus sudah tidak ada lagi di kubur, mereka semua menjadi takut.
(ajak anak-anak mempraktekkan ketika para murid ketakutan dan berkumpul kemudian mengunci pintu ruangan dari dalam)
“ Aduh bagaimana ini, Yesus hilang.”
“ Ya Yesus tidak ada lagi di kubur.”
“ Wah, jangan-jangan nanti kita yang disalahkan oleh prajurit-prajurit itu.”
“ Bisa- bisa kita nanti ditangkap dan dihukum.”
“ Apa yang harus kita lakukan ?
“Kita berkumpul saja disini dan kita kunci rapat-rapat pintu rumah.”

Lalu mereka mengunci pintu rumah supaya tidak ada orang lain yang bisa masuk. Dan kalau pintu rumah terkunci pasti para prajurit itu tidak akan bisa masuk untuk menangkap mereka. Tiba-tiba mereka mendengar suara,” Damai sejahtera bagimu.”
Mereka sangat terkejut. Siapa yang mengucapkan salam itu ? sepertinya suara itu sudah sangat mereka kenal. Mereka semakin terkejut ketika menoleh. Hah…ternyata itu Yesus. Apakah benar itu Yesus ? Bukankah Yesus sudah mati karena disalib? Kok bisa tiba-tiba masuk da nada di tengah-tengah mereka ?

Ya benar itu Yesus. Yesus yang sudah bangkit. Karena murid-murid-Nya masih bingung dan takut, Yesus membuka tangannya. O….ternyata benar-benar ada luka bekas lubang paku. Dan Yesus juga menunjukkan luka di lambung-Nya. Berati ini benar-benar Yesus. Murid-murid Yesus sekarang tidak takut lagi. Mereka bersukacita karena sekarang bisa bertemu Yesus lagi. Mereka melihat Yesus benar-benar sudah bangkit.
Yesus kemudian menghembuskan Roh Kudus pada para murid.

(Catatan untuk pamong : gambar yang digunakan pada hari akan digunakan pada hari ini akan digunakan lagi pada minggu depan)

AKTIVITAS
Bagikan gambar (ada pada CD), ajak anak-anak menempelkan gambar tersebut pada kertas/karton yang agak tebal.
Beri kesempatan pada anak-anak untuk bercerita dengan gambar tersebut.
Setelah selesai kumpulkan kembali gambar tersebut. ( jangan lupa beri nama masing-masing anak pada gambar mereka karena minggu depan akan dilanjutkan/digabungkan dengan gambar yang lain)

Lagu Tema : Kidung Anak-Anak no.63 “Percayalah”


Gambar: https://sweetpublishing.com/

 

Bagikan Entri Ini: