Para Perempuan di Kubur Yesus Tuntunan Ibadah Paskah 2018 Anak Balita

Bacaan: Markus 16 : 1-8
Tahun Gerejawi: Paskah

Tema: Paskah
Tujuan: Anak dapat menceritakan kembali kisah kebangkitan TuhanYesus.
Lagu Tema: Kidung Anak-Anak 194 “Yesus Sudah Bangkit!”

PENJELASAN TEKS ( Untuk Pamong ):

“…Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini…”

Tiga wanita murid Yesus menuju ke kuburan pada pagi-pagi benar dari tempat tinggal mereka. Namun karena kemungkinan jarak yang agak jauh dan beberapa halangan mereka baru tiba di kubur setelah matahari terbit. Mereka telah membeli rempah-rempah yang akan digunakan untuk meminyaki tubuh-Nya.

Dalam perjalanan sebenarnya mereka juga merasa kuatir jika nanti mereka tidak dapat masuk karena kubur ditutup dengan batu besar yang tentu sangat sulit untuk menggulingkannya. Namun karena kasih yang besar pada Tuhan Yesus dan keinginan yang sangat kuat untuk meminyaki tubuh-Nya, mereka tetap melanjutkan perjalanan. Bahkan mereka juga mengabaikan hambatan lain, yaitu penjagaan dari para serdadu. Para serdadu pasti akan mengusir para wanita itu dan melarang mereka memasuki kubur.

Ketika mereka sampai di kubur, ternyata kedua kesulitan yang kemungkinan akan menghadang para wanita itu ternyata sudah tidak ada. Mereka melihat batu itu sudah terguling. Inilah hal pertama yang membuat mereka takjub. Dan disana juga tidak ada lagi penjaga kubur yang menghalangi mereka untuk masuk. Merekapun masuk kedalam kubur dan melihat bahwa tubuh Yesus tidak lagi berada di tempat mereka meninggalkannya pada malam sebelumnya. Mereka justru melihat malaikat dalam rupa seorang muda yang memakai jubah putih yang duduk disebelah kanan. Ketiga wanita itu menjadi sangat terkejut dan takut. Namun malaikat menghapus ketakutan mereka dengan meyakinkan mereka bahwa Yesus sudah bangkit.

Malaikat itu menyuruh mereka untuk segera menyampaikan berita ini pada para murid-Nya yang lain. Demikianlah perempuan-perempuan dijadikan saksi karena kesetiaan mereka. Dan karena mereka juga menjadi murid yang pertama datang. Setelah mendengar perkataan malaikat, mereka cepat-cepat pergi untuk menyampaikan kabar tersebut kepada Petrus dan para murid yang lain. Karena masih diliputi ketakutan mereka tidak berbicara atau menceritakan apa yang mereka alami kepada orang lain. Mereka terus berlari sampai ke tempat para murid berkumpul , dan kemudian menceritakan tentang apa yang mereka lihat dan dengar kepada Petrus dan murid yang lainnya.

PERSIAPAN CERITA
Pamong bisa menyiapkan alat-alat peraga yang akan digunakan untuk mendukung cerita. Alat peraga bisa menggunakan yang sudah disiapkan dalam CD atau menggunakan alat peraga yang lain misalnya boneka, sesusai dengan kreativitas pamong . Dan disesuaikan dengan kondisi setempat.
Tanyakan kepada anak-anak cerita minggu yang lalu dan beberapa pertanyaan untuk mengarahkan pada cerita.

Contoh-contoh pertanyaan yang bisa diajukan :

  1. Siapa yang pernah ditinggal pergi ayah atau ibu karena ayah atau ibu karena ada tugas keluar kota ?
  2. Siapa yang telah ditinggal oleh kakek dan nenek yang dikasihi karena kakek atau nenek meninggal dunia ?
    Pasti sedih ya. Murid-murid Yesus juga sangat sedih ketika Yesus disalibkan dan kemudian dikuburkan. Karena mereka sangat mengasihi Yesus dan mereka berpikir kalau mereka tidak akan bisa bertemu Yesus lagi.

CONTOH CERITA
Setelah Yesus disalibkan, kemudian Yesus dikuburkan. Kubur Yesus bentuknya seperti gua. Setelah Yesus dibaringkan di dalam gua, lalu gua itu ditutup dengan batu yang sangat besar. Di luar gua itu beberapa prajurit menjaganya.

Murid-murid Yesus merasa sangat sedih. Tiga orang perempuan murid Yesus ingin menengok Yesus. Maka mereka membuat rencana untuk pergi pada hari Minggu. Sebelumnya mereka terlebih dahulu membeli rempah-rempah dan minyak wangi. Karena mereka akan meminyaki tubuh Yesus. Pagi-pagi benar tiga perempuan itu sudah bangun, menyiapkan rempah-rempah dan minyak wangi, kemudian dibawa ke kubur Yesus. Mereka sudah tidak sabar ingin segera meminyaki tubuh Yesus.

Di tengah perjalanan mereka teringat kalau kubur Yesus ditutup dengan batu yang sangat besar. Siapa yang akan menggesernya ? Pasti mereka tidak akan kuat menggesernya. Karena batu yang menutup gua sangat besar dan berat. Bagaimana caranya bisa masuk jika tidak bisa menggeser batu itu? Meskipun masih bingung dan sangat sedih karena belum tahu cara masuk ke kubur Yesus, mereka tetap meneruskan perjalanan. Sampai di kubur Yesus mereka sangat terkejut. Batu yang menutup kubur Yesus sudah terguling. Siapa yang membukanya? Para penjaga juga tidak ada. Maka masuklah para perempuan itu. lagi-lagi mereka terkejut dan menjadi sangat takut. Di dalam ada orang muda memakai jubah putih yang duduk di sebelah kanan. Siapakah dia ? Ternyata dia adalah malaikat.

Malaikat itu berkata,” Jangan takut ! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada disini. Lihat ! inilah tempat mereka membaringkan Dia. Ketiga perempuan itu melihat ke tempat Yesus dibaringkan. Ternyata Yesus benar-benar tidak ada disana. Mereka bertambah sedih dan bingung. Lalu malaikat itu berkata lagi,” sekarang pergilah, katakan pada murid-murid-Nya dan Petrus, Ia mendahului kamu ke Galilea, disana kamu akan melihat Dia, seperti yang sudah dikatakan-Nya kepada kamu.

Ketiga perempuan itu segera berlari untuk menjumpai teman-temannya. Mereka sangat takut. Mereka terus berlari. Setelah sampai di tempat teman-temannya berkumpul, barulah mereka menceritakan apa yang mereka lihat dan dengar.

AKTIVITAS
Ajak anak-anak membuat diorama tiga wanita di kubur Yesus (contoh terlampir di CD).
Sambil membuat diorama beri anak-anak pertanyaan tentang cerita tiga wanita di kubur Yesus. (misalnya sambil memasang gambar tiga wanita , tanyakan : siapakah mereka, mau kemana mereka, apa yang dibawa, dst). Setelah diorama itu jadi, beri kesempatan pada anak-anak untuk bercerita secara sederhana tentang tiga wanita murid Yesus di kubur Yesus.


Gambar: https://sweetpublishing.com/

 

Bagikan Entri Ini: