Hagar dan Ismael Tuntunan Ibadah Anak Balita 29 April 2018

Bacaan : Kejadian 21:8-21
Tahun Gerejawi : Paskah 5
Tema : Tuhan Memelihara
Tujuan : Anak dapat menceritakan kembali kisah pemeliharan Allah kepada Hagar dan Ismael.
Lagu Tema : KJ 283 “Gembalaku Tuhan”

PENJELASAN TEKS ( Untuk Pamong )

Abaraham mendapat dua orang anak. Yang pertama, ia mendapatkan seorang anak yang bernama Ismail dari Hagar. Sedangkan anak kedua bersama Ishak dari Sara. Keduanya tumbuh bersama-sama. Tetapi rupanya Sara tidak menyukai Ismail. Oleh sebab itu, Sara menyuruh Abraham agar mengusir Ismail. Abraham menuruti perkataan Sara tetapi dengan hati yang jengkel (ayat 11). Tetapi Abraham tidak bisa menolak permintaan Sara. Dalam hal ini Abraham sudah bertindak tidak tegas sebagai kepala rumah tangga. Meskipun ia tidak setuju dengan keputusan Sara, tetapi Abraham tetap mengusir Hagar dan Ismail.

Dengan terseok-seok, Hagar harus berjuang keras bertahan hidup bersama dengan anaknya, Ismail, di tengah padang pasir yang ganas. Tetapi alam lebih kejam. Hagar menyerah.

Di tengah-tengah penderitaannya itu, ia berseru kepada Tuhan dan Tuhan mendengar jeritan hati Hagar. Tuhan memelihara Hagar. Tuhan tidak membiarkan Hagar seorang diri berjuang untuk hidup. Tuhan bukan hanya mendengar jeritan Hagar tetapi Ia juga berjanji akan membuat bangsa keturunan Ismail menjadi bangsa (ayat 13).

Melalui cerita ini kita bisa belajar bahwa Tuhan selalu mendengar jeritan hati anak-anakNya jika mau berseru dengan sungguh-sungguh kepadaNya. Tuhan tidak akan membiarkan kepunyaanNya dalam penderitaan yang berlarut-larut.

 

PERSIAPAN CERITA

Pamong menyiapkan alat-alat peraga yang diperlukan untuk mendukung cerita ( sesuai kreativitas pamong setempat )

Berikan pertanyaan-pertanyaan sebagai pembuka atau untuk mengarahkan pada cerita yang akan disampaikan.

  • Siapa yang pernah pergi jauh ?
  • Naik kendaraan apa ?
  • Pergi dengan siapa ?
  • Apa saja bekal yang dibawa ?
  • Takut atau tidak naik pesawat terbang, kapal laut, dsb ?

Kalau kita takut, sebelum pergi atau mengadakan perjalanan kita berdoa dulu pada Tuhan ya, supaya Tuhan menjaga dan melindungi kita.

Nah pagi ini kita akan mendengarkan cerita tentang seorang anak yang melakukan perjalanan jauh dengan ibunya.

 

CONTOH CERITA

Hagar adalah seorang yang membantu rumah tangga di rumah Abraham dan Sara. Karena Sara tidak mempunyai anak, maka Sara menyuruh Abraham untuk menikah dengan Hagar dan melalui Hagar lahirlah Ismail.

Ternyata Tuhan mengjinkan Sara hamil di usianya yang sudah tua dan melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama Ishak. Rupanya Sara tidak menyukai Ismail. Oleh sebab itu Sara menyuruh Abraham agar Hagar dan Ismail tidak tinggal di rumah mereka. Dan Abraham menuruti perkataan Sara.

Dengan membawa bekal secukupnya, pergilah Hagar dan Ismail. Namun sayang, persediaan air dan makanan lama-lama habis karena mereka harus melewati padang pasir. Ismail menjadi lemas karena kekurangan iar. Hagar menjadi bingung karena anaknya hampir mati.

Di tengah-tengah kebingungannya, Hagar berseru kepada Tuhan. Hagar memohon kepada Tuhan agar tidak membiarkan mereka mati. Dan Tuhan mendengar doa Hagar. Tuhan menolong Hagar dan Ismail. Akhirnya Hagar dan Ismail tidak jadi mati karena Tuhan menjaga dan memelihara mereka melalui menyediakan air. Sungguh luar biasa pertolongan Tuhan. Tuhan tidak pernah membiarkan orang yang dikasihiNya menderita.

 

AKTIVITAS

Ajak anak-anak untuk membuat alat peraga (video sederhana) . Kemudian ajak anak-anak untuk mengulang cerita tentang Hagar dan Ismael dengan menggunakan alat peraga tersebut.

Berikan tugas pada anak-anak untuk menceritakan ulang pada orang tua /keluarga di rumah dengan gambar-gambar tersebut.

lagu tema : Tiap Waktu

 

Bagikan Entri Ini:

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •