Aku Bertanggung Jawab Tuntunan Ibadah Anak Balita 11 Maret 2018

Bacaan: Yunus 1:1-15
Tahun Gerejawi: Pra Paskah IV

Tema: Tanggung Jawab
Tujuan: Anak dapat menceritakan kembali kisah Yunus yang diutus ke Niniwe.
Lagu Tema: Kidung Sekolah Minggu 268 “Anak-anak Tuhan”

PENJELASAN TEKS (Untuk Pamong)

Badai besar menghantam kapal Yunus

Kisah Yunus yang terkenal ini mengajarkan kepada kita untuk menjadi orang yang taat dan bertanggung jawab. Yunus telah menyadari akibat dari kesalahan dan ketidakpatuhannya mengikuti perintah Tuhan yang memintanya ke Niniwe, namun ia malah melarikan diri ke Tarsis. Badai besar yang mengombang ambingkan perahu membuat Yunus sadar akan kesalahannya, dan ia turut merasa bertanggung jawab atas bencana yang terjadi.

Oleh karena itulah, Yunus berkata (ayat 12) “angkatlah aku, campakkanlah aku ke dalam laut, maka laut akan menjadi reda..karena akulah badai besar ini menyerang kamu”.

Rasa tanggung jawab yang telah ditunjukkan oleh Yunus ini menjadi teladan bagi pamong dan anak-anak untuk berani juga bertanggung jawab atas perbuatan yang dilakukannya.

PERSIAPAN CERITA
Cerita ini dibawakan dalam bentuk permainan estafet bola. Siapkan bola plastik kecil dan mintalah anak-anak untuk menerima dan memindahkan bola dengan satu atau dua punggung tangan, bukan telapak tangan. Bagi yang menjatuhkan bola, diminta untuk duduk atau berpindah membuat barisan di depan. Jika dirasa cukup atau sudah ada 3-5 anak yang menjatuhkan bola, permainan bisa dihentikan. Di akhir permainan, masuklah dalam cerita reflektif.

CONTOH CERITA (untuk Anak-Anak)
Adik-adik.. ini adalah contoh sikap bertanggung jawab. Teman-teman kita yang duduk atau berada di barisan depan ini bertanggung jawab atas kekeliruan dirinya. Menurut adik-adik apa kekeliruannya? Mereka belum bisa menjaga bola dengan baik, sehingga terjatuh.. dan sebagai konsekuensinya / tanggung jawabnya mereka duduk dan berkelompok di depan. Nah.. mumpung di depan mari kita minta untuk menari yuuk..

(setelah semua kembali duduk, masuklah pada cerita)
Di Alkitab, ada juga seorang yang bertanggung jawab atas kesalahan yang pernah diperbuatnya, namanya bapak Yunus. Ada yang tahu kesalahannya?

Dia pernah diperintahkan Tuhan untuk pergi ke Niniwe (tunjukkan gambar peraga atau pamong memeragakan diri berjalan ke arah kanan, seolah-olah Niniwe sebelah kanan). Namun sayang.. pak Yunus tidak taat dan malah mau melarikan diri ke Tarsis (pamong berbalik 180 derajat berjalan ke kiri) dengan naik perahu.

Tiba-tiba, di tengah-tengah laut, ada ombak badai yang besar sekali, sehingga kapal yang ditumpangi pak Yunus menjadi oleng (ajak adik-adik memeragakan saat duduk di dalam kapal yang oleng). Semua barang-barang kapal diturunkan dan dilempar ke laut, mungkin kelebihan muatan, namun tetap saja kapalnya oleng. Nahkoda kapal bingung, semua diminta berdoa.. ee.. pak Yunus malah tidur nyenyak. Sewaktu diadakan undian, pak Yunuslah yang kena. Lalu dia mengaku : “karena akulah, kapal ini oleng dihantam badai. Akulah yang menyebabkannya..” Kemudian pak Yunus dilempar ke laut dan badainya reda, kapalpun tenang.

Nah… adik-adik yang hebat, kita harus mencontoh pak Yunus menjadi anak yang bertanggung jawab. Seperti apa anak yang bertanggung jawab. Anak yang bertanggung jawab itu habis makan kue, bungkusnya dibuang ke tempat sampah. Anak yang bertanggung jawab itu, bilang permisi kalau meminta bantuan, meminta maaf saat melakukan kesalahan dan berterima kasih setiap kali menerima sesuatu.

AKTIVITAS: Menandai perilaku bertanggung jawab (CD Peraga)


Gambar: https://sweetpublishing.com/

 

Bagikan Entri Ini: