Aku Anak Setia Tuntunan Ibadah Anak Balita 18 Maret 2018

Bacaan: 1 Timotius 4 : 8-16
Tahun Gerejawi: Pra Paskah V

Sub Tema: Setia
Tujuan: Anak dapat mengulang penjelasan Pamong tentang arti setia beribadah
Lagu Tema: “Baca Kitab Suci”

PENJELASAN TEKS (Untuk Pamong):
Setiap orang beragama sangat paham dengan istilah ibadah, begitu juga orang Kristen. Yang perlu dipahamkan bahwa ibadah itu tidak terbatas pada ritual sembahyang, berdoa, membaca Alkitab ataupun menyanyi. Ibadah merupakan penghayatan manusia terhadap Tuhan yang mencipta dan memelihara hidup dengan baik, sehingga manusia selalu berusaha menjaga hidupnya, dirinya dan juga hatinya dengan melakukan hal-hal yang baik juga.

Menjadi manusia yang baik, diawali sejak dini. Yang melakukan perbuatan baik adalah semua orang, termasuk anak-anak yang masih sangat muda. Hal itulah yang diungkapkan Paulus kepada Timotius sebagai anak rohaninya yang masih muda. Timotius diharapkan berjuang menjadi anak muda yang baik dalam perkataan, tingkah laku, kasih, kesetiaan dan kesucian. Timotius dipanggil menjadi teladan bagi orang-orang di sekitarnya melalui kesetiaanya beribadah.

PERSIAPAN CERITA:
Siapkan berbagai macam gambar (lihat CD Peraga), dicetak, dilipat dan diberi nomer di kertas baliknya.
Orang tersenyum, menolong teman, makan bergizi, membaca Alkitab, berdoa dan ke gereja. Kertas ini nanti akan menjadi aktivitas anak-anak dengan diwarnai. Kertas dilipat dan dibagikan kepada anak-anak. Jika sudah mendapatkan, anak-anak diminta untuk membuka.

CONTOH CERITA (untuk Anak-Anak):
Adik-adik yang sudah mendapatkan gambar, ayo dibuka.. kira-kira menurut kalian itu gambar apa?
Siapa yang mendapatkan gambar 1? Itu adalah gambar senyum. Coba tunjukkan senyum manis kalian? (tanyakan kepada anak-anak yang lain). Senyumannya manis kah? Orang yang tersenyum itu berarti sedih atau senang? Iya, yang tersenyum itu biasanya hatinya senang, yang melihatnya juga ketularan jadi senang. Walaupun hatinya sedih atau marah kalau lihat orang tersenyum itu jadi adem, jadi tenang.

Siapa yang mendapatkan gambar 2? Itu adalah gambar anak yang menolong teman. Siapa yang yang pernah ditolong teman? Siapa yang pernah menolong teman? (tanyakan lebih lanjut 1-2 pengalaman anak-anak). Senang ya kalau kita bisa membantu teman, misalnya meminjamkan mainan, membagi makanan / minuman. Anak Tuhan yang hebat adalah yang suka membantu teman.

Siapa yang mendapatkan gambar 3? Itu adalah gambar anak yang sedang makan. Siapa yang makan sehari 3 kali? Apa makanan kesukaanmu? Iya.. anak yang makan teratur dan bergizi adalah anak yang menjaga dirinya supaya tetap sehat. Anak yang sehat akan bisa melakukan banyak hal yang baik.

Siapa yang mendapatkan gambar 4? Itu adalah gambar orang membaca Alkitab, berdoa dan ke gereja. Siapa yang rajin berdoa? Siapa yang tiap Minggu ke gereja? Membaca Alkitab dan berdoa adalah cara orang Kristen berbicara dengan Tuhan. Pergi ke gereja adalah cara orang Kristen bertemu saudara seiman dan berbakti kepada Tuhan.

Adik-adik yang baik.. Semua itu tadi adalah bentuk ibadah. Anak Tuhan yang baik adalah mereka yang setia beribadah. Hal itu pernah dilakukan sama om Timotius pada saat ia muda. Ia semangat melakukan nasihat bapak Paulus supaya menjadi teladan dan contoh dalam banyak hal yang baik. Ia suka berkata baik, ia mengasihi banyak orang, ia sopan dalam bersikap dan bisa menjaga diri.

Jadi.. seperti om Timotius, yuk.. menjadi anak-anak hebat yang setia beribadah dimanapun kita berada dengan sering tersenyum, suka membantu teman, makan teratur, ke gereja, membaca Alkitab dan berdoa.

AKTIVITAS :
Mewarnai gambar yang diterimanya (atau bisa juga ditukar).

 

 

Bagikan Entri Ini: