Earworms Pancaran Air Hidup Junior 26 Januari 2023

Bacaan: Amsal 2:1-5
Nats:Hai anakku, jikalau engkau menerima perkataanku dan menyimpan perintahku di dalam hatimu, sehingga telingamu memperhatikan hikmat, dan engkau mencenderungkan hatimu kepada kepandaian.” (Amsal 2:1-2)

Teman-teman….beberapa waktu lalu pernah viral di TikTok lagu “Tuhan Yesus tidak Berubah”. Jika kalian tidak tahu lagu tersebut, silahkan buka link video youtube ini ya. Jika mendengar lagu ini, setiap orang akan berjoget mengikuti irama lagu. Memang lagu ini diciptakan untuk umat Kristen, tetapi sejak lagu ini terkenal dinyanyikan oleh siapa saja, termasuk di luar Kristen.

Teman-teman….tahu gak kenapa musik atau lagu yang viral seperti lagu ini bisa terngiang-ngiang terus di telinga? Rasanya lagu itu muter terus di kepala, sehingga membuat kita menyanyikan lagu itu tanpa sadar. Ada penelitian soal ini sehingga ada istilah untuk fenomena ini: earworms atau cacing di telinga.

Menurut para peneliti, fenomena earworms ini dikarenakan otak kita memilih untuk mendengar dan mengingat lirik dan melodi tertentu yang sederhana, unik dan menarik. Karena itulah ada potongan lagu tertentu yang terngiang terus di telinga, bahkan saat kita tidak sedang mendengarkan musiknya.

Nampaknya penulis Kitab Amsal juga berpendapat soal earworms ini. Menurutnya kita juga harus memilih tentang apa yang kita dengarkan, agar hati kita juga terpaut pada hal-hal baik seperti hikmat dan kepandaian. Karena apa yang kita dengar akan mempengaruhi kecenderungan hati. Nah teman-teman, sekarang ini kita punya banyak sekali pilihan konten untuk ditonton dan didengar. Ingat pesan Amsal ya, agar memilih konten yang baik untuk kita dengar dan tonton, agar kecenderungan hati kita sesuai dengan kehendak TUHAN.

Teman-teman, coba tunjukkan channel atau akun favorit teman-teman pada orang tua atau siapa pun yang lebih dewasa. Diskusikan dengan mereka, mengapa kalian menyukai konten itu dan apakah konten channel itu baik untuk anak seusiamu.

Doaku:Terimakasih karena Tuhan sudah memberikan aku telinga, tolong aku ya Tuhan untuk bijak memilih apa saja yang baik untuk ku dengar. Amin.

 

Bagikan Entri Ini: