Hama Renungan Harian Anak 22 Desember 2020

Bacaan Alkitab: Zakharia 12:1-9
Nats: “
Pada waktu itu Aku berikhtiar untuk memunahkan segala bangsa yang menyerang Yerusalem.” (Zakharia 12:7)

Teman-teman, pernahkah kalian menjumpai buah yang busuk sebelum matang atau berlubang? Jika pernah, berarti tanaman tersebut terkena hama. Tahukah kamu apa itu hama? Hama adalah hewan yang mengganggu atau merusak tanaman sehingga pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan menjadi terganggu. Hama yang menyerang tanaman itu ada berbagai macam, yaitu wereng, gangsir, tikus, ulat tanah, lalat buah, walang sangit dan kutu. Agar tanaman petani tidak rusak dan petani tidak rugi karena tanamannya tidak menghasilkan buah yang baik, biasanya para petani melakukan upaya pengendalian dan pemberantasan hama. Semua itu dilakukan oleh petani untuk melindungi tanamannya agar dapat berbuah dengan baik.

Teman-teman, melindungi tanaman dari bahaya hama sangat penting agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Dalam bacaan ini, Tuhan seumpama petani yang melindungi penduduk Yerusalem dari bahaya bangsa lain karena bangsa lain ingin merusak penduduk Yerusalem. Tuhan tidak ingin penduduk Yerusalem yang dikasihi-Nya menjadi celaka. Akh…..Tuhan sungguh sangat menyayangi penduduk Yerualem. Dan….Tuhan juga sangat menyayangi kita, maka Ia akan dengan sungguh-sungguh melindungi kita dari bahaya. Wah…senangnya.

Yuk…kita belajar mengenal berbagai hama yang menyerang tanaman. Tugas kalian adalah menuliskan hewan di bawah ini biasanya menyerang tumbuhan pada bagian apa ya?

Nama Hama Bagian yang Diserang
1. Artona Menyerang bagian daun kelapa
2. Walang sangit
3. Lalat buah
4. Gangsir
5. Wereng

Doa : “Tuhan Yesus, tolonglah para petani padi agar tanamannya tidak diserang hama sehingga dapat menghasilkan buah padi yang banyak, Amin.”

 

Bagikan Entri Ini:

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •