Berani Mengakui Pancaran Air Hidup Junior 16 Juni 2022

Bacaan: Kis.Para Rasul 10: 34-36
Nats:Setiap orang dari bangsa manapun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya.” (ay 5)

Setelah kita belajar dari Dorkas mengenai perbuatan baik, mari kita belajar kepada perdebatan antara Petrus dan Kornelius. Petrus dan Kornelius sama-sama tertarik pada injil. Memang jabatan Petrus lebih besar yakni diakui sebagai rasul, sedangkan Kornelius adalah perwira tentara Romawi.

Setelah kita mengetahui ciri-ciri perwira romawi dan ciri-ciri rasul, mari kita melihat bagaimana kisah percakapan Petrus dengan Kornelius. Jelas bahwa Petrus adalah rasul Tuhan. Tugas rasul adalah menyebarkan injil. Kornelius adalah perwira romawi. Rasul dan Perwira memiliki tugas yang berbeda. Kornelis walaupun dirinya adalah perwira romawi, Kornelius tetap percaya pada Yesus. Berbeda dengan perwira atau tentara Romawi lainnya, mengikut Yesus dan mengakui di hadapan orang lain adalah hal yang luar biasa.

Pada umumnya para tentara romawi tidak percaya kepada Yesus sebagai juruselamat, jika ada yang percaya pasti ketakutan untuk mengakui dihadapan orang lain. Kornelius justru melakukan hal yang baik dengan mengakui dihadapan Petrus. Oleh karena keberanian Kornelius, pemahaman Petrus jadi berubah. Bahwa mengikut Yesus juga bisa dilakukan oleh orang di luar Israel/Yahudi. Semua hal ini dikarenakan kuasa Allah yang menggerakkan hati
Kornelius untuk percaya kepada Yesus.

Doaku:Tuhan ajarkan kepadaku untuk berani mengakui bahwa aku sebagai pengikut Yesus, Amin.”

 

Bagikan Entri Ini: