Beribadah Ditengah Merebaknya Covid-19 Pemberitahuan dan Himbauan dari Pelayan Harian Majelis Agung GKJW

Malang, 16 Maret 2020

Kepada Yth.
Majelis Jemaat se-GKJW
di tempat

Salam dalam kasih Tuhan.

Menindaklanjuti Himbauan MPH-PGI tanggal 16 Maret 2020 terkait dengan makin merebaknya Covid-19 yang mana WHO telah menetapkannya sebagai pandemi dunia, dan Pemerintah Republik Indonesia telah menetapkannya sebagai bencana nasional, maka melalui surat ini ada beberapa hal yang perlu kami, PHMA GKJW, sampaikan kepada seluruh jemaat se-GKJW, yaitu :

  1. Jemaat / warga jemaat dihimbau untuk mengurangi kegiatan-kegiatan yang menghadirkan kerumunan massa lebih dari 30 orang (mulai tanggal 18-29 Maret 2020), serta mengurangi kegiatandi luar rumah dan lebih banyak berdiam diri di rumah membangun komunikasi dengan keluarga.
  2. Segala kegiatan Ibadah Jemaat (Ibadah Minggu/Patuwen/Keluarga) mohon sedapatnya dilaksanakan di rumah masing-masing bersama keluarga. Ini adalah momen penting dalam masa Pra-Paskah bagi kita untuk merenungkan kembali tentang keberadaan kita, sebagai bagian dari tubuh Kristus, yang seharusnya mampu menebar teladan dalam bersatu padu bersama Pemerintah, bangsa dan negara, serta Persekutuan Gereja-Gereja untuk menciptakan damai sejahtera di bumi.Kita bersama meyakini bahwa Allah itu Mahakuasa, yang tentu sanggup melepaskan kita dan bangsa ini dari berbagai bencana dan malapetaka, termasuk wabah penyakit Covid-19. Oleh sebab itu, bukan hanya melalui iman dan doa saja, namun sekaligus melalui perbuatan: marilah kita bahu-membahu bersama pemerintah dan masyarakat untuk memutus rantai penularan virus Covid-19.Inilah wujud partisipasi iman GKJW terhadap himbauan pemerintah dan PGI berkenaan dengan pandemi Covid-19.
  3. Jika ada jemaat yang masih menghendaki pelaksanaan ibadah dalam sebuah persekutuan (perkumpulan), maka hendaknya pelaksanaan ibadah tersebut dengan cermat harus memperhatikan hal-hal berikut:
    1. Lakukanlah fogging disinfektan pada ruang ibadah sehari sebelum ibadah, atau setidaknya pastikan pembersihan total ruangan ibadah;
    2. Sediakanlah fasilitas cuci tangan (air mengalir dan sabun antiseptik) dan hand sanitizer pada beberapa titik di sekitar tempat persekutuan atau ibadah. Pastikan bahwa semua umat melalui proses cuci tangan ini sebelum memasuki ruang ibadah;
    3. Sediakan pengukur suhu di pintu masuk tempat ibadah, dan pastikan semua umat diukur suhu tubuhnya. Apabila ada warga memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat celcius, agar diminta segera pulang dan periksakan diri ke dokter. Demikian pula dengan umat yang sedang memiliki gejala-gejala flu, batuk dan sesak napas;
    4. Sebaiknya dihindari kontak langsung seperti bersalaman sesama umat. Bisa dikembangkan ragam alternatif untuk bersalaman seperti membungkuk, melambaikan tangan atau salam ‘namaste;
    5. Untuk posisi duduk selama di dalam ruangan ibadah, kiranya dapat diatur dengan jarak yang aman/memadai;
    6. Pemberian persembahan yang umumnya menggunakan kantong kolekte, saat ini sebaiknya diganti dengan kotak khusus yang diletakkan sesuai kebiasaan masing-masing Gereja. Demikian pula dalam penghitungan persembahan seusai ibadah, sebaiknya para petugas menggunakan sarung tangan sekali pakai dan tidak mengusapkan jari di area seputar wajah selama proses penghitungan.
    7. Proses ibadah hendaknya dilakukan dengan cara yang efektif (cenderung singkat) dan padat, namun tidak meninggalkan esensi dari ibadah tersebut.
  4. Bagi jemaat-jemaat yang masih melaksanakan Ibadah Minggu tanggal 22 Maret 2020, PHMA telah menyertakan Tata Ibadah Khusus yang seharusnya digunakan sebagai wujud partisipasi iman GKJW terhadap himbauan pemerintah dan PGI berkenaan dengan pandemi Covid-19 (Tata Ibadah terlampir). Mohon seluruh Majelis Jemaat bisa menggunakan tata ibadah tersebut, dengan mengupayakan untuk menayangkan minimal 2 item dari beberapa lampiran berikut :
    1. Surat Penggembalaan GKJW ttg Covid-19 (pdf)
    2. Imbauan MPH PGI – Covid-19 (pdf)
    3. Imbauan PGI: Ibadah Gereja & Pencegahan Virus Covid-19 (mp4)
    4. Surat Edaran Gubernur tentang Covid-19 (jpeg)
    5. Social Distancing (jpeg)
    6. Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh Menghadapi Virus dari PGI (mp4)
    7. Bagaimana Wabah Covid-19 bisa berakhir (mp4)
Baca Juga:  Surat Penggembalaan GKJW Tentang Virus Corona

Demikian pemberitahuan dan himbauan kami, atas dukungan dan kerjasamanya yang baik kami sampaikan banyak terima kasih. Tuhan memberkati pelayanan kita bersama.

 

Pelayan Harian Majelis Agung GKJW
Sekretaris Umum

Pdt.Dr.Budi Cahyono

 


Surat pemberitahuan dan himbauan ini dapat diunduh disini

Tata Ibadah Khusus dapat diunduh disini

 

Bagikan Entri Ini:

  • 7
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •