Semangat CPPA!!

Bacaan : Amsal 17 : 1 – 5 | Pujian: KJ 249
Nats: “Lebih baik sekerat roti yang kering disertai dengan ketentraman, dari pada makanan daging serumah disertai perbantahan.”[ayat 1]

Sejak pertengahan Februari yang lalu, 12 orang dari berbagai Jemaat GKJW yang sebelumnya tidak mengenal satu sama lain tiba-tiba diharuskan tinggal bersama di satu atap. Mereka adalah para warga GKJW yang menyediakan diri untuk menjadi peserta Crash Programme Pendeta Angkatan (CPPA) GKJW.

Meski memiliki banyak perbedaan, namun mereka harus melakukan banyak hal bersama paling tidak selama sepuluh bulan. Tentulah proses adaptasi ini juga ditolong oleh bapak Asrama dan beberapa Pendeta lain yang menjadi mentor. Meski kehidupan bersama tak mudah, namun dijalani dengan sukacita dengan kesadaran bahwa mereka sama-sama berjuang memenuhi panggilan Tuhan untuk melayani di GKJW sebagai Pendeta. Sebagai salah satu fasilitator yang sempat merasakan hidup bersama para calon Pendeta di Asrama Coolen selama tiga minggu, saya turut larut dalam tiap tawa canda, pergumulan dan perjuangan mereka menjalani pendidikan di IPTh. Balewiyata. Hal yang saya ingat dari kebersamaan para calon Pendeta ini adalah mereka suka saling menyemangati, mengepalkan tangan ke atas sambil berkata: ayo semangaaatttt!!!! Ya, kebersamaan ini terasa manis dan membuahkan ketenteraman.

Nasehat hikmat penulis Amsal hari ini sangat menarik. Menurutnya yang paling penting dalam kehidupan bersama bukanlah apa yang dimakan, tapi bagaimana suasana makannya. Sang penulis hikmat berpendapat bahwa sekerat roti kering bahkan terasa lebih baik jika dimakan dalam ketenteraman, ketimbang daging yang dimakan dalam suasana perbantahan (ay. 1). Ketenteraman membuat roti kering terasa selezat daging.

Nah, bagaimana suasana hidup bersama kita selama ini, baik dalam keluarga, pekerjaan dan juga di dalam kehidupan Jemaat? Apakah kita sudah menciptakan ketenteraman atau malah dipenuhi dengan perbantahan? Seperti para calon Pendeta Angkatan yang berusaha menciptakan ketenteraman di Asrama Coolen, mari kita pun belajar untuk selalu membawa ketenteraman dalam hidup bersama. Semangaaatttt!!!! [Rhe]

“Tanpa semangat kita tidak bisa mencapai sesuatu yang besar.” (Ralph Waldo Emerson)

 

Bagikan Entri Ini: