Sinergi Pancaran Air Hidup 6 Juni 2023

Bacaan: 1 Korintus 12 : 4 – 13 | Pujian : KJ. 258
Nats:Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.” (Ayat 7)

John Robert Wooden adalah seorang pemain bola basket Amerika Serikat dan pelatih kepala di Universitas California di Los Angeles (UCLA). Ia bekerja kurang lebih 12 tahun sebagai pelatih kepala di UCLA, dengan meraih rekor tujuh kali juara berturut-turut. Pelatih yang sukses itu, tidak luput dari pemain-pemain berbakat yang mau bersatu dan bekerja sama dalam satu tim. Walaupun memiliki kemampuan yang berbeda-beda, tetapi John Wooden mampu menyatukan mereka, sehingga menjadi tim terbaik. Para pemain dapat bersinergi dengan baik, sehingga menghasilkan kemenangan demi kemenangan.

Bacaan hari ini juga berbicara tentang bermacam-macam karunia. Karunia-karunia itu diberikan kepada tiap-tiap orang untuk kepentingan bersama (Ay. 7). Artinya dipakai dalam pelayanan untuk kemajuan gereja, membangun komunitas Kristen, dan untuk menyebarluaskan Injil Kristus. Itu sebabnya ada yang diberi karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, diberi karunia untuk bernubuat, diberi karunia untuk memberikan iman, diberi karunia untuk mengadakan mujizat, dan lain-lain (Ay. 8-10). Itu semua berasal dari Allah dan dipakai untuk kemuliaan nama-Nya.

Kita diberi karunia oleh Tuhan dengan karunia yang berbeda-beda. Kita harus menggunakan karunia itu dengan baik untuk kemuliaan Allah. Kita menyadari bahwa semua karunia itu adalah anugerah Allah. Kini mari kita renungkan dan sadari karunia apa saja yang sudah Tuhan berikan kepada kita? Sudahkah karunia itu kita gunakan untuk memuliakan nama Tuhan? Mari kita menyadari bahwa setiap karunia adalah pemberian Tuhan melalui karya Roh Kudus, maka seharusnya karunia yang kita miliki bukan untuk disombongkan melainkan kita pergunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk melayani Tuhan. Setiap kita memiliki karunia yang berbeda, sehingga kita didorong untuk bersinergi dengan orang lain dengan karunia yang berbeda dalam upaya mewujudkan kerajaan Allah di dunia ini. Dengan demikian damai sejahtera dapat terwujud dalam kehidupan kita. Amin. [RES].

“Bekerjasama pasti lebih baik daripada bekerja sendiri-sendiri”

 

Bagikan Entri Ini: