Cangkul dan Tongkat Golf Renungan Harian 29 April 2018

Bacaan: I Yohanes 4:7-21 Pujian: KJ. 305
Nats:
Marilah saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah”  (ay.7)

Konon energi yang diperlukan untuk mengayuh sebuah tongkat golf dan sebuah cangkul sama besarnya. Tapi, mengapa seorang pengusaha kaya lebih suka mengayuh tongkat golf-nya ketimbang mengayuh cangkul? Dan sebaliknya, seorang petani pasti lebih memilih mengayuh cangkulnya ketimbang tongkat golf! Bisa ditebak, pengusaha kaya mengayuh tongkat golf untuk kesenangan, hobby dan prestige sedang Pak Tani lebih memilih cangkul untuk kelangsungan hidupnya. Inilah letak MOTIVASI. Motivasi adalah energi penggerak yang mendorong manusia untuk melakukan suatu tindakan tertentu. Karena itu, bisa saja terjadi dua orang melakukan tindakan yang sama namun dengan motivasi yang berbeda. Motivasi memang tak mudah begitu saja dikenali, namun dapat direfleksikan.

Bacaan kita hari ini adalah bagian teks tulisan Yohanes yang memuat pokok pikiran yang sangat padat dan rapat, membahas tentang kasih. Menurut penulis 1 Yohanes, Allah adalah sumber segala kasih dan manusia yang mengasihi berasal dari Allah dan mengenal Allah (ay.7). Sebaliknya, manusia yang tidak mengasihi pastilah tidak mengenal Allah (ay.8). Logika 1 Yohanes ini menarik karena menyatakan bahwa Allah-lah yang seharusnya menjadi motivasi dasar bagi manusia untuk mengasihi. Lebih lanjut, penulis bahkan menegaskan jika ada orang yang mengaku mengasihi Allah namun membenci saudaranya, ia adalah pendusta (ay. 20). Jadi, pengenalan akan Allah secara otomatis membuat manusia berpikir dan bertindak berdasarkan kasih. Dari sini jelas, bahwa kasih bukan sekedar slogan. Kasih tak cukup hanya dikhotbahkan, didiskusikan atau dibicarakan saja. Kasih harus diwujudkan dan dibuktikan, sejak dari pikiran, perkataan dan tindakan pula.

Saudara-saudara, apa sumber energi penggerak hidup kita? Jika belum sempat dipikirkan, mari sejenak berhenti, berefleksi dan menilai diri. Sudahkah Allah menjadi sumber motivasi? Mau pilih cangkul atau tongkat golf terserah, yang penting….motivasinya hanya Allah! (Rhe)

“Cara sederhana untuk memulai adalah berhenti bicara dan mulai bertindak” (Walt Disney)

 

Bagikan Entri Ini: