Setia dalam Doa Pancaran Air Hidup 22 Juli 2023

Bacaan: Mazmur 86 : 11 – 17 | Pujian: KJ. 26
Nats:Tunjukkanlah kepadaku jalan-Mu, ya TUHAN, supaya aku hidup menurut kebenaran-Mu; bulatkanlah hatiku untuk takut akan nama-Mu.” (Ayat 11)

“Pernahkah saudara mengalami ketika berpergian tiba-tiba ada penutupan jalan, karena ada perbaikan jalan atau ada kegiatan masyarakat? Apa yang akan saudara lakukan ketika menghadapi situasi seperti itu?” Kemungkinan besar yang akan kita lakukan adalah bertanya meminta petunjuk, baik bertanya melalui “GPS” atau bertanya kepada orang di sekitar, supaya kita segera menemukan jalan lain, yang membawa kita cepat sampai ke tempat tujuan. Memang pertolongan sangat dibutuhkan manusia, apalagi di saat menghadapi situasi darurat, namun pertolongan itu tidak akan terjadi jika kita hanya diam dan menunggu tanpa melakukan suatu tindakan.

Demikian juga yang dialami Daud ketika memimpin bangsa Israel. Ia tidak diam menunggu untuk mendapat pertolongan, tetapi Daud meminta petunjuk dan pertolongan kepada Tuhan melalui doa. Daud menyadari bahwa ia tidak mampu berjalan sendiri dalam memimpin bangsa Israel. Ada banyak tantangan yang harus ia hadapi, seperti yang ia katakan di ayat 14: “orang-orang angkuh menyerang dirinya dan orang-orang sombong mengharapkan kematiannya.” Semua yang dihadapi Daud memang tidaklah mudah, namun di tengah tantangan yang ia hadapi, ia tetap datang kepada Tuhan melalui doa. Dengan penuh keyakinan, Daud berdoa, sekalipun belum menerima jawaban atas doanya, Daud sama sekali tidak memiliki keraguan terhadap Tuhan. Ia mengatakan di ayat 7, “Sebab Engkau menjawab aku.” Keyakinan Daud merupakan sikap iman yang memiliki dasar kuat, yaitu tidak ada yang bertindak secara ajaib selain Tuhan.

Saat ini, jika saudara mengalami tantangan dan pergumulan, jangan putus asa, datanglah kepada Tuhan melalui doa, mintalah pertolongan dari pada-Nya. Tuhan mengerti dan peduli keadaan kita saat ini, doa-doa yang kita utarakan dalam hati didengar-Nya, sekalipun mungkin doa itu tidak langsung dikabulkan saat ini. Tuhan akan menjawab doa kita pada waktu yang tepat, karena itu setialah sampai Tuhan menjawab doa kita. Kesaksian Daud mengajarkan kepada kita untuk terus menumbuhkan keyakinan kepada Tuhan melalui doa. Marilah kita terus percaya hanya Tuhanlah yang mampu memberikan keajaiban-keajaiban dalam hidup kita. Setialah dalam doa, Tuhan pasti menjawab semua seruan doa kita dengan cara-Nya di waktu yang tepat. Amin. [LEN].

“Tuhan akan menjawab doa kita pada waktu yang tepat”

 

Bagikan Entri Ini: