Kemenangan Sejati Renungan Harian 10 November 2019

Bacaan : Lukas 20 : 27 – 38|  Pujian : KJ. 210 : 1, 3
Nats:
“Ia bukan Allah yang mati, melainkan Allah orang hidup, sebab di hadapan Dia semua orang hidup.” (Ay. 38)

Setiap tanggal 10 Nopember, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Pada hari ini seluruh rakyat Indonesia mengenang kembali perjuangan dan pengorbanan para pahlawan bangsa yang berjuang melawan penjajah Belanda. Mereka telah rela berkorban demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang hendak direbut kembali oleh Belanda. Jika saat ini kita bisa hidup bebas merdeka, semata karena jasa dan pengorbanan para pahlawan yang rela mati demi kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita mengenang jasa-jasa dan nilai-nilai perjuangan mereka. Sebagai anak bangsa, menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan terus berkarya dan mengabdi melakukan yang terbaik membangun Indonesia maju.

Perikop bacaan kita menceritakan tentang orang Saduki yang bertanya kepada Tuhan Yesus tentang hal kebangkitan orang mati. Orang Saduki adalah segolongan pemimpin agama Yahudi, yang sebagian besar terdiri dari imam-imam. Mereka mendasarkan pengajarannya pada kelima kitab Musa (Taurat) dan menolak segala adat istiadat yang ditambahkan kemudian. Mereka tidak percaya kepada kebangkitan dan adanya malaikat. Disinilah kemudian Tuhan Yesus menjawab mereka dengan menjelaskan bahwa kehidupan di dunia berbeda dengan kehidupan setelah kebangkitan. Pemikiran manusia sangat terbatas dan tidak akan mampu memahami kehidupan setelah ada kebangkitan. Tuhan Yesus mengungkapkan hanya mereka yang percaya kepada Allah, mereka juga yang percaya ada kehidupan kekal bersama Allah. Sebab Allah yang disembah adalah Allah yang hidup.

Jika para pahlawan rela mati demi kemerdekaan bangsa dan negara, Yesuspun rela mati demi menebus dosa dan menyelamatkan manusia. Yang membedakan Yesus bangkit dan hidup yang menandakan bahwa maut telah dikalahkan. KebangkitanNya menjadi pengharapan ada kehidupan bersama Dia. Ada kepastian bagi orang yang percaya bahwa mereka yang percaya akan diselamatkan dari maut dan beroleh hidup kekal dalam persekutuan kasih bersama Yesus. Kini yang perlu kita lakukan, teruslah berjuang mempertahankan iman. Teruslah setia dalam mengikut Yesus. Hadapilah setiap tantangan dan persoalan hidup, jangan menyerah dan putus asa sebab kemenangan sejati pasti kita raih bersama Yesus Kristus. (AR).

“Dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan untuk meraih kemenangan sejati”

 

 

Bagikan Entri Ini:

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •