Pujian Kesaksian

Bacaan : 1 Samuel 2 : 1 – 10 | Pujian: KJ 222
Nats: “Dari derita diangkat-Nya orang tak berharta, dari sengsara dibebaskan-Nya orang yang hina. Mereka dijadikan teman para bangsawan, dan diberikan jabatan kehormatan.” [ayat 8a]

Orang yang mendapat kebahagiaan dan kesukacitaan yang besar selayaknya memuji-muji Tuhan. Kebahagiaan dan kesukacitaan itu akan dirasakannya, setelah bebas dari penderitaan dengan mengakui pertolongan dan kemurahan Tuhan.

Bacaan kita hari ini merupakan puji-pujian untuk mengungkapkan kebahagiaan dan kecukacitaan yang besar dari Hana. Dia merasakan kebahagiaan dan kesukacitaan yang besar karena pertolongan dan kemurahan Tuhan atas penderitaannya. Tuhan mengubah penderitaan yang dialami Hana menjadi sukacita yang besar. Perubahan itu diawali dengan doa penyerahan diri secara total kepada Tuhan (1 Sam. 1: 10). Sebelumnya dia mengalami penderitaan besar karena dihina oleh madunya (isteri muda suaminya) dan karena dia tidak mempunyai anak yang dilahirkannya. Semata-mata karena pertolongan dan kemurahan Tuhanlah kemudian dia melahirkan anak laki-laki yang didambakannya, Samuel, yang diserahkan untuk sepenuhnya melakukan pekerjaan Tuhan. Semula dia merasa tidak berdaya sama sekali. Di kemudian hari, Samuel mendapat jabatan kehormatan menjadi hakim atau pemimpin bangsa Israel, menjadi nabi Allah. Samuel menjadi pendamping para bangsawan, yakni raja Saul dan raja Daud.

Jika saudara mendapatkan kebahagiaan dan kesukacitaan atas pertolongan dan kemurahan Tuhan, pujilah nama Tuhan. Puji-pujian kita menjadi kesaksian bagi orang lain. Ingat-ingat dan carilah wujud pertolongan dan kemurahan Tuhan kepada saudara pada hari ini atau hari-hari yang telah lewat!

Jika hari ini saudara mengalami penderitaan, lakukanlah doa penyerahan total kepada Tuhan! Dia pasti tidak akan membiarkan saudara. Tuhan pasti mendengarkan tangisan saudara. Dia pasti akan memperhatikan dan menolong saudara. Saudara akan merasakan kebahagiaan dan kesukacitaan dari Tuhan. [st]

“Doa penyerahan total kepada Tuhan mendatangkan kebahagiaan.”

 

Bagikan Entri Ini: