Mendalami Dan Menikmati Kasihnya

Bacaan : Mazmur 65 : 1 – 8 |  Pujian: KJ 40
Nats: “Dengan perbuatan-perbuatan yang dahsyat dan dengan keadilan Engkau menjawab kami, ya Allah yang menyelamatkan kami, Engkau, yang menjadi kepercayaan segala ujung bumi dan pulau-pulau yang jauh-jauh.” (ayat 6)

Dalam kehidupan ini pastilah kita pernah diperhadapkan dengan situasi berat dan sulit yang membuat kita menjadi takut, khawatir atau ragu-ragu. Kabar baiknya adalah, seharusnya kita tidak perlu gentar untuk melangkah karena penyertaan Tuhan itu selalu ada bagi mereka yang menaruh iman kepada-Nya. Firman-Nya mengajar kita, saat menghadapi keadaan yang sulit, datanglah kepada Tuhan. Perkatakanlah hal itu kepada-Nya sebagai penghormatan dan ungkapan kepercayaan kita kepada-Nya.

Kesaksian tentang perbuatan-perbuatan konkrit Tuhan dalam membebaskan umat-Nya tercatat sepanjang sejarah manusia. Pemazmur menyaksikan Tuhan Allah sebagai Allah yang senantiasa menanggapi dan menjawab keadaan hidup manusia dengan karya-Nya yang ajaib dan dengan keadilan. Itu sebabnya Tuhan Allah menjadi kepercayaan seluruh ujung bumi dan pulau-pulau yang jauh.

Merespon perbuatan-perbuatan besar dan ajaib dari Tuhan itulah yang mendorong manusia di seluruh penjuru bumi pun menjadi percaya kepada-Nya. Ada dua hal yang saling terkait, yaitu: perbuatan-perbuatan besar Tuhan dan kepercayaan umat-Nya.

Lantas bagaimana dengan kita? Hari ini kita diajak memuji dan memuliakan Tuhan yang telah berkarya luar biasa dalam kehidupan kita, termasuk menyelamatkan kita dari ikatan dosa dan maut. Dan bukan hanya sekadar memuji, kita pun diajak beriman kepada-Nya: menggantungkan dan menyerahkan hidup kita untuk dipimpin dan diatur oleh Tuhan. Tetapi juga bukan cuma beriman, kita pun diajak untuk berjuang, berkarya dan bertindak bersama-sama dengan Dia mendatangkan kebaikan dan kesejahteraan bagi dunia ini. [retno]

“Bersyukurlah sebab kasih Tuhan itu abadi dan ajaib!”

 

Bagikan Entri Ini: