Kekuatan Iman

Bacaan : Matius 8 : 1-13  |  Pujian : KJ 416
Nats:
“Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel.” (ayat 10)

Orang seringkali membagi uangnya menjadi uang kecil dan uang besar. Dengan uang besar kita bisa membeli banyak barang mahal dan melakukan banyak hal. Sedangkan dengan uang receh atau uang kecil, kita hanya bisa membeli barang-barang remeh, bayar parkir dan memberi tip polisi cepek saja.

Iman bisa diibaratkan seperti uang. Sebagaimana uang besar, orang yang mempunyai iman besar juga akan mendapat sesuai dengan imannya, dapat melakukan banyak perkara yang besar-besar. Sebaliknya, dengan iman yang kecil, seseorang tidak bisa berharap banyak dari Tuhan atau hampir-hampir tidak mendapat apa-apa. Tuhan tentu menginginkan kita mempunyai iman yang besar supaya bisa hidup berkemenangan.

Apa yang dikatakan Perwira Kapernaum: “…katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh.” adalah perkataan penuh iman kepada Tuhan Yesus mengenai hambanya yang terbaring lumpuh di rumah. Meski secara kasat mata hambanya itu terkulai tak berdaya, perwira itu sangat percaya dan tidak ragu bahwa Tuhan Yesus sanggup menyembuhkan hambanya itu. Bahkan Tuhan Yesus tidak perlu datang ke rumahnya dan menjamah tubuh hambanya, hanya melalui perkataan atau mengucapkan sepatah kata saja hambanya pasti bisa disembuhkan. Perwira Kapernaum percaya bahwa yang keluar dari mulut Tuhan Yesus adalah firman yang hidup dan penuh kuasa. Tak heranlah kalau dia merupakan satu-satunya pria di dalam Perjanjian Baru yang mendapat komentar dari Tuhan Yesus,  “… sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel.”

Adakah kita memiliki iman seperti perwira Kapernaum ini? Apa pun keadaan kita saat ini, jangan putus asa! Arahkan hati kepada Tuhan Yesus! Jika hati kita hanya tertuju pada masalah dan apa yang sedang kita alami, maka kita akan menjadi lemah dan semakin kuatir.  Itulah yang disukai Iblis.  Lawanlah semua ketakutan dan kekuatiran dengan iman! Berhentilah memperkatakan yang negatif! Sebaliknya selalu perkatakan firman Tuhan, Ia akan menghidupkan firman yang ada di dalam hati dan pikiran kita menjadi penuh kuasa. [retno]

“Orang benar akan hidup oleh iman.”

 

Bagikan Entri Ini: