Hikmat Berbuah Kasih

Bacaan : Kisah Para Rasul 7 : 9 – 16  Pujian : KJ 249
Nats:
“Dan melepaskannya dari segala penindasan serta menganugerahkan kepadanya kasih karunia dan hikmat, ketika ia menghadap Firaun.” (ayat 10)

Dalam kehidupan saat ini kita sering mendengar kata-kata keras yang penuh dendam yaitu kejahatan dibalas dengan kejahatan, hutang nyawa dibalas nyawa, sehingga saling membenci dan tak ada damai di antara mereka.

Tidak demikian halnya dengan sikap dan perilaku Yusuf dalam bacaan kita hari ini. Walaupun mengalami penderitaan karena dijual sebagai budak oleh saudara-saudaranya dan dipenjarakan tanpa bersalah, namun tidak ada rasa dendam kepada orang-orang yang menyakitinya. Bahkan Yusuf menunjukkan kasih untuk menolong saudara-saudaranya dan ayahnya Yakub pada waktu ada bahaya kelaparan, juga dia tetap menghormati raja Firaun yang telah memenjarakannya. Karunia hikmat dari Tuhan dapat membentuk sikap perilaku dan kemampuan Yusuf pada waktu dipanggil menghadap Firaun. Yusuf dapat memberikan jalan keluar terbaik dalam menghadapi ancaman kelaparan, dengan terlebih dahulu mengisi semua lumbung-lumbung penuh gandum di seluruh Mesir. Karena itu Mesir tidak mengalami kelaparan, bahkan berlimpah bahan pangan. Suatu karunia di luar pemikiran Yusuf bahwa raja Firaun mengangkat dia menjadi kuasa atas seluruh tanah Mesir dan istananya. Ini semua terjadi karena ada karunia hikmat dari Tuhan yaitu karunia kemampuan untuk memecahkan masalah-masalah dan kemampuan untuk menentukan keputusan yang tepat seturut dengan kehendakNya.

Setiap orang yang taat dan melaksanakan petunjuk-petunjuk dalam Firman Tuhan pasti akan memperoleh kebijaksanaan dan akal budi (Amsal 2:1), yang ditunjukkan dalam sikap dan perilaku orang tersebut. Bersyukurlah dengan hikmat yang anda terima, karena akan ditunggu untuk menjelaskan siapa pemberi hikmat itu sebenarnya. Tuhan Yesus mempunyai rencana besar bagi orang percaya untuk menjadi rekan kerjaNya dan saksiNya dalam karunia hikmatNya. (Sri)

Percayakanlah dirimu sepenuhnya kepada Tuhan, maka karunia hikmat akan dilimpahkan!

 

Bagikan Entri Ini: