Discount Up to 75%!

Bacaan: Roma 10:5-15  |  Pujian: KJ 381
Nats:
“Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.” (ay. 10)

Pernahkah melihat iklan diskon yang begitu menggiurkan seperti judul di atas? Kebanyakan di antara kita akan sangat tertarik dengan potongan harga yang ditawarkan, apalagi jika barang yang didiskon adalah barang yang bagus dan bermerek. Namun biasanya, dalam iklan diskon bombastis itu ada tulisan kecil dibawah yang biasanya luput dari perhatian banyak orang: syarat dan ketentuan berlaku. Ada berbagai syarat yang biasanya diberikan, mulai dari harus belanja produk dengan nominal tertentu dahulu sampai dengan pembatasan waktu pembelian. Namanya syarat, ya harus dipenuhi.

Bagi orang Yahudi, syarat utama keselamatan adalah ketaatan mutlak pada hukum Taurat. Ketaatan membabi buta inilah yang sedang dibicarakan oleh Paulus dalam bacaan kita hari ini. Masalahnya bukan karena Hukum Tauratnya yang tak baik, namun karena kebanyakan orang Yahudi mengesampingkan segala sesuatu demi menaati Hukum Taurat. Di sisi lain, sebagai manusia yang serba terbatas nampaknya hampir tak mungkin ada manusia yang mampu menaati semua Hukum Taurat itu. Manusia jadi tak mampu memenuhi syarat kebenaran dalam Hukum Taurat. Kebenaran menjadi relatif. Karena itulah, Paulus mengatakan bahwa Kristus adalah kegenapan Hukum Taurat sehingga kebenaran dapat dimiliki oleh semua orang yang percaya kepadaNya (ay.4). Syarat keselamatan dipermudah. Asal kita percaya kepada Kristus dengan segenap hati, kita akan dibenarkan dan asal kita mengaku dengan mulut bahwa Yesuslah Kristus, kita pun akan diselamatkan.

Jelas, bahwa kita tak mungkin mampu menyelamatkan diri sendiri dengan menaati semua Hukum Taurat. Karenanya Kristus datang dan menggenapinya, agar syarat keselamatan menjadi lebih masuk akal untuk dicapai manusia yang serba terbatas ini. Tapi ingat, mudahnya syarat keselamatan ini dibarengi juga dengan standar hidup yang lebih tinggi. Menyebut diri Kristen, berarti hidup sesuai dengan teladan Kristus. Yak…yak….Diskon 75%, syarat dan ketentuan berlaku! (Rhe)

Tak ada cinta tanpa syarat. Syarat utama cinta adalah percaya bahwa cinta itu nyata.

 

Bagikan Entri Ini: