Bebek Terkaya di Dunia

Bacaan: 1 Raja-Raja 4:29-34   |   Pujian: KJ 407
Nats
: “Maka datanglah orang dari segala bangsa mendengar hikmat Salomo, dan ia menerima upeti dari semua raja-raja di bumi, yang telah mendengar tentang hikmatnya itu.” (ay 34)

Paman Gober adalah tokoh khayalan yang diciptakan untuk melengkapi cerita komik dan film Donald bebek.  Nama Asli Paman Gober dalam Scrooge Mc Duck. Arti dari Shrooge sendiri dalam bahasa inggris artinya adalah pelit. Dia memiliki kekayaan yang luar biasa banyaknya, namun seperti arti dari namanya, dia luar biasa pelit.

Majalah Forbes pernah melakukan sebuah survey untuk membuat peringkat harta kekayaan atas tokoh-tokoh fiksi terkaya di dunia. Di dalamnya disebutkan ada tokoh-tokoh seperti Batman, Iron Man dan Paman Gober. Berdasarkan survey tersebut, yang menempati peringkat pertama sebagai tokoh khayalan terkaya adalah Paman Gober dengan harta kekayaan $65 Milyar atau sekitar Rp. 800 T.  Namun sayangnya, harta kekayaan tersebut tidak menjadikan hatinya serta merta kaya.

Melalui sosok Gober, kita dapat melihat betapa mudahnya kekayaan, kemewahan dan kemudahan menjadikan seseorang silau, egois sehingga lupa sekelilingnya. Raja Salomo, dengan hikmat yang diperolehnya dari Allah menjadikannya sebagai sosok teladan sehingga banyak orang yang ingin mendengar hikmatnya. Sekalipun sebagai raja, Salomo hidup dalam kelimpahan, kenyamanan dan kemewahan, namun dia tetap menjadi Raja yang rendah hati dan tidak terlena dan silau dengan segala yang melekat pada dirinya sebagai seorang Raja.

Jika saat ini Tuhan memberikan berkat yang luar biasa di dalam hidup, selalu ada pilihan bagi kita. Memiliki sikap hidup seperti Paman Gober atau menjadi seperti Raja Salomo. Menjadi silau atau tetap teduh menempatkan berkat Tuhan sebagai sarana untuk kita semakin memuliakan Tuhan. Mintalah hikmat Tuhan! [Ardien]

“ Manusia lebih diubahkan oleh kebaikan dari pada motivasi, ilmu pengetahuan atau kecakapan. (Bunda Teresa)

 

Bagikan Entri Ini: