Beauty Blogger Buruk Rupa

Bacaan : Mazmur 98 | Pujian: KJ 392
Nats: “sebab Ia telah melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib” [ayat 2]

Shalom Nchom adalah salah satu beauty blogger (orang yang membuat video tutorial tentang kecantikan) paling inspiratif di dunia maya. Bukan hanya kepiawaiannya mengaplikasikan make up di wajahnya saja yang memikat banyak viewer (penonton), namun terutama karena kisah hidupnya. Pada usia 9 tahun, Nchom mengalami kecelakaan yang mengakibatkannya mengalami luka bakar parah di wajah, kepala dan dadanya. Ia akhirnya mampu selamat dari kecelakaan itu, namun luka yang dideritanya dulu meninggalkan bekas yang mengerikan di wajahnya dan rambutnya pun tak tumbuh lagi. Nchom mengalami masa kecil yang sulit karena diejek oleh teman-temannya, ia sungguh merasa dirinya sebagai si buruk rupa. Namun, ia bangkit. Ia menolak untuk terus dilecehkan. Ia belajar berbagai teknik make up dan ternyata ia mampu mengembalikan kepercayaan dirinya. Di tiap video yang dibuat, ia selalu mengawalinya dengan tampilan apa adanya. Wajah penuh bekas luka mengerikan dan kepala gundul. Namun, di akhir video ia menjelma menjadi sangat cantik, menawan dan tanpa cela. Inilah keajaiban make up, katanya di akhir videonya.

Tapi menurut saya, yang ajaib bukan sekedar make up dan teknik pengaplikasiannya. Tapi terutama, kemauan Nchom untuk bangkit dan berjuanglah yang ajaib. Keajaiban dalam hidup ini pulalah yang sedang dibahas oleh pemazmur dalam bacaan kita hari ini. Perbuatan ajaibNya harus menjadi alasan bagi kita untuk bersyukur dan memuji Dia. Keajaibannya tak melulu berwujud sesuatu yang spektakuler, namun saat kita masih bernafas, masih berdiri dan masih dapat melihat orang-orang yang kita kasihi dan yang mengasihi kita itu juga sebuah keajaiban. Adalah suatu keajaiban jika di tengah krisis dan pergumulan seseorang masih bisa berbuat baik bagi orang lain.

Sudahkah kita bersyukur untuk perbuatan ajaib Tuhan dalam hidup kita hari ini? Jika make up saja bisa mengubah si buruk rupa menjadi gadis cantik tanpa cela, percayalah hati yang penuh syukur akan menjadikan wajah berbinar dan mata berseri meski tanpa foundation atau eyeliner. [Rhe]

“Kecantikan adalah kombinasi dari senyum yang penuh syukur dan mata yang selalu melihat kebaikan.”

 

Bagikan Entri Ini: