UEM Sunday Pembukaan Pekan UEM di GKJW Jemaat Pujiharjo

10 October 2022

Untuk memperkuat semangat kemitraan dan ekumene antar umat Tuhan lintas benua, di bulan Ekumene GKJW tahun 2022 ini, GKJW menyelenggarakan Pekan UEM (UEM Sunday) yang berlangsung di jemaat-jemaat mulai tanggal 9 hingga 16 Oktober. Pada pembukaan Pekan UEM yang diadakan di Jemaat Pujiharjo pada 9 Oktober 2022 diawali dengan ibadah Minggu yang dilayani oleh Pdt. Gideon Hendro Buono, koordinator United Action GKJW. Dalam kotbahnya yang didasarkan dari Lukas 18:1-8, Pdt. Gideon menyemangati umat untuk tidak berhenti berharap, tidak berhenti berdoa dan tidak lelah menjadi sahabat bagi yang lain. Terry Lynn, selaku koordinator United Action Asia, memberi sambutan setelah ibadah selesai. Terry Lynn mengungkapkan bahwa GKJW dan Gereja lainnya yang menjadi anggota UEM adalah keluarga besar. United action merupakan aksi bersama gereja-gereja anggota UEM untuk membantu saudara di berbagai belahan dunia.

Kegiatan dilanjutkan dengan Ibadah Anak dan Remaja yang dihadiri oleh anak dan remaja jemaat Pujiharjo, Spellot, Balearjo, serta Purwodadi Lenggosono. Ibadah Anak dan Remaja dilayani oleh Pdt. Musa Wahyu Bimantoro, selaku Sekretaris Bidang Persekutuan GKJW. Anak dan Remaja diajak untuk berkomitmen memviralkan iman Kristen yang tetap bersahabat meskipun berbeda, dengan tidak membanding-bandingkan teman. Setelah ibadah, diadakan pawai anak dan remaja dengan “Walk A Mile” mengelilingi kampung di sekitar gereja Pujiharjo. Pawai dibuka oleh Terry Lynn dan dipandu oleh pamong Anak dan Remaja. Selama pawai, Pdt. Dhaniel Rinadi sebagai Pendeta jemaat Pujiharjo menyampaikan ke semua warga Pujiharjo bahwa pawai anak dan remaja merupakan pawai untuk merayakan kebersamaan GKJW dan UEM yang sudah berjalan puluhan tahun. Anak dan remaja serta semua warga GKJW perlu memahami bahwa GKJW menjadi bagian dari keluarga besar UEM.

Lomba-lomba diadakan untuk Anak dan Remaja secara per jenjang. Untuk Balita dan anak Tk diadakan lomba memindahkan bola dalam keranjang. Anak Pratama mengikuti lomba estafet karet menggunakan sedotan, anak Madya mengikuti lomba naik perahu kardus, serta tantangan per pos untuk para remaja. Selama lomba untuk anak dan remaja diadakan, para orang tua mengikuti kegiatan parenting bertemakan Tumbuh Bersama Anak, dengan narasumber Ibu Renny. Para pemuda jemaat Pujiharjo ikut berperan mengadakan basar makanan dan minuman, yang hasilnya dipersembahkan untuk United Action. Para pemuda juga berperan memainkan alat musik untuk mengiringi panggung gembira yang menutup kegiatan pembukaan pekan UEM GKJW tahun 2022. Panggung gembira diisi dengan pembagian hadiah bagi para pemenang lomba anak dan remaja, serta penampilan tarian dan nyanyian dari anak dan remaja, pemuda, para pamong anak remaja, bapak-bapak dan ibu-ibu.

Pembukaan Pekan UEM  dapat diikuti melalui video di atas

Renungan Harian

Renungan Harian Anak