Purna Tugas : Pdt. Susanto

 

Pdt. Susanto resmi memasuki masa purna tugas secara kelembagaan sebagai pendeta Greja Kristen Jawi Wetan. Ibadah purna tugas (emeritasi) Pdt. Susanto dilaksanakan di GKJW Jemaat Besowo pada tanggal 6 November 2022.

Dalam khotbah bungsunya yang diambil dari Ulangan 32:1-12, Pdt. Susanto menekankan ungkapan syukur tentang Allah dan karyaNya yang telah dirasakan oleh Musa dalam memimpin perjalanan umat Allah menuju tanah perjanjian. Suka duka silih berganti dan kasihNya selalu dirasakan sepanjang perjalanan hidupnya bersama umat pilihan Allah. Keberhasilannya diyakini merupakan anugerah Allah dan bukan karena kepandaiannya sendiri. Tidak ada Allah asing menyertainya bukti nyata kerendahan hati Musa sebagai hamba Allah.

Kasih dan penyertaan Allah juga dirasakan Pdt. Susanto dalam kurun waktu 27 tahun melayani jemaat Tuhan. Suka duka mewarnai perjalanan sebagai abdi Allah dalam menggembalakan umatNya di GKJW. Apapun yang terjadi dalam hidup kita Tuhan selalu bersama kita, mengawasi kita dan siap menolong kita asalkan kita berserah kepadaNya. Biarlah nama Tuhan yg dipuji dan disembah dalam setiap langkah perjalanan kita di GKJW yang kita cintai.” demikan ungkap Pdt. Susanto

Pendeta Susanto memulai pelayanannya sebagai pendeta GKJW sejak tahun 1995. Selama kurang lebih 27 tahun, beliau telah melayani sebagai pendeta baku di GKJW Jemaat Sidorejo – Besuki Barat (1995-2002), GKJW Jemaat Wonosalam (2002-2011), GKJW Jemaat Lawang (2011-2017), dan GKJW Jemaat Besowo (2017-2022).

Prosesi purna tugas Pdt. Susanto dilayani oleh Ketua Majelis Agung GKJW, Pdt. Natael Hermawan Prianto. Dalam prosesi tersebut, dibacakan dan diserahkan surat keputusan emiritasi Pdt. Susanto. Seluruh pendeta, penatua, diaken, dan jemaat yang hadir kemudian mendoakan Pdt. Susanto.

Meskipun sudah memasuki masa purna tugas secara kelembagaan, GKJW masih mengakui kedudukan Pdt. Em. Susanto sebagai pendeta. Pdt. Em.Susanto masih tetap diperkenankan ikut ambil bagian dalam pelayanan gerejawi, termasuk dalam pelayananan sakramen. Hal ini sesuai dengan Tata dan Pranata GKJW tentang jabatan-jabatan khusus.

GKJW Jemaat Besowo selanjutnya akan dilayani oleh Pdt. Merrys Christien Villawati setelah Pdt. Susanto memasuki masa purna tugas. Hal ini sesuai dengan keputusan bidang personalia dalam Sidang Majelis Agung ke-119 GKJW yang lalu.

 

Bagikan Entri Ini: