Purna Tugas Pdt. Sudjianto

14 November 2021

Pdt. Sudjianto pada tanggal 14 November 2021 resmi memasuki masa purna tugas secara kelembagaan sebagai pendeta Greja Kristen Jawi Wetan. Beliau telah melayani selama 26 tahun sebagai pendeta struktural di GKJW.

Selama masa tugasnya, Pdt. Sudjianto pernah melayani sebagai pendeta baku di GKJW Jemaat Tambakasri (1995-2003), GKJW Jemaat Bangkalan (2003-2013) dan GKJW jemaat Wonoasri (2013-2021). Pdt. Sudjianto ditahbiskan sebagai pendeta pada Sidang Majelis Agung GKJW tahun 1995 di Pare.

Dalam ibadah purna tugasnya (emeritasi) yang diadakan di GKJW Jemaat Wonoasri, Pdt Sudjianto mengambil bacaan Alkitab dari Pengkhotah 3:1-11 tentang waktu dan proses sebagai khotbah bungsunya.

Dalam Kitab Pengkhotbah tersebut, semua kejadian dalam alam telah diatur seperti sebuah ritme dengan pasangan masing-masing. Ada 2 kemungkinan dalam menerima ritme kehidupan ini:

  1. Dianggap sesuatu yg mengecewakan – frustasi karena semua sudah diatur. Terasa sia-sia karena tidak ada kebebasan lagi.
  2. Dianggap positif – Hidup terasa teratur di tangan Tuhan. Semua aman, terpola dan punya makna.

Dari hal tersebut, Pdt Sudjianto mengajak jemaat untuk menerima proses hidup ini meskipun kadang-kadang menyakitkan. “Hidup ini misteri. – No body knows” demikian tutur Pdt. Soedjianto. Beliau menambahkan bahwa Penghkotbah tidak ingin kita pesimis menghadapi hidup ini. Penghkotbah mengajarkan kita untuk menggunakan waktu secara bermanfaat untuk sesama ciptaan.

Prosesi purna tugas Pdt. Sudjianto dilayani oleh Ketua Majelis Agung GKJW, Pdt. Tjondro F. Gardjito dan Sekretaris Umum Majelis Agung, Pdt. Budi Cahyono. Dalam prosesi tersebut, dibacakan dan diserahkan surat keputusan emiritasi Pdt. Sudjianto. Seluruh pendeta, penatua, diaken, dan jemaat yang hadir kemudian mendoakan Pdt. Sudjianto.

Meskipun sudah memasuki masa purna tugas secara struktural, GKJW masih mengakui kedudukan Pdt. Em.Sudjianto secara fungsional. Pdt. Em.Soedjianto masih tetap diperkenankan ikut ambil bagian dalam pelayanan gerejawi, termasuk dalam pelayananan sakramen. Hal ini sesuai dengan Tata dan Pranata GKJW tentang jabatan-jabatan khusus.

Seusai purna tugas Pdt. Sudjianto, tugas ketua Majelis Jemaaat GKJW Wonoasri akan diemban oleh Pdt. Argo Daniel Satwiko sampai tanggal 25 November 2021. Hal ini sambil menunggu kepindahan Pdt. Sandhi Hadi Wijaya sebagai pendeta baku GKJW Jemaat Wonoasri dari GKJW jemaat Situbondo.

Ibadah emeritasi Pdt. Soedjianto dapat diikuti melalui video diatas.

Renungan Harian

Renungan Harian Anak