Purna Tugas Pdt. Bambang Margono Katjoeng

9 November 2021

Pdt. Bambang Margono Katjoeng menerima berkat dari para pendeta saat memasuki masa purna tugas.

Pdt. Bambang Margono Katjoeng resmi memasuki masa purna tugas secara kelembagaan sebagai pendeta Greja Kristen Jawi Wetan. Ibadah purna tugas (emeretasi) Pdt. Bambang Margono Katjoeng telah dilaksanakan di GKJW Jemaat Blitar pada tanggal 8 November 2021.

Dalam khotbah bungsunya yang diambil dari 2 Korintus 4: 7-11, Pdt. Bambang Margono mengungkapkan keyakinannya bahwa kekuatan seorang pendeta dalam pelayanan berasal dari Allah dan bukan dari diri sendiri. Seorang pendeta hanya satu titik kecil yang tidak berarti. Namun, yang penting, apakah satu titik kecil itu mempunyai makna karena kuasa Allah. “Saya hanya tanah liat. Apa yang terjadi adalah kuasa Allah.” Demikian ungkap Pdt. Bambang Margono Katjoeng menyitir perkataan Paulus.

Pendeta Bambang Margono Katjoeng memulai pelayanannya sebagai pendeta GKJW sejak tahun 1984. Selama 37 tahun, beliau telah melayani GKJW Jemaat Magetan (1984-1992), GKJW Jemaat Lawang (1992-2000), GKJW Jemaat Rungkut (2000-2011), GKJW Jemaat Blitar (2011-2021). Beliau juga pernah melaksanakan tugas sebagai Ketua Pengurus Dana Pensiun GKJW.

Prosesi purna tugas Pdt. Bambang Margono Katjoeng dilayani oleh Wakil Sekretaris Umum Majelis Agung GKJW, Pdt. Natael Hermawan Prianto dan Bendahara I Majelis Agung, Pdt. Tri Agus Kriswiadi. Dalam prosesi tersebut, dibacakan dan diserahkan surat keputusan emiritasi Pdt. Bambang Margono Katjoeng. Seluruh pendeta, penatua, diaken, dan jemaat yang hadir kemudian mendoakan Pdt. Bambang Margono Katjoeng.

Meskipun sudah memasuki masa purna tugas secara kelembagaan, GKJW masih mengakui kedudukan Pdt. Em. Bambang Margono Katjoeng sebagai pendeta. Pdt. Em.Bambang Margono Katjoeng masih tetap diperkenankan ikut ambil bagian dalam pelayanan gerejawi, termasuk dalam pelayananan sakramen. Hal ini sesuai dengan Tata dan Pranata GKJW tentang jabatan-jabatan khusus.

Dalam kebaktian purna tugas Pdt. Bambang Margono Katjoeng tersebut juga diadakan pelantikan Pdt. Bambang Subeki sebagai pendeta konsulen GKJW Jemaat Blitar. Pdt. Bambang Subeki saat ini bertugas sebagai pendeta baku GKJW Jemaat Maron.

Renungan Harian

Renungan Harian Anak