Peresmian Gedung Baru PAUD ESTER YBPK Sidoasri

Gedung “Slice” – PAUD ESTER YBPK Sidoasri

Tempat Pendidikan Anak Usia Dini Yayasan Badan Pendidikan Kristen (PAUD YBPK) Cabang Sidoasri “ESTER” resmi menempati gedung baru pada tanggal 1 Desember 2021. Peresmian gedung baru tersebut dilakukan bersama oleh Pdt Widi Kurnianto (Selaku Pembina YBPK Pusat) dan Pdt. Park Jun-Ho (dari “Presbyterian Church in The Republic of Korea” – Gereja Mitra GKJW).

Gedung baru yang dinamakan “SLICE” (Sidoasri Learning Institute of Childhood Education) itu mempunyai luas 600 meter persegi dan berdiri diatas lahan milik GKJW Jemaat Sidoasri. Gedung yang didesain langsung dari Korea ini terdiri dari 3 ruang kelas, 1 ruang kepala sekolah, 1 ruang guru, 1 dapur, dan 3 buah toilet.

Gedung “SLICE” dibuat untuk menggantikan gedung PAUD lama yang saat ini dinilai kurang memadai. Sebelumnya, PAUD YBPK Sidoasri hanya memilki 2 ruang kelas yang terbuat dari triplek dan berada di emperan parkiran kapandhitan GKJW Jemaat Sidoasri.

Acara peresmian gedung baru ini dibuka dengan kebaktian di gedung gereja GKJW Jemaat Sidoasri dipimpin oleh Pdt. Daniel Kurniadi. Dalam khotbahnya yang diambil dari Amsal 2: 1 -10, Pdt. Daniel mengulas tentang Salomo yang bijaksana, pandai, dan hidupnya akan diberkati Tuhan. Salomo menyatakan bahwa takut akan Tuhan merupakan hikmat yang utama dalam hidupnya.

Melaui sarana gedung baru ini, diharapkan akan lahir juga anak-anak YBPK Sidoasri yang pandai, bijaksana dan takut akan Tuhan. Hikmat dan kebijaksanaan akan menuntun setiap orang untuk tetap hidup dalam naungan Tuhan.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Pdt. Widi Kurnianto disampaikan bahwa kegiatan peresmian ini dilakukan dalam momentum istimewa, yaitu Peringatan Hari Guru 2021 dan menyongsong Peringatan ulang tahun GKJW ke 90 tanggal 11 Desember 2021. Diharapkan dengan adanya fasilitas gedung yg baru, tenaga pendidik semakin bersemangat dan bisa menghasilkan output murid yang semakin berkualitas. Serta bisa memaksimalkan semangat bersaksi oleh GKJW melalui bidang pendidikan.

Baca Juga:  Ornisains YBPK GKJW

Selanjutnya, berkaitan dengan gedung yang baru. Kita diingatkan tentang proses metamorfosis. Adanya perubahan bentuk, gedung PAUD ESTER telah menjadi sesuatu yang lebih indah. Termasuk kita bersyukur bahwa jumlah murid terus bertambah. Semoga kuantitas ini didukung dengan kualitas kelulusan murid yang semakin baik. Jika semula hanya sekedar mendidik anak untuk bisa membaca sekarang berperan mempersiapkan masa depan dalam arti yang luas.

Selesai kebaktian, seluruh undangan, wali murid dan anak-anak berjalan bersama menuju lokasi gedung baru sambil diiringi tari-tarian dari wali murid. Acara dilanjutkan dengan penanaman pohon, pengguntingan pita, pembukaan selubung nama dan pemotongan tumpeng.

Pembangunan gedung PAUD ESTER ini menelan biaya sebanyak 466 juta Rupiah. Biaya tersebut didapat dari “Happy I Foundation” (perkumpulan PAUD di Republik Korea) sebanyak 433 juta Rupiah, sebanyak 5 juta Rupiah dari GKJW Jemaat Sidoasri dan sebanyak 28 juta Rupiah lainnya berasal dari YBPK cabang Sidoasri sendiri.

PAUD ESTER berdiri pada tanggal 15 Mei 2015 dan dirintis oleh Pdt. Em. Yosri Pinuja yang saat itu melayani sebagai pendeta baku di GKJW jemaat Sidoasri. Saat ini PAUD ESTER memiliki 76 murid dengan 6 orang guru.

 

Bagikan Entri Ini: