Aku Gereja, Kaupun Gereja Tuntunan Ibadah Anak 14 Oktober 2018

Bacaan Alkitab : I Korintus 3:1-9
Tahun Gerajawi : Bulan Ekumene
Tema : Ekumene: Antar Denominasi
Ayat Hafalan : Demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain. (Roma 12:5)
LaguTema :
Kidung Ria No 42 “Oh betapa Indahnya”

PENJELASAN TEKS

Kata manusia duniawi yang dimaksud dalam perikop ini berasal  dari kata Yunani sarkinos artinya dari daging, yang punya sifat daging. Kata yang sama juga digunakan dalam Roma  7: 14, II Korintus 3:3, Ibrani 7: 16.  Jadi bisa disimpulkan bahwa kata sarkinos  adalah tidak melakukan yang dikehendaki Allah. Paulus ingin menjelaskan bahwa akar dari perselisihan adalah tindakan-tindakan yang melawan Allah, dikuasai oleh keinginan daging untuk menjadi yang utama dan penuh iri hati. Ini nampak dari keadaan umat yang menganggap kelompok mereka lebih utama dari yang lain. Paulus melihat kondisi ini sangat membahayakan persatuan umat di Korintus.

Mengutamakan kelompok masing-masing  ini  dilatarbelakangi oleh suatu kondisi dimana pengkultusan tokoh terjadi di tengah masyarakat. Ini dipengaruhi oleh berkembangnya ajaran para filsuf. Para rasul dipandang seperti para filsuf di antara mereka.  Di jemaat Korintus setidaknya ada 4 golongan berdasarkan ajaran yang diterima, antara lain :

  • Paulus, yang memulai memberitakan ajaran Yesus dan mendirikan jemaat di Korintus.
  • Apolos, seorang Yahudi dari Aleksandria (Kis 18: 24-28). Ia datang ke Efesus tahun 52 pada kunjungan Paulus yang terburu-buru di Palestina (ayat 22). Ia memiliki pengetahuan tentang ajaran Yesus dan pengetahuan tentang Perjanjian Lama. Ia juga fasih dan berani membela ajaran Kristen terhadap orang Yahudi (Kis 18:27-28).
  • Kefas adalah nama lain dari Petrus murid Yesus. Kelompok ini meragukan kerasulan Paulus dan memilih menjalin hubungan langsung dengan kelompok Petrus yang ada di Yerusalem.
  • Golongan Kristus, yaitu golongan yang merasa lebih tinggi dari yang lain karena mereka mengikuti Kristus. Ada dugaan golongan ini adalah orang-orang yang dulu ada di Yudea dan sudah melihat Yesus, sehingga mereka merasa bahwa ajaran mereka adalah yang paling benar.

 Gereja di dunia ini banyak denominasinya. Masing-masing denominasi memiliki aturan, tradisi yang berbeda-beda. Jika masing-masing denominasi di dunia merasa ajarannya yang paling benar maka masing-masing akan mengedepankan ajarannya bukan kemuliaan Kristus dan Gereja akan terpecah belah.

Bagi Paulus orang yang dewasa adalah orang yang bisa bersikap bijak terhadap perbedaan, yaitu bukan menaruh perhatian pada perbedaannya tetapi justru pada inti tiap ajarannya yaitu tentang Yesus Kristus. Dengan demikian maka jemaat Korintus tidak akan terpecah tetapi terikat satu kasih mesra dalam Yesus Kristus.


TUNTUNAN IBADAH ANAK BALITA

Tujuan: Anak dapat menyebutkan nama-nama gereja selain GKJW.

Alat Peraga

  • Disiapkan kertas dengan tulisan GKI, GPDI, GKT atau tulisan nama gereja yang ada di dekat gereja GKJW.
  • Foto gereja-gereja lain selain GKJW.

Pendahuluan

Selamat pagi adik-adik.

Semua senang hari ini? Luar biasa.

Coba lihat senyumnya, wah senyumnya manis semua.

Kakak punya beberapa tulisan coba kita eja bersama-sama. GKI, GPdI, GKT

Luar biasa….

Aktivitas ini bisa diulang sampai 4 kali, sampai anak-anak bisa mengucapkannya dengan baik.

Inti Penyampaian

Adik-adik yang kita ucapkan tadi adalah nama-nama dari gereja-gereja yang ada di sekitar GKJW.  Gereja di dunia ini banyak sekali bukan hanya  GKJW saja. Gereja kita adalah GKJW yaitu  Greja Kristen Jawi Wetan  ( diulang 3X)

Sedangkan nama-nama gereja yang tadi kita ulang antara lain :

GKI : Gereja Kristen Indonesia

GPdI : Gereja Pentakosta di Indonesia

GKT : Gereja Kristen Tabernakel

Penjelasan di atas diulang sampai 3 kali.

Meskipun berbeda mereka juga beragama Kristen seperti kita, hanya saja gereja mereka berbeda dengan kita. Meskipun berbeda mereka saudara kita. Kita harus saling menyayangi. Seperti kata Paulus yang mengajarkan untuk saling mengasihi.  (Kita akan berkunjung ke gereja mereka setelah ini supaya anak-anak tahu gereja mereka).

Penerapan

  • Menyanyikan Kidung Ria No 42 “Oh Betapa Indahnya”. Bisa dinyanyikan dengan gerakan.
  • Mengunjungi salah satu gereja yang dekat.

TUNTUNAN IBADAH ANAK PRATAMA

Tujuan :

  1. Anak dapat menyebutkan contoh sikap menghargai perbedaan.
  2. Anak dapat menyebutkan nama gereja selain GKJW di lingkungannya.

Alat Peraga

  • Foto-foto gereja lain.
  • Kertas buffalo dipotong bentuk hati yang kecil saja kira-kira berdiameter 7cm. Tiap anak dapat satu.
  • Sedotan besar untuk es cendol. Satu anak satu sedotan.
  • Double tip.
  • Alat tulis. Satu anak satu alat tulis.

Pendahuluan

Adik-adik apakah adik-adik tahu apa kepanjangan dari GKJW? (Tunggu sampai anak-anak menjawab) Betul sekali. Selain GKJW apakah adik-adik  juga tahu  nama-nama gereja lain ? (Tunggu anak-anak menjawabnya)

Wah ternyata banyak sekali ya.

(Tunjukkan foto-foto gereja yang lain)

Inilah foto gereja yang lain yaitu GKI, GKT, GPdI, HKBP

Inti Penyampaian

Gereja-gereja di dunia banyak sekali, mereka juga orang beragama Kristen sama seperti kita, yaitu yang percaya pada Yesus Kristus. Hanya saja ada perbedaan kita dengan mereka seperti bahasa yang digunakan, kebiasaannya, kidung yang digunakan dan urutan-urutan ibadah dan masih banyak lagi perbedaannya.

Membaca Alkitab I Korintus 3:1-9

Pada masa Paulus, di Korintus juga ada banyak kelompok antara lain adalah kelompok Paulus dan Apolos. Kedua kelompok ini sama-sama pengikut Yesus hanya saja gurunya berbeda. Yang satu gurunya Apolos dan satunya lagi gurunya Paulus. Paulus berharap agar jemaat di Korintus tidak pecah hanya karena perbedaan yang ada. Paulus meminta agar jemaat di Korintus tidak ada iri hati dan perselisihan.

Kalian juga pasti sering menjumpai perbedaan  dengan teman-teman selain berbeda gereja, misalnya berbeda pikiran, berbeda jenis kelamin, berbeda pendapat dan berbeda agama. Kita harus saling menyayangi satu sama lain, tidak boleh saling mengejek supaya hidup kita damai. Apalagi dengan teman-teman sesama Kristen, meskipun berbeda gereja kita adalah satu saudara. Kita akan berkunjung ke gereja…. (sebutkan nama gereja yang akan dikunjungi)

Penerapan

  • Kertas bufallo berbentuk hati ditulisi Contoh : AKU SAYANG TEMAN DI GKI
  • Sedotan ujungnya diberi double tip lalu kertas buffalo dilekatkan
  • Aktivitas ini akan dibawa waktu kunjungan
  • Ditutup dengan lagu Kidung Ria no 42 “Oh Betapa Indahnya”
  • Kunjungan ke gereja lain

TUNTUNAN IBADAH ANAK MADYA

Tujuan :

  1. Anak dapat menjelaskan pentingnya saling menghargai perbedaan.
  2. Anak dapat mencirikan sikap orang yang menghargai perbedaan.
  3. Anak dapat menyebutkan nama gereja selain GKJW di lingkungannya.

Alat Peraga

  • Kertas HVS
  • Alat tulis
  • Foto gereja gereja lain

 Pendahuluan

Adik-adik apakah adik-adik tahu apa kepanjangan dari GKJW ? (Tunggu sampai anak-anak menjawab) Betul sekali. Selain GKJW apakah adik-adik juga tahu  nama-nama gereja lain ? (Tunggu anak-anak menjawabnya)

Wah ternyata banyak sekali ya.

(Tunjukkan foto-foto gereja yang lain )

Inilah foto gereja yang lain yaitu GKI, GKT, GPdI, HKBP

Inti Penyampaian

Gereja-gereja di dunia banyak sekali, mereka juga orang beragama Kristen sama seperti kita, yaitu yang percaya pada Yesus Kristus. Hanya saja ada perbedaan kita dengan mereka seperti bahasa yang digunakan, kebiasaannya, lagu kidung yang digunakan dan urutan-urutan ibadah dan masih banyak lagi perbedaannya.

Membaca Alkitab I Korintus 3:1-9

Pada masa Paulus, di Korintus juga ada banyak kelompok antara lain adalah kelompok Paulus dan Apolos. Kedua kelompok ini sama-sama pengikut Yesus hanya saja gurunya berbeda. Yang satu gurunya Apolos dan satunya lagi gurunya Paulus. Paulus berharap agar jemaat di Korintus tidak pecah hanya karena perbedaan yang ada. Paulus meminta agar jemaat di Korintus tidak ada iri hati dan perselisihan.

Kalian juga pasti sering menjumpai perbedaan dengan teman-teman selain berbeda gereja, misalnya berbeda pikiran, berbeda jenis kelamin, berbeda pendapat dan berbeda agama. Kita harus saling menyayangi satu sama lain, tidak boleh saling mengejek supaya hidup kita damai. Apalagi dengan teman-teman sesama Kristen, meskipun berbeda gereja kita adalah satu saudara. Kita akan berkunjung ke gereja…. (sebutkan nama gereja yang akan dikunjungi )

 Penerapan

  • Diskusi
  • Anak-anak dibagi menjadi 2 kelompok .
  • Jawaban anak-anak dituliskan di HVS dan anak-anak maju ke depan untuk mempresentasikannya.

Pertanyaan :

  1. Sebutkan tanda-tanda anak yang dapat menghargai teman-temannya yang berbeda gereja.
  2. Apa yang sebaiknya dilakukan agar anak-anak dapat hidup rukun dengan teman-teman lainnya yang berbeda gereja
  • Ditutup dengan lagu Kidung Ria No 42 “ Oh Betapa Indahnya”
  • Kunjungan ke gereja lain

 

 

Bagikan Entri Ini: