Menjadi Sombong Pancaran Air Hidup Junior 26 November 2021

Bacaan: Ester 3:1-15
Nats: “Dan semua pegawai raja yang di pintu gerbang istana raja berlutut dan sujud kepada Haman, sebab demikianlah diperintahkan raja tentang dia, tetapi Mordhekai tidak berlutut dan tidak sujud.”

Wah….betapa senang hati Haman karena naik pangkat. Ahasyweros, raja Persia, memberi kedudukan lebih tinggi dari sebelumnya. Apalagi raja memberi perintah pada setiap pegawai kerajaan yang berpapasan dengannya harus bertulut dan sujud menyembah Haman.

Mordhekai adalah penduduk benteng Susan. Ia adalah paman Ester, istri dari raja Ahasyweros yang baru menggantikan ratu Wasti. Sebetulnya Mordekhai bukanlah asli penduduk bangsa Persia. Demikian juga Ester bukanlah asli penduduk Persia. Mordekhai dan Ester adalah orang Israel yang ikut dibawa ke Persia. Mordekhai percaya kepada Tuhan dan ia tidak mau menyembah manusia sebab hanya Tuhanlah yang harus disembah bukan manusia.

Ketika Mordekhai bertemu dengan Haman dan tidak berlutut dan sujud kepadanya, maka marahlah Haman. Ia lalu merencanakan untuk membunuh seluruh penduduk Israel yang tinggal di kerajaan Persia, bukan hanya Mordekhai. Waduh…..Haman menjadi sombong karena jabatannya.

Teman-teman…sifat sombong merusak hubungan baik dengan orang lain. Orang yang sombong menganggap diri lebih baik dari orang lain. Biasanya orang yang sombong tidak mau bergaul dengan sembarang orang. Ia hanya pilih-pilih teman. Dan orang yang sombong pasti tidak disukai oleh banyak orang. Tentu kalian tidak ingin dijauhi teman khan?

Aktivitas: Carilah antonim dan sinomim kata “Sombong”. Tulislah dalam selembar kertas.

Doaku:Tuhan Yesus, aku berdoa untuk para pemimpin bangsa Indonesia agar mereka menggunakan jabatannya dengan penuh tanggungjawab, Amin.”

 

Bagikan Entri Ini: