Berpihak Pada Yang Lemah Renungan Harian Anak 19 Oktober 2020

Bacaan Alkitab : Mikha 2:1-5
Nats: “Celakalah orang-orang yang merancang kedurjanaan dan yang merencanakan kejahatan di tempat tidurnya…“(Mikha 2:1)

Rina dan Kiko sedang bermain bersama. Tiba-tiba munculnya Reno yang tubuhnya lebih kecil dari mereka. Reno ingin bergabung bersama Rina dan Kiko. Lalu muncullah ide dibenak Rina dan Kiko untuk menggoda Reno. Mereka bermain petak umpat dan Reno diminta untuk mencari Rina dan Kiko. Setelah dihitung sampai 20, Reno mencari Rina dan Kiko. Segala sudut tempat telah dicari oleh Reno, tetapi ia tidak menemukan Rina dan Kiko.

Sementara itu, Rina dan Kiko pergi jauh meninggalkan Reno dan mereka bermain dengan teman-temannya di lapangan. Rina dan Kiko sudah tidak peduli bagaimana Reno berjuang keras mencari mereka. Akhirnya Reno pulang dengan menangis karena tidak mendapati Rina dan Kiko.

Teman-teman….apa yang dilakukan oleh Rina dan Kiko itu sama dengan orang-orang Israel yang berbuat jahat pada orang-orang miskin, orang yang lebih kecil secara ekonomi. Banyak orang miskin makin menderita karena tanah-tanah mereka diambil oleh orang yang lebih berkuasa sehingga mereka tidak bisa menggarap tanah mereka untuk mencukupi kebutuhan mereka sehari-hari. Tentu Tuhan tidak ingin kita bersikap sama seperti Rina dan Kiko serta para penguasa Israel yang berlaku sewenang-wenang pada orang kecil dan miskin.

Aktivitas:

  1. Coba kalian perhatikan teman-temanmu. Siapakah di antara mereka yang sering diperlakukan seperti Reno?
  2. Apakah yang kamu perbuat ketika ada temanmu yang diperlakukan seperti Reno?

Doa : “Tuhan Yesus, aku berdoa untuk teman-temanku yang menderita karena diperlakukan yang tidak baik oleh teman-temannya. Tolonglah temanku yang mederita agar tetap tersenyum, Amin.”

 

Bagikan Entri Ini:

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •