Yang Rendah Ditinggikan Renungan Harian Anak 14 Agustus 2020

Bacaan Alkitab:  Daniel 2 : 27-28
Nats: “Tetapi di sorga ada Allah yang menyingkapkan rahasia-rahasia; Ia telah memberitahukan kepada tuanku raja Nebukadnezar apa yang akan terjadipada hari-hari yang akan datang.” (Daniel 2:28a)

Abraham Lincoln adalah presiden yang dihormati rakyat Amerika. Ia berasal dari sebuah desa kecil. Ayahnya adalah seorang sederhana yang bekerja sebagai  pembuat sepatu.  Ketika Lincoln terpilih menjadi presiden, para anggota parlemen menjadi iri hati dan berusaha mencari kekurangannya. Ketika ia menyampaikan pidato pelantikannya, ada seseorang yang bertanya, “Lincoln benarkah kau adalah anak seorang tukang sepatu? Kalau iya, mungkin kamulah satu-satunya presiden  anak pembuat sepatu!”.  Dengan tenang Lincoln menjawab “Terimakasih sudah mengingatkanku tentang ayahku. Seandainya beliau tidak ada, mungkin aku takkan bisa berdiri disini sampai sekarang”. Kerendahan hati membawa Lincoln berhasil membawa bangsa Amerika menjadi bangsa yang besar.

Ketika Daniel dibawa menghadap raja dan  raja menanyakan kesang-gupannya untuk menafsirkan mimpi,  Daniel menyatakan dengan penuh kerendahan hati bahwa jawaban itu akan datang dari Allah yang adalah sumber dari segala rahasia. Tuhanlah  yang akan memberitahukan pengetahuan dan sumber hikmat kepada siapapun. Dan dengan cara itulah Allah  akan  memakai Daniel menjadi berkat bahkan menjadi pemimpin di kemudian hari.

Aktivitas: Di Perjanjian Baru ada ayat yang mengatakan, “dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barang siapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan setiap orang yang merendahkan diri akan ditinggikan dan orang yang ditinggikan akan direndahkan. Yuk…kita cari di manakah ayat tersebut berada. Saya akan memberi petunjuk :

  1. Nama kitab ini mirip dengan nama salah satu murid Yesus.
  2. Pasalnya terletak pada : 657 – 634 = . . .
  3. Ayatnya terdiri dari 2 angka dan angka ini berurutan. Kedua angka ini adalah bilangan yang kecil.

Hayo…..kalau sudah ketemu tulis di selembar kertas ya .

Doa  :  Tuhan, ajarlah aku supaya meneladani Daniel yang rendah hati dan selalu mengingat kebaikan Allah dalam hidupku. Amin.

 

 

Bagikan Entri Ini:

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •