Panduan Masa Natal dan Iber-Iber Perayaan Natal 2021

Tanggal 25 November – 31 Desember 2021, sesuai dengan Kalender Gerejawi GKJW, kita menghayati Masa Natal. Bersama itu DPT telah menyiapkan buku Panduan Masa Natal 2021, dimana buku ini dapat dipergunakan sebagai panduan kegiatan bagi jemaat-jemaat di GKJW dalam melaksanakan kegiatan pada masa Natal 2021 ini.
Ada 2 tema pada Masa Natal 2021 ini, yaitu:

  1. Tema Masa Adven (25 November – 23 Desember): “Bersiap dan Mawas Diri Menanti Kedatangan Tuhan”
    Masa Adven dirayakan selama kurang lebih empat minggu menjelang Natal. Pada minggu-minggu Adven ini, jemaat diajak untuk mempersiapkan diri menyambut kedatangan Tuhan Yesus, yaitu kedatangan-Nya sebagai manusia, kedatangan-Nya dalam Roh dan Firman-Nya, dan kedatangan-Nya dalam kemuliaan pada akhir zaman. Melalui tema: “Bersiap dan Mawas Diri Menanti Kedatangan Tuhan”, jemaat Tuhan didorong untuk bersiap dan mawas diri dalam menantikan kedatangan Tuhan Yesus. Oleh karena itu, masa Adven menjadi saat yang tepat bagi jemaat untuk instropeksi diri, melihat kembali ke dalam diri masing-masing, bagaimana relasi yang terjalin antara jemaat dengan Tuhan dan sesama. Bersiap berarti kita mau menata diri kita dengan baik, serta merencanakan hidup dalam pimpinan dan kehendak Tuhan Allah. Mawas diri berarti kita berhati-hati terhadap ucapan, sikap, dan perbuatan kita, untuk kemudian kita berusaha melakukan hal-hal yang positif dan baik melalui ucapan, sikap, dan perbuatan kita.
  2. Tema Natal (24 – 31 Desember): “Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan” (1 Petrus 1:22)
    Tema Natal GKJW tahun 2021 ini mengacu kepada Tema Natal PGI dan KWI. Melalui tema natal ini, kita sebagai umat Tuhan dimotivasi untuk peduli dan selalu berbuat baik kepada sesama kita. Sebab Tuhan Allah senantiasa menyertai dan ada dalam diri umat-Nya. Dia telah menyucikan dan membimbing kita pada kasih dan kebenaran. Oleh karena itu, tema Natal 2021 ini mengajak kita untuk mengasihi sesama kita dalam kasih persaudaraan yang tulus dan bersedia membangun persaudaraan yang sejati dengan sesama kita.

Kini marilah kita merayakan Natal 2021 ini dengan penuh sukacita. Seperti Maria yang mengungkapkan pujiannya kepada Allah sebagai wujud sukacita menyambut kedatangan Yesus Kristus, “Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku, sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya” (Lukas 1:46-48). Mari kita rayakan kedatangan Yesus Kristus dengan sukacita. Selamat menghayati dan merayakan Natal 2021. Tuhan Yesus memberkati kita.

  • Buku Panduan Masa Natal tahun 2021 dapat dibaca dibawah ini dan diunduh disini.
  • Iber-iber Majelis Agung GKJW tentang Perayaan Natal 2021 dapat diunduh disini.

 

Bagikan Entri Ini: